Kesuksesan Erick Thohir & Jaksa Agung Kado Hari Kemerdekaan RI

Kesuksesan Erick Thohir & Jaksa Agung Kado Hari Kemerdekaan RI

Menteri BUMN Erick Thohir melaporkan kepada Jaksa Agung ST Burhanuddin di kantor Kejagung, Jakarta Selatan, Selasa (11/1/2022) terkait dugaan praktik korupsi di PT Garuda Indonesia. Foto: Dok. BUMN

jpnn.com, JAKARTA – Komitmen Menteri BUMN Erick Thohir membenahi kerja perusahaan pelat merah, dengan menggandeng Kejaksaan Agung, mendapat banyak apresiasi. Ini dikarenakan banyak BUMN yang direstrukturisasi telah menyumbang penerimaan negara yang berkali lipat. Hal ini bahkan dinilai jadi hadiah HUT ke-77 RI.

Anggota DPR dari Fraksi Partai Amanat Nasional Eddy Soeparno mengatakan, budaya profesionalisme sudah terbangun kuat di BUMN saat ini. Ini tak terlepas dari sosok Erick Thohir. Menurut Eddy, efek konsolidasi dan restrukturisasi BUMN dan anak perusahaannya, efisiensi terus berjalan.

“Sangat pantas BUMN besar yang hampir pailit, tetapi kembali berjaya, seperti Garuda, termasuk yang di sektor energi, pertambangan, perbankan dan perkebunan, yang memberi masukan yang semakin besar ke pendapatan negara. Jadi hadiah HUT ke-77 RI,” kata Eddy kepada wartawan, Jumat (18/8).

Menurut dia, membangun budaya profesional dan ekosistem yang memiliki integritas di dalam BUMN bukanlah hal mudah. Sebab, beberapa tahun sebelum ini, banyak BUMN yang bekerja jauh dari profesionalisme. Karenanya Eddy menilai wajar bila BUMN tertinggal dengan perusahaan-perusahaan swasta local, apalagi internasional.

“Saat ini apa yang dilakukan pemerintah, BUMN harus bergerak semakin lincah, memiliki struktur yang semakin efisien, tapi tetap menjaga performa profesionalitas dan integritasnya. Itu semua berkat tangan dingin Erick Thohir,” terangnya.

Di sisi lain, ia menilai kerja sama Erick Thohir dengan Jaksa Agung ST Burhanuddin turut memberi dampak dalam menangani korupsi di BUMN.

Bukan hanya perbaikan tata kelola di Garuda, Eddy menyebut, temuan korupsi di BUMN asuransi seperti Jiwasraya dan Asabri telah berproses di jalur hukum. Ini berkat kerja sama Kementerian BUMN dan Kejaksaan Agung. Kerja sama kedua institusi yang menunjukkan integritas kinerjanya ini telah mengubah Jiwasraya dan Asabri menjadi semakin baik.

“Kita berharap Garuda akan kembali berjaya, begitu pula BUMN-BUMN yang sudah besar seperti Pertamina dan Perbankan yang semakin mencatatkan kinerja semakin baiknya di tahun-tahun depan,” kata Eddy. (dil/jpnn)

Sekjen PAN Eddy Soeparno mengatakan, budaya profesionalisme sudah terbangun kuat di BUMN saat ini. Ini tak terlepas dari sosok Erick Thohir.

Redaktur & Reporter : M. Adil Syarif


Artikel ini bersumber dari www.jpnn.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *