Daftar Penyebab Mobil Diesel Kurang Tenaga di Tanjakan

Daftar Penyebab Mobil Diesel Kurang Tenaga di Tanjakan

Penyebab mobil diesel kurang tenaga di tanjakan tentu ada banyak jenisnya. Hal ini menjadi penting untuk diketahui mengingat tenaga dari mesin diesel sangat berlimpah sehingga akan aneh jika tiba-tiba kurang tenaga terlebih saat daerah menanjak.

Di dalam mobil diesel sendiri terdapat 3 jenis komponen mulai dari power train, kelistrikan dan juga mesin. Jika salah satunya mendadak mengalami kerusakan tentu akan sangat berpengaruh terhadap daya dan tenaga yang dijadikan oleh kendaraan.

Terlebih, mesin mobil diesel dikenal dengan torsi yang unggul dibandingkan dengan jenis mobil bensin, sehingga ketika mobil kehilangan tenaga tentu harus segera diperiksa.

Jangan sampai terjadi kerusakan fatal seperti pada bagian filter bahan bakar ataupun ruang bakar yang dibiarkan begitu lama sehingga dapat mengganggu keselamatan saat berkendara.

Jika kamu mengalami hal serupa, simak beberapa penyebab mobil diesel kurang tenaga di tanjakan yang perlu kamu perhatikan agar dapat segera memberikan solusi perbaikan yang tepat.

Ini penyebab mobil diesel kurang tenaga di tanjakan

Sebelum mencari tahu bagaimana cara memperbaiki mobil diesel yang mengalami gangguan terutama saat tanjakan, penting untuk mencari tahu terlebih dahulu penyebabnya. 

Ada beberapa penyebab mesin diesel kurang tenaga yang dapat kamu cegah sehingga dapat meminimalisir terjadinya resiko yang tidak diinginkan di masa yang akan datang. Apa saja penyebabnya? Simak daftarnya di bawah ini!

1. Filter bahan bakar yang sudah kotor

Filter bahan bakar yang kotor dapat menjadi penyebab penyebab mobil diesel kurang tenaga di tanjakan paling utama. Sebab, filter bahan bakar (solar) yang telah menumpuk kotoran akan mengurangi debit dan volume bahan bakar untuk kebutuhan mobil secara keseluruhan.

Hal ini tentu akan mengakibatkan mesin yang kekurangan campuran bahan bakar sehingga tenaga yang dihasilkan pun tidak akan bisa menjadi maksimal.

Ditambah, bagian penyaringan yang kotor ini tentu akan membuat proses filter bahan bakar menjadi terganggu karena kotoran dapat berpotensi untuk ikut masuk ke dalam pompa injeksi. Tentu hal ini akan mengakibatkan adanya masalah yang terjadi pada tekanan injeksinya.

Jadi, ketika lampu dari water separator sudah mulai menyala, itu sudah menjadi indikasi utama bahwa filter bahan bakar sudah mengalami kotor dan perlu segera kamu tangani.

2. Penurunan kompresi, salah satu penyebab mobil diesel kurang tenaga di tanjakan

Di dalam mesin mobil diesel, pembakaran mesin terjadi karena adanya tekanan yang sangat tinggi dimana suhu yang dihasilkan sudah melampaui titik sulut dari solar. Akan tetapi, jika terjadi penurunan pada sistem kompresi tentu akan menyebabkan pembakaran yang dihasilkan mengalami gangguan.

Hal inilah yang mengakibatkan mesin menjadi lebih loyo dan suara mesin tampak lebih kencang menderu, terlebih jika diperparah dengan aus pada bagian ring kompresinya.

3. Terdapat gangguan pada pompa injeksi

Kondisi pompa injeksi yang tidak baik juga dapat menjadi salah satu penyebab mobil diesel kurang tenaga di tanjakan. Pompa injeksi ini memiliki fungsi utama untuk mengalirkan solar ke masing-masing injektor.

Ketika pompa ini mengalami masalah seperti tekanan yang kurang atau berlebihan daripada yang direkomendasikan.

Maka tentu akan mengakibatkan adanya masalah pada mesin diesel seperti munculnya asap hitam dari knalpot hingga mobil kehilangan tenaga begitu saja terlebih saat di tanjakan.

4. Kampas kopling aus

Penyebab mesin diesel kurang tenaga yang keempat yaitu adalah kemungkinan kampas kopling yang aus atau habis. Umumnya, kampas kopling yang digunakan pada mobil biasanya memiliki jenis single plate dan bersifat kering.

Oleh sebab itulah, penggunaan setengah kopling dapat menyebabkan kampasnya tidak tertekan dengan maksimal. Hal ini akan menyebabkan terjadinya gesekan antara kampas dengan pelat kopling sehingga menjadi aus.

Jika kampas kopling sudah menjadi aus maka tenaga mesin akan sangat sulit disalurkan ke bagian transmisi sehingga mobil kekurangan tenaga.

5. Terjadi kelemahan pada pompa tekanan solar 

Pompa tekanan solar yang mengalami pelemahan dapat memperlambat pasokan bahan bakar yang dibutuhkan oleh mesin. Posisi pompa tekanan ini berada pada filter bahan bakar dan dekat dengan pompa injeksi sehingga berfungsi untuk menarik bahan bakar untuk keluar dari tangki.

Saat pompa tekanan solar melemah maka campuran bahan bakar dan udara tidak lagi optimal sehingga tenaga mesin yang dihasilkan pun juga tidak akan menjadi maksimal untuk dapat digunakan.

Tanda paling mudah yang dapat menjadi indikasi dari kondisi ini adalah mesin yang sudah hidup ketika pagi hari.

Menghindari penyebab mobil diesel kurang tenaga di tanjakan

Setelah mengetahui berbagai penyebab mobil diesel kurang tenaga di tanjakan, tentu perlu juga untuk mengetahui cara mengatasi masalah tersebut agar dapat segera memperbaikinya saat situasi tersebut dapat ditangani dengan mudah.

Tidak hanya itu saja, cara mengatasi mobil diesel kurang tenaga di tanjakan juga dapat meminimalisir segala resiko kurang tenaga pada mesin mobil diesel sehingga kendaraan menjadi semakin nyaman saat dikendarai. 

Berikut adalah beberapa cara mengatasi mobil diesel kurang tenaga di tanjakan yang mudah untuk dilakukan, diantaranya adalah:

1. Rutin melakukan tune up secara berkala

Perawatan berkala sangat penting untuk dilakukan bagi setiap pemilik kendaraan untuk mengurangi munculnya masalah yang terkait dengan mesin dan tenaga mobil. 

Salah satu perawatan yang bisa kamu lakukan di bengkel adalah degan tune up, tujuannya adalah untuk meningkatkan performa kendaraan agar makin nyaman saat dikendarai.

2. Melakukan remap pada ECU mobil

Melakukan remap pada komponen ECU mobil akan membantu meningkatkan tenaga mobil hingga 40 persen dari semua. Bahkan, Remap mampu untuk meningkatkan akselerasi kendaraan sehingga terasa semakin tangguh saat dioperasikan.

Tips dari Lifepal! Ada berbagai penyebab mobil diesel kurang tenaga di tanjakan yang perlu untuk kamu perhatikan sehingga segala resiko gangguan dan keamanan dapat dicegah dengan baik saat berkendara. 

Mulai dari filter bahan bakar yang kotor sehingga kamu perlu membersihkannya, kampas kopling yang aus sehingga harus diganti hingga adanya gangguan pada pompa injeksi dan kompresi. Jadi tidak boleh kamu sepelekan begitu saja.

Simak pula ulasan mengenai mobil tiba-tiba hilang tenaga dan juga mobil hilang tenaga saat digas di artikel Lifepal lainnya!

Lindungi mobil kesayanganmu selama 24 jam dengan asuransi mobil terbaik. Pilihlah asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhanmu. Simak video di bawah ini untuk mendapatkan tips memilih asuransi mobil terbaik:

Manfaat memiliki asuransi mobil

Biaya servis mobil dan perawatan tentu tidak murah. Jangan sampai biaya servis mobil kesayanganmu justru membebani pengeluaranmu.

Manfaatkan asuransi mobil all risk supaya kamu gak perlu pusing lagi dengan tagihan bengkel karena kamu akan terjamin dari biaya perbaikan kerusakan ringan dan berat, bahkan dapat ganti rugi atas kehilangan akibat pencurian.

Hitung sendiri berapa kisaran preminya dengan kalkulator premi asuransi mobil Lifepal berikut ini.

Setelah menemukan besaran premi asuransi mobil, pilihlah asuransi mobil yang cocok dengan bantuan kuis asuransi mobil terbaik Lifepal di bawah ini.

Kalau perlu, tambahan proteksi lainnya seperti asuransi kesehatan untuk menjaga dari risiko biaya berobat di rumah sakit yang mahal di tengah maraknya virus saat ini juga sangat diperlukan. 

Beli juga polis asuransi jiwa yang akan melindungi kamu dan keluargamu dari beban finansial saat tertanggung meninggal dunia. Seluruh produk asuransi terbaik bisa kamu dapatkan di Lifepal lebih hemat hingga 25%!

Yuk, coba gunakan kalkulator menabung Lifepal!

Sudah tahu berapa yang harus kamu tabung untuk sesuatu setiap bulannya? Walaupun pemasukan kamu tidak besar, kamu harus berusaha memprioritaskan menabung. Sebab dana tabungan bisa kamu gunakan untuk uang darurat, modal, atau modal usaha.

Gunakanlah kalkulator menabung bulanan untuk bantu menghitung besarnya uang yang harus kamu tabung untuk tujuan kamu. Cobalah kalkulator menabung bulanan ini.

Gunakan pula kalkulator waktu menabung di bawah ini untuk menghitung waktu menabung yang dibutuhkan untuk mencapai target nilai akhir tabungan.

Cek uang pertanggungan asuransi kamu

Uang pertanggungan adalah sejumlah uang yang akan cair jika terjadi risiko meninggal dunia. Produk asuransi umumnya akan memberikan uang pertanggungan asuransi (UP).

Nilai uang pertanggungan adalah hasil perhitungan Nilai Hidup Manusia. Jika kamu ingin mengetahui berapa besarannya, manfaatkan kalkulator nilai hidup manusia berikut ini untuk menghitungnya:

Perlu kamu ketahui, asuransi memiliki sejumlah risiko, terutama mengenai risiko kerugian investasi. Jika produk yang kamu pilih berbentuk unit link, maka ada risiko kerugian investasi di dalamnya.

Artinya, ada kemungkinan kamu perlu membayar premi lebih lama dari ketentuan awal jika terjadi risiko kerugian tersebut. Kalau kamu tidak mengisi ulang saldo unit link yang kosong, bisa-bisa polis kamu lapse.

Maka dari itu, pastikan sebelum memilih produknya kamu sudah membaca polisnya secara rinci. Mau cara yang lebih simple? Manfaatkan fitur perbandingan asuransi terbaik di Lifepal!

Simak video di bawah ini untuk mendapatkan tips memilih asuransi jiwa terbaik

Pertanyaan seputar penyebab mobil diesel kurang tenaga di tanjakan

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *