Contoh Surat Lamaran CPNS Terbaru, Pahami Unsur-unsurnya!

Contoh Surat Lamaran CPNS Terbaru, Pahami Unsur-unsurnya!

VIVA Edukasi – Contoh surat lamaran CPNS yang baik dan benar harus diketahui oleh semua orang yang menginginkan jadi abdi negara. Karena, dokumen ini begitu diperlukan dalam proses seleksi administrasi. Surat lamaran untuk mendaftar CPNS ini umumnya harus ditulis tangan. Instansi tertentu bahkan mengharuskan para pelamar menulis surat lamaran dengan tinta warna hitam. 

Sejumlah instansi di Indonesia biasanya mengumumkan jadwal dan juga syarat serta ketentuan proses seleksi CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) di website masing-masing instansi. Termasuk juga biasanya memperlihatkan contoh surat pernyataan dan format surat lamaran CPNS. Untuk mengetahui lebih jelas, simak ulasan selengkapnya berikut ini. 

Pengertian Surat Lamaran CPNS

Contoh Surat Lamaran CPNS Terbaru, Pahami Unsur-unsurnya!

Sama seperti surat lamaran pada umumnya, surat lamaran CPNS adalah dokumen yang dikirim oleh calon pelamar yang menyatakan minatnya untuk mengisi posisi CPNS yang ditawarkan. Contoh surat lamaran CPNS biasanya menggambarkan latar belakang pelamar dalam pekerjaan profesional atau pribadi.

Dalam hal ini, surat lamaran CPNS akan sangat membantu perekrut menonjolkan keahlian dan prestasi kamu. Terlebih lagi, jika surat lamaran CPNS kamu ditulis dengan baik, kamu dapat melewati tahap wawancara dan selangkah lebih dekat untuk mewujudkan karir pegawai negeri impian kamu.

Kegunaan surat lamaran CPNS

Ilustrasi belajar menulis | istock

Ilustrasi belajar menulis | istock

Selanjutnya, apa gunanya atau manfaat dari pembuatan aplikasi pegawai negeri sipil? Sebenarnya ada banyak, tetapi beberapa di antaranya adalah:

1. Memperlihatkan keterampilan dan karakteristikmu

Seperti yang bisa kamu lihat dari kebanyakan contoh surat lamaran CPNS, selalu ada latar belakang pendidikan, keluarga, prestasi, dan lainnya. Ini akan membantu kamu lebih menonjol dari kandidat lain.

2. Menjelaskan karier profesional yang sudah diraih

Penggunaan contoh surat lamaran CPNS selanjutnya adalah untuk menjelaskan secara detail mengenai karier professionalmu dengan cara yang mudah untuk dipahami. Misalnya, kamu dapat menjelaskan bagaimana kamu mengalami masalah di pekerjaan kamu sebelumnya, atau ketika kamu mengubah jalur karier.

3. Menunjukkan minatmu

Dalam contoh surat lamaran CPNS biasanya juga mencantumkan hobi dan alasan ingin bekerja disana. Beri tahu agensi tempat kamu melamar dan mengapa kamu cocok untuk peran yang ditawarkan. Jelaskan mengapa kamu menginginkan posisi tersebut dan bahwa kamu adalah orang terbaik untuk mereka.

Unsur-unsur yang terdapat pada surat lamaran CPNS

Ilustrasi menulis .

Berikut adalah beberapa komponen yang ada pada surat lamaran CPNS:

1. Cantumkan tanggal, bulan, dan tahun

Apakah kamu akan mendaftar di CPNS setiap tahun? tidak masalah! Yang terpenting, jangan lupa untuk memeasukkan tanggal, bulan, dan tahun yang tepat, agar tidak keliru dengan tahun-tahun sebelumnya. Sebaiknya periksa detail tanggal, bulan, dan tahun catatan beberapa kali. Apalagi sebelum surat lamaran CPNS diunggah ke website CPNS. Pasalnya, jika sudah terlanjur diunggah, file tersebut sudah tidak bisa diperbaiki lagi.

2. Menyertakan lampiran

Tergantung pada jenis jabatan CPNS atau kualifikasi akademik yang dilamar, terkadang lampiran yang diunggah berbeda. Misalnya, bagi calon pegawai negeri sipil yang meraih predikat cumlaude, wajib melampirkan transkrip nilai dan ijazah dengan predikat cumlaude. Sedangkan bagi calon pegawai negeri sipil yang tidak berprestasi tidak dapat dilampirkan lampirannya. Jadi, bagian kehormatan bisa dilewati.

3. Menempelkan meterai Rp10.000

Jika sebelumnya pelamar CPNS diharuskan memiliki materai Rp 6.000, pada tahun 2022 harus memakai materai Rp 10.000. Jangan sampai salah menempel nama perangko lama ya? Sebab, hal ini dapat berdampak pada menurunnya prosedur administrasi CPNS. Dengan kata lain, kamu tidak dapat mengikuti ujian CPNS.

4. Terdapat Kamu tangan pelamar

Unsur terakhir yang tidak kalah pentingnya dari surat lamaran CPNS adalah Kamu tangan pemohon. Sebelum menandatangani, kamu dapat berlatih di atas kertas yang tidak digunakan untuk memaksimalkan efek penandatanganan dan terlihat bagus. Pastikan untuk mengunggah surat lamaran CPNS kamu dengan membubuhkan Kamu tangan asli kamu.

Contoh Surat Lamaran CPNS

Ilustrasi menulis.

Yth. Menteri Hukum dan HAM

di

Jakarta


 

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

 

Nama : ……………………………………………….

Tempat/Tanggal Lahir : ………….., …………………………………

Jenis Kelamin : ……………………………………………….

Pendidikan : ……………………………………………….

Kebutuhan Dilamar 

Jalur : …………………………..

Jabatan : ………………………….

Rencana Penempatan dan Kode Kebutuhan : ………………………….

Alamat Domisili : ……………………………………………….

 

Dengan ini menyampaikan surat lamaran untuk dapat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Tahun 2021.

 

Sebagai bahan pertimbangan, disampaikan berkas kelengkapan yang telah diunggah sebagai berikut:

 

1. Surat lamaran yang ditulis tangan dan ditandatangani sendiri dengan tinta hitam, ditujukan kepada Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi;

2. Surat pernyataan;

3. KTP elektronik (e-KTP) asli;

4. Pasfoto berlatar belakang merah;

5. Ijazah asli;

6. Transkip/daftar nilai asli;

7. Sertifikat akreditasi Perguruan Tinggi dan Program Studi;*)

8. Surat keterangan asli dari dokter yang menerangkan tentang jenis dan/atau tingkat disabilitas yang dialami;**)

9. Asli akta kelahiran dan/atau surat keterangan lahir

Artikel ini bersumber dari www.viva.co.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *