Apa Itu Coating Mobil , Fungsi, dan Harganya

Apa Itu Coating Mobil , Fungsi, dan Harganya

Istilah coating mobil bukan hal baru. Terlebih dengan munculnya nano ceramic coating yang kini cukup tren di kalangan para pecinta otomotif.

Seperti diketahui, coating mobil adalah proses penambahan lapisan khusus pada permukaan cat mobil agar lebih awet dan terlihat kinclong seperti baru, tidak kusam, dan lebih sedap dipandang.

Namun tak perlu khawatir, meskipun cara ini menutup lapisan warna cat mobil, lapisan coating bisa dihilangkan kapan saja tanpa merusak warna asli.

Oleh sebab itu coating jadi solusi alternatif untuk menjaga tampilan warna cat mobil agar selalu tampak bening, glossy, dan terlihat cerah.

Artikel ini akan membahas beberapa hal terkait fungsi hingga harga coating mobil yang harus kamu ketahui.

Fungsi coating mobil

Sama seperti laminating mobil, sebagai pelapis tambahan pada permukaan cat dan body mobil, melakukan coating penting dilakukan. Berikut ini fungsi coating mobil.

1. Mencegah warna cat memudar

Ya, salah satu alasan pentingnya adalah untuk mencegah pudarnya warna cat mobil.

Lapisan coating mampu melindungi permukaan cat sekaligus warna cat dari paparan sinar Ultraviolet yang ikut terbawa bersama pancaran sinar matahari.

Yang mana sinar Ultraviolet memiliki efek yang kurang baik terhadap permukaan dan warna cat. Sama halnya pada kulit manusia, paparan sinar Ultraviolet terlalu lama akan membuat warna permukaan mobil cepat pudar dan kusam.

2. Meningkatkan daya tahan terhadap goresan

Selain mencegah warna cat memudar, hal ini bisa membuat permukaan cat jadi memiliki daya tahan terhadap goresan yang lebih baik.

Namun tergantung kualitas bahan coating yang digunakan juga. Semakin bagus bahan dan tebal lapisan, tentu semakin baik hasilnya.

3. Meningkatkan daya tahan terhadap air dan jamur

Coating bukan hanya melindungi dari paparan sinar matahari dan goresan, tapi juga memberi perlindungan dari bercak air serta jamur. Kok bisa?

Dengan coating, air yang jatuh ke atas permukaan bodi mobil tidak akan menempel ke bodi sehingga dapat meminimalisir munculnya bercak air di permukaan cat. Sekaligus dapat mencegah tumbuhnya jamur di atas bercak air tersebut.

Seperti diketahui, permukaan cat yang memiliki bercak air mengering lambat laun akan menimbulkan jamur pada bodi mobil.

4. Kilap pada mobil jadi tahan lama

Fungsi lainnya dari coating mobil adalah bisa membuat kilap pada mobil jadi lebih tahan lama. Bahkan, jika kamu menggunakan nano coating, kilapnya bisa tahan hingga 3 tahun atau lebih.

Berbeda jika kamu hanya mengandalkan wax biasa yang biasanya hanya bertahan 1 sampai 3 bulan saja.

5. Ada efek daun talas

Selain membuat cat mobil jadi tahan lama dan kilapnya juga tahan lama, melakukan coating mobil juga bisa memberikan efek daun talas (water repellent) di mana air hujan yang mengenai mobil akan lebih mudah dibersihkan dan tidak menempel, jadi seperti air yang jatuh di daun talas.

Sehingga, cat mobil kamu pun akan lebih awet dan tentunya tampilannya akan makin bagus.

Harga coating mobil

Biaya coating mobil bisa dibilang mahal karena rangenya mulai dari Rp2 juta hingga Rp8 juta. Biaya ini biasanya ditentukan berdasarkan ukuran mobil serta lapisan coating yang diaplikasikan pada mobil.

Semakin besar ukuran mobil, tentu lapisannya semakin banyak dan membuat biayanya akan semakin mahal. 

Berikut estimasi harga coating body mobil dari salah satu penyedia jasa coating mobil, yakni Scuto berdasarkan jenis coating yang dipilih dan ukuran mobil.

1. Harga Nano Ceramic Coating 

Biaya ini ditujukan untuk coating mobil dengan menggunakan 4 lapisan.

  • Luxury car Rp 8 juta
  • Large size car Rp 6 juta
  • Medium size car Rp 5,5 juta
  • Small size car Rp 4,5 juta

2. Harga Nano Supreme Coating 

Coating ini ditujukan khusus untuk mobil jenis LCGC.

  • Medium size car Rp 2,5 juta
  • Small size car Rp 2 juta

Bagaimana cara coating mobil sendiri di rumah?

Harga coating mobil masih terlalu mahal di kantong? Tenang. Kamu bisa melakukan coating untuk mobil kesayanganmu sendiri lho.

Proses coating mobil memiliki step-step yang cukup rumit dan tidak boleh diabaikan. Mengapa rumit? Karena butuh proses pelapisan cat (lapisan basecoat), lapisan pernis (lapisan clear coat), dan lapisan coating yang biasanya menggunakan bahan glass coating.

1. Cuci bersih mobil

Langkah pertama adalah dengan mencuci bersih agar debu dan kotoran yang menempel di cat mobil bisa hilang. Bila perlu gunakan shampo khusus yang mengandung wax.

Jika sudah, lap mobil sampai benar-benar kering.

2. Detailing

Kalau permukaan mobil sudah benar-benar kering, selanjutnya proses detailing mobil atau pembersihan tingkat lanjut. Proses pengangkatan residu dan oksidasi yang tetap menempel pada permukaan cat mobil.

Proses detailing di salon mobil bisanya jauh lebih maksimal. Karena itulah mengapa coating disarankan dilakukan di salon mobil.

Tapi tak jadi masalah juga bila kamu lakukan sendiri di rumah menggunakan cairan tar remover yang banyak tersedia di pasaran.

3. Polish

Tahap selanjutnya adalah polish atau proses untuk menghilangkan baret mobil.

Meski dikerjakan sendiri di rumah, disarankan menggunakan mesin poles mobil memutar dengan kecepatan dan tekanan konstan. Bisa juga menggunakan aplikator, tapi prosesnya mungkin lebih lama dan bikin tangan pegal.

4. Waxing

Proses waxing di sini bersifat opsional, bisa dikerjakan bisa juga tidak. Guna waxing ini adalah mengkilapkan cat mobil, tapi hanya sementara bukan permanen.

Biasanya waxing ditambahkan sebelum coating agar cat semakin kinclong.

5. Coating

Untuk proses terakhir atau finishing ini sebaiknya dilakukan di dalam ruang tertutup yang bebas debu dan kotoran dengan pencahayaan merata.

Gosokan cairan lapisan coating searah dan jangan memutar. Tunggu hingga kering. Setelah kering dapat diberikan ulangi kembali proses coating antara dua hingga tiga kali.

Gunakan kain yang lembut atau aplikator yang biasa ada ketika kamu membeli cairan coating. Bisa juga menggunakan kain microfiber.

Beda nano coating dan ceramic coating

Saat melakukan coating mobil, mungkin kamu bertanya-tanya, apa sih bedanya nano coating dan ceramic coating?

Perbedaan dari keduanya adalah dalam hal teknik melapisi dan jenis lapisan coating yang digunakan. Berikut ini penjabarannya. 

Nano coating

Pelapisan cat mobil dengan nano coating menggunakan cairan khusus yang ukurannya nano atau kecil. Dengan menggunakan nano coating, maka perlindungannya pun lebih dalam karena bisa melapisi mobil hingga ke partikel terkecil. 

Meskipun begitu, penggunaan nano coating tidak terlalu direkomendasikan karena cukup berbahaya untuk lingkungan dan juga manusia.

Di dalam nano coating, ada kandungan kimia yang berisi racun. Berbahaya apabila sampai masuk ke dalam tubuh. Oleh karena itu, saat melakukan coating mobil sebaiknya menggunakan baju yang ketat dan aman, ya. 

Ceramic coating mobil

Salah satu teknik pelapisan permukaan cat mobil menggunakan cairan yang mengandung keramik khusus. 

Kelebihan dari penggunaan ceramic coating mobil adalah bisa tahan lama dan aman. Namun, sayangnya kamu harus mengeluarkan biaya lebih untuk melakukan ceramic coating

Apa perlu mobil baru dicoating?

Mungkin kamu bertanya-tanya, apakah mobil baru juga perlu dicoating? Jawabannya adalah iya.

Bahkan, beberapa spesialis coating menyarankan untuk melakukan coating ketika mobil masih baru. Hal ini lantaran warna pada mobil masih bagus dan belum teroksidasi serta warna base coat yang masih bagus.

Dengan melakukan coating saat mobil masih baru, pengerjaannya pun akan semakin mudah dan tentunya tidak merusak cat asli. Cat mobil kamu juga akan tahan lebih lama.

Rekomendasi bengkel coating mobil terdekat dan terbaik di Jakarta

Jika kamu memiliki budget lebih, kamu bisa nih melakukan coating mobil di bengkel terdekat di Jakarta. Berikut daftar bengkel atau tempat jasa coating mobil terdekat dan terbaik di Jakarta dengan review bintang di atas 4,5.

1. Mistershine AutoSpa & Detailing Center

  • Alamat: Jl. Sultan Iskandar Muda No.1, RT.1/RW.2, Kby. Lama Sel., Kec. Kby. Lama, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12240
  • Nomor telepon: (021) 7365657

2. Scuto Kelapa Gading Nano Ceramic Coating

  • Alamat: Ruko Inkopal, Jl. Boulevard Bar. Raya No.27, RT.2/RW.9, Klp. Gading Bar., Kec. Klp. Gading, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14240
  • Nomor telepon: 0878-8573-8777

3. Shimax Auto Nano

  • Alamat: Ruko Inkopal, Jl. Boulevard Bar. Raya No.27, RT.2/RW.9, Klp. Gading Bar., Kec. Klp. Gading, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14240
  • Nomor telepon: 0822-6058-7788

4. Auto Paint Ceramic Nano Car Pro Laminating

  • Alamat: Jl. Garuda I No.5, RW.6, Gn. Sahari Sel., Kec. Kemayoran, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10610
  • Nomor telepon: 0812-3339-3903

5. Crystal Gloss Auto Protection | Premium Nano Ceramic Coating, Auto Detailing & Car Wash

  • Alamat: Jalan Gading Ayu 1 Blok RA28 No.18, RT.10/RW.15, Pegangsaan Dua, Kec. Klp. Gading, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14250
  • Nomor telepon: 0817-716-168

6. Mr Brightside Nano Ceramic Coating

  • Alamat: Jl. RS. Fatmawati Raya No.80J, RT.1/RW.10, Cilandak Bar., Kec. Cilandak, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12430
  • Nomor telepon: 0812-9181-2911

7. Lumens Auto Detailer – Nano Ceramic Coating & Auto Detailing

  • Alamat: Jalan Raya Kelapa Nias Blok LB 20 no. 5, RT.8/RW.18, Klp. Gading Tim., Kec. Klp. Gading, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14240
  • Nomor telepon: 0812-8977-1814

8. Coating Mobil Boss – Car Auto Detailing

  • Alamat: Pasar Otopart Citra 2 Blok KBI, Jl. Utan Jati No.40, RT.7/RW.12, Pegadungan, Kec. Kalideres, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11830
  • Nomor telepon: 0853-1111-1179

9. Coating Mobil Boss – Car Auto Detailing

  • Alamat: Pasar Otopart Citra 2 Blok KBI, Jl. Utan Jati No.40, RT.7/RW.12, Pegadungan, Kec. Kalideres, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11830
  • Nomor telepon: 0853-1111-1179

10. Scuto Radio Dalam Salon Mobil

  • Alamat: Pasar Otopart Citra 2 Blok KBI, Jl. Utan Jati No.40, RT.7/RW.12, Pegadungan, Kec. Kalideres, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11830
  • Nomor telepon:0819-7388-7799

Bengkel coating mobil di luar Jakarta

Untuk kamu yang sedang berencana melakukan coating mobil di luar Jakarta, berikut ini alamat lengkapnya.

  • Surabaya: Nano Ceramic Coating – Jalan Manyar Indah Raya No.25, Menur Pumpungan, Kec. Sukolilo, Kota Surabaya, Jawa Timur 60118
  • Bandung: LUXAS Auto Detailing – Jalan Sekeloa Tengah No.29.A, Lebakgede, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40134
  • Medan: MIZUCare Coating – Jalan Sei Bilah No.7, Babura Sunggal, Kec. Medan Sunggal, Kota Medan, Sumatera Utara 20154
  • Semarang: SSS Auto Detailing – Jalan Durian Sel. II A No.99, Srondol Wetan, Kec. Banyumanik, Kota Semarang, Jawa Tengah 50264
  • Bekasi: PDV Detailing Bekasi – Jalan Raya Pekayon No.10, RT.003/RW.021, Pekayon Jaya, Kec. Bekasi Sel., Kota Bks, Jawa Barat 17148
  • Pekanbaru: PDW Nano Ceramic Coating – Jalan Melati 1 No 8KK Kompleks Royal Platinum 2, Sidomulyo Barat, Tampan, Pekanbaru City, Riau 28289
  • Jogja: Bermuda Autodetailing – Jalan Pakel Baru No.1100, Sorosutan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55162
  • Malang: Catfish Auto Detailing Malang – Jalan Atletik No.8, Tasikmadu, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur 65152
  • Makassar: Salon Mobil Poles Mobil Detailing Paint Correction – Jalan Borong Raya No.18A, Borong, Kec. Manggala, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90233
  • Bandung: Nano Coating Bandung – Jl. Siti Munigar, Nyengseret, Kec. Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat 40142

Perawatan setelah melakukan coating mobil

Setelah melakukan coating mobil, kamu juga harus melakukan beberapa perawatan agar hasil coating tetap awet dan mobil kamu seperti baru. 

Jangan sampai kamu malah menggunakan mobil asal-asalan dan menganggap setelah dicoating mobil akan tetap kinclong. Berikut ini beberapa tips perawatan setelah melakukan coating mobil. 

1. Parkir di tempat yang teduh

Setelah melakukan coating mobil, sebaiknya parkir di tempat yang teduh, ya. Hindari memarkir mobil sembarangan di tempat terbuka karena bisa menyebabkan lapisan pada coating rusak hingga akhirnya jadi kusam. Jika sudah begini, kamu jadi rugi mengingat biaya coating mobil tidak murah. 

2. Rutin mencuci mobil

Agar lapisan pada coating mobil kamu awet, sebaiknya rutin bersihkan setiap dua minggu sekali, ya. Pastikan kamu juga menggunakan shampo khusus agar warna cat mobil tetap bagus. 

Jika mobil baru saja kehujanan, kamu bisa membersihkan dengan menyiram mobil menggunakan air bersih, lalu bersihkan dengan lap hingga kering. Pastikan menggunakan lap halus seperti microfiber untuk mencegah dari baret. 

Untuk menjaga keawetan coating mobil kamu, sebaiknya juga gunakan air PDAM ya. Sebab air biasa atau air keran biasanya memiliki kadar besi yang tinggi, sehingga tidak bagus untuk cat mobil. 

3. Menambah proteksi dengan wax

Selain mencuci, kamu juga bisa menambahkan wax untuk proteksi ekstra. Wax berfungsi untuk melapisi cat mobil kamu agar lebih awet dan tahan lama. 

Namun, gunakan wax secukupnya saja, ya. Jika berlebihan pun tidak baik untuk mobil kamu. Cukup lakukan setiap 2 minggu – 1 bulan sekali. 

Efek coating mobil

Meskipun coating mobil bisa membuat car mobil jadi lebih awet, namun, melakukan coating ada juga kekurangannya.

Dan beberapa alasan di bawah ini jadi penyebab mayoritas pemilik enggan melakukan coating mobil.

  • Harganya sangat mahal di antara produk Paint Protection lainnya. Namun juga sangat direkomendasikan untuk mobil baru.
  • Kesalahan dalam coating dapat memberi tampilan kurang bagus.
  • Coating juga wajib diimbangi dengan cara menjaga kendaraan kesayanganmu tetap bersih dengan cara mencucinya secara teratur yang mana tidak semua orang mampu membagi waktunya untuk melakukan perawatan.

Pentingnya memiliki asuransi mobil

Setelah coating, jangan lupa melindungi aset kendaraan dengan asuransi terbaik.

Gak mau kan setelah mahal-mahal bayar biaya untuk membuat tampilan mobil kinclong demi perlindungan luar tiba-tiba harus kembali merogoh kocek untuk resiko perbaikan seandainya terjadi musibah yang sifatnya mendadak?

Nah disinilah peran asuransi mobil diperlukan. Tentunya untuk mengcover semua kemungkinan yang bersifat mendadak dan membutuhkan dana ekstra.

Asuransi mobil sendiri akan memberikan ganti rugi apabila mobil kesayangan kamu rusak, lecet, atau bahkan hilang.

Selain itu, terdapat manfaat tambahan seperti penggantian kerusakan akibat banjir, huru-hara (kerusuhan), dan bencana alam.

Kalau kamu masih bingung menentukan asuransi mobil yang tepat, kamu bisa nih langsung tanyakan pada ahlinya di Tanya Lifepal.

Kamu juga bisa menghitung besaran premi asuransi mobil untuk mengetahui berapa kira-kira budget yang harus kamu sediakan untuk asuransi mobil.

Tips dari Lifepal! Meskipun coating mobil bisa membuat cat mobil jadi lebih awet, namun setelah melakukan coating kamu juga harus merawatnya. Jika tidak dirawat dengan baik, maka hasil coating mobil kamu mungkin lebih mudah pudar dan kusam.

Jika danamu terbatas, kamu bisa kok melakukan coating mobil sendiri di rumah. Namun, pastikan kamu mengikuti step-step yang ada biar tidak salah, ya.

Agar lebih aman dari risiko kerugian finansial karena kerusakan mobil, jangan lupa beli asuransi mobil. Berikut ini tips memilih asuransi mobil terbaik.

FAQ Coating Mobil

Proses aplikasi yang panjang menjadikan lapisan coating sebagai proteksi cat mobil tertinggi.

Ada yang mengatakan lapisan coating bisa bertahan seumur hidup karena sifatnya permanen. Meski begitu lapisan coating tetap punya umur pakai sampai habis terkikis lho.

Jadi untuk perkiraan berapa lama coating bertahan adalah 4 tahun. Hal itu berlaku untuk pemakaian normal ya. Dan tentu saja perawatannya. Cari tahu selengkapnya tentang coating mobil di Lifepal.

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *