5 Cara Membuat Bunga dari Kertas Origami, Sangat Mudah

5 Cara Membuat Bunga dari Kertas Origami, Sangat Mudah

Senin, 29 Agustus 2022 – 16:58 WIB

VIVA Lifestyle – Cara membuat bunga dari kertas origami sangat mudah dan beragam. Membuat bunga dari kertas origami ini bisa kamu lakukan agar hari libur kamu produktif dan hasilnya bisa pajang di sudut ruang tamu atau kamar kamu. Berikut telah kami rangkum beragam cara membuat bunga dari kertas origami, sangat mudah.

1. Cara membuat bunga Tulip

5 Cara Membuat Bunga dari Kertas Origami, Sangat Mudah

Bunga Tulip dari kertas origami

Cara membuat bunga dari kertas origami yang pertama, yaitu bunga tulip. Bahan yang dibutuhkan sangat simpel. Simak langkah-langkahnya berikut ini:

– Gunakan selembar kertas berbentuk segi empat dengan ukuran 12X12 (ukurannya disesuaikan dengan ukuran bunga yang hendak kamu buat).

– Lipat kertas secara vertical dan horizontal.

– Kemudian buka kembali lipatan tersebut, buat lipatan lagi yang berlawanan.

– Lipat kembali hingga membentuk sebuah segitiga sama kaki (lipatan diagonal).

– Lakukan hal yang sama pada sisi yang berseberangan.

– Ambil sisi kiri dan kanan dari garis horizontal.

– Kemudian lipat bagian sisi kiri dan kanan dengan lipatan yang sama.

– Lalu balik dan lakukan dengan hal yang sama.

– Kemudian lipat lagi bagian sisi kiri dan kanan, salah sisi ambil sedikit lebih banyak dan masukkan kedalam salah satu sisi.

– Lakukan hal yang sama di sisi lain.

– Lalu tiup di bagian yang ada lubangnya. Nantinya bung aini akan mengembang setelah ditiup. Kemudian ambil kelopaknya satu-satu dengan hati-hati.

– Usahakan ada lubang di bagian atas supaya bisa menggelembung menyerupai bunga tulip.

2. Origami Bunga Matahari

Bunga Matahari dari kertas origami

Bunga Matahari dari kertas origami

Cara membuat bunga dari kertas origami lainnya yaitu bunga matahari. Berikut langkah-langkah membuatnya:

– Ambil selembar kertas origami warna kuning berukuran kecil, bagi menjadi dua bagian. Lalu lipat-lipat seperti plisket. 

– Setelah selesai, tekuk menjadi dua bagian dan lem masing-masing sisi.

– Lakukan hal yang sama di lembar kertas lainnya yang telah dibagi menjadi dua bagian tersebut.

– Untuk membuat putik di bagian tengah, bisa menggunakan kertas origami berwarna coklat atau hitam dan bentuk lingkaran kecil. Setelah itu tempel ke bunga.

– Untuk tangkainya bisa menggunakan sedotan atau lidi yang dilapisi dengan kertas klobot. Selesai  

3. Bunga Lavender

Bunga Lavender dari kertas origami

Bunga Lavender dari kertas origami

Cara membuat bunga dari kertas origami lainnya yaitu bunga lavender. Simak langkah-Langkahnya berikut:

– Sediakan kertas berwarna hijau dengan ukuran 9 x 30 cm dan 7 x 8 cm, serta kertas berwarna merah jambu atau ungu berukuran 8 x 30 cm.

– Gulung kertas hijau berukuran 9 x 30 cm untuk membuat tangkainya, rekatkan sisa kertas pada ujung gulungan menggunakan lem. Lalu rapikan ujung tangkai dengan cara memotong sedikit kedua ujung tersebut menggunakan gunting.

– Setelah itu, lipat kertas berwarna merah jambu atau ungu secara horizontal, lalu potong bagian yang dilipat hingga membentuk rumbai-rumbai. Buka lipatan kertas, lalu lipat kembali secara horizontal ke sisi sebaliknya. Jangan lupa untuk merekatkan lipatan menggunakan lem.

– Langkah selanjutnya, gulung kertas berwarna merah jambu atau ungu tersebut dengan tangkai, rekatkan dengan lem. Lalu tutup bagian bawah gulungan dengan kertas hijau berukuran 7×8 cm yang sebelumnya dipotong zig-zag menyerupai rumput.

4. Bunga Krisan

Bunga Krisan

Cara membuat bunga dari kertas origami yang lain yaitu bunga krisan. Berikut cara membuatnya:

– Siapkan kertas origami berwarna putih, orange dan hijau (kamu bisa menambahkan warna lain sesuai dengan selera), siapkah juga lidi atau tusuk sate yang berukuran agak panjang untuk digunakan sebagai tangkai bunga.

– Potong kertas origami untuk membuat mahkota bunga, lingkaran bunga atau benang sari dan juga untuk membuat tangkai bunga.

– Ambil kertas origami berwarna hijau yang sudah digunting, beri lem kertas dan ratakan dan gulung pada lidi sehingga membentuk menyerupai tangkai.

– Lipat kertas origami warna orange menjadi dua bagian, lalu gunting berjajar. Untuk membuat mahkota bunga, lipat kertas origami warna putih menjadi beberapa lipatan, kemudian gunting membentuk mahkota bunga.

– Lilitkan kertas berwarna orange yang telah digunting pada tangkai yang sudah dibuat. Pada bagian ini beri lem tembak agar jauh lebih kuat.

– Selanjutnya, pasang mahkota putih satu per satu secara melingkar sehingga kita peroleh rangkaian mahkota yang pertama dengan jumlah 6 helai mahkota bunga.

– Berikutnya buatlah kelopak bunga sebagai dudukan bunga. Gunting kertas origami berwarna hijau tua, buatlah bintang kemudian lubangi tengahnya dan masukkan tangkai dan beri lem tembak pada bawah bunga. Lalu tempelkan pada kelopak bunga dan lipat setiap sisi kelopak bunga untuk menutupi bagian bawah bunga.

– Buatlah mahkota bunga menjadi mekar dan buat serangkaian bucket bunga lalu tempatkan di dalam vas bunga.

5. Bunga Lili

Bunga Lily dari kertas origami

Bunga Lily dari kertas origami

Cara membuat bunga dari kertas origami terakhir yaitu bunga lili. Simak cara membuatnya berikut ini:

– Ambil kertas origami berukuran 6 inci, kemudian lipat dengan bentuk segitiga.

– Ambil salah satu sisi dari empat sudut dasar, kemudian lipat secara simetris hingga bertemu dengan sudut lainnya yang berpotongan.

– Ulangi lipatan untuk sudut lainnya agar membentuk sudut layang-layang.

– Tekuk tepi bawah layang-layang ke tengah, kemudian buka lipatannya. Kemudian lipat sudut atas ke bagian bawah, kemudian buka lipatan tersebut.

– Pastikan kertas origami jadi memiliki bekas lipatan, bekas lipatan tersebut akan kamu gunakan untuk mengikuti langkah berikutnya.

– Lalu, letakkan jari kamu di bawah titik yang lebih rendah dari layang-layang kemudian lipat kertas ke atas hingga menyerupai kelopak bunga lili.

– Langkah selanjutnya, ulangi cara ini untuk melipat ketiga bagian kelopak lainnya pada layang-layang kecil tersebut.

– Lipat satu titik layang-layang ke bawah, ulangi hingga tiga kali sampai menyerupai berlian.

– Langkah selanjutnya yaitu lipat tepi atas berlian ke tengah, ulangi hingga 3 kali sisi bagian lainnya.

– Kemudian untuk bagian terbaliknya, mulai lipat keluar empat kelopak bunga lili.

– Supaya terkesan lebih hidup, beri efek lengkungan yang bagus pada kelopak bunga dengan memegang pangkal kelopak di jari kiri, kemudian jalankan ibu jari kanan dengan pena atau pensil sebagai pengapit, gerakkan dan ulangi untuk ketiga bagian kelopak lainnya sampai menyerupai bunga lili.

Demikian ulasan tentang cara membuat bunga dari kertas origami, sangat mudah dan praktis. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba.

Artikel ini bersumber dari www.viva.co.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *