Perbedaan Pajero Sport Vs Toyota Fortuner, Mana yang Lebih Bagus?

Perbedaan Pajero Sport Vs Toyota Fortuner, Mana yang Lebih Bagus?

Mobil Pajero dan Fortuner merupakan dua jenis mobil dalam kelas sport utility vehicle atau SUV yang sering dibanding-bandingkan. Mana yang lebih baik antara mobil Pajero vs Fortuner?

Baik Pajero maupun Fortuner, kedua mobil tersebut tergolong sebagai mobil yang akan dipilih pertama kali oleh banyak konsumen. 

Berdiri di balik dua nama besar yakni Toyota dan Mitsubishi, membuat mobil Pajero dan Fortuner banyak dipercaya orang memiliki kualitas yang terbaik.

Memiliki desain interior, eksterior hingga spesifikasi dan fitur yang serupa, mana yang lebih baik di antara Pajero vs Fortuner?

Harga mobil Fortuner vs Pajero Sport 2022

Dikutip dari Oto.detik.com, berikut ini harga mobil Fortuner vs Mitsubishi Pajero Sport per Januari 2022.

Dari segi harga, kedua mobil ini tidak jauh berbeda. Namun, untuk seri tercanggihnya, Mitsubishi Pajero Sport memiliki harga yang lebih mahal, yakni mencapai Rp700 juta.

Harga Toyota Fortuner 2022

Jenis MobilHarga Toyota Fortuner
Toyota Fortuner 2.4 G 4 x 2 M/TRp521,6 juta
Toyota Fortuner 2.4 G 4 x 2 A/TRp539,2 juta
Toyota Fortuner 2.4 VRZ 4 x 2 A/TRp570 juta
Toyota Fortuner 2.4 VRZ 4 x 2 A/T GR SportRp586,9 juta
Toyota Fortuner 2.7 SRZ 4 x 2 A/T GR SportRp561 juta
Toyota Fortuner 2.8 VRZ 4 x 2 A/TRp580,9 juta
Toyota Fortuner 2.8 VRZ 4 X 2 A/T GR SportRp597,9 juta
Toyota Fortuner 2.8 VRZ 4 X 4 A/T GR SportRp684,5 juta

Harga Mitsubishi Pajero Sport 2022

Jenis MobilHarga Mitsubishi Pajero Sport
Mitsubishi Pajero Sport Exceed 4 x 2 M/TRp520,8 juta
Mitsubishi Pajero Sport Exceed 4 x 2 A/TRp535,8 juta
Mitsubishi Pajero Sport GLX 4 X 4 M/TRp545,8 juta
Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4 X 2 A/TRp593,7 juta
Mitsubishi Pajero Sport Ultimate 4 X 2 A/TRp642,7 juta
Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate 4 x 4 A/TRp701,7 juta

Desain interior Pajero vs Fortuner

Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport hampir memiliki desain interior yang serupa, di mana kedua mobil premium tersebut menawarkan desain interior yang begitu mewah dan elegan. Bagi para produsen mobil tersebut, kenyamanan pengemudi dan penumpang menjadi nomor satu selama di perjalanan.

Material yang digunakan untuk bangku, setir hingga shift knob adalah material leather premium. Selain itu, ada banyak fitur hiburan yang semakin mendukung kenyamanan pengemudi dan pengendara selama dalam perjalanan.

Fitur-fitur hiburan yang dimaksud misalnya saja head unit touchscreen, konektivitas smartphone, USB, bluetooth, AC otomatis hingga telephon. 

Selain itu, bagi penumpang yang berada di kabin bagian belakang juga tetap bisa merasakan fitur hiburan karena mobil sudah dilengkapi dengan rear seat entertaiment seperti roof monitor.

Walaupun hampir serupa, mana yang lebih baik antara Pajero Sport vs Toyota Fortuner?

Pada mobil Pajero Sport Dakar Ultimate memiliki head unit yang telah terdigitalisasi sehingga mampu memberikan informasi lebih komprehensif dalam bentuk 3 jenis display. 

Kamu akan merasakan keunggulan Pajero Sport yang satu ini saat lelah berkendara selama perjalanan. Sebab, kamu bisa menggunakan rem parkir elektrik dan brake auto hold berbarengan.

Adapun Toyota Fortuner memiliki head unit yang menerapkan teknologi touchscreen. Tak sampai di situ saja, head unit tersebut telah dilengkapi dengan berbagai teknologi software yang sangat dibutuhkan pengemudi. 

Sebut saja surround monitor, kamera 360 derajat, blind spot detection, lane departure warning, headway monitoring warning hingga moving object detection.

Desain eksterior Fortuner vs Pajero

Berada di kelas mobil yang sama yakni mobil SUV, sudah pasti salah satu kesamaan Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner adalah sama-sama memiliki desain eksterior yang tangguh dan maskulin. Oleh karena itu, Pajero dan Fortuner cocok dibawa di atas medan jalan yang berat sekalipun.

Belum lama ini Fortuner dan Pajero Sport sama-sama meluncurkan varian mobil terbarunya dengan kelebihan yang berbeda. Pada mobil Toyota Fortuner, spesifikasi mesin bertenaga 2.800 cc dengan tampilan yang lebih sporty.

Toyota Fortuner 2.8 4 X 4 GR Sport yang baru saja dirilis memiliki desain bumper dan grille yang lebih gagah dan telah dilengkapi dengan lampu utama dan lampu kabut LED. 

Dikatakan lebih gagah dibandingkan varian lainnya karena garnish pada varian Fortuner yang satu ini memiliki krom yang gelap di bagian grille yang dipadukan dengan bumper spoiler bagian depan.

Tak hanya bumper bagian depan saja, bumper spoiler bagian belakang juga terlihat lebih elegan karena telah dilengkapi dengan kick sensor with power backdoor khusus untuk Fortuner tipe GR Sport dan Fortuner VRZ.

Adapun mobil Mitsubishi Pajero Sport yang hadir lebih dynamic shield dari segi desainnya. Tak ketinggalan ciri khas Mitsubishi Motorsnya. Memiliki LED active cornering lamp yang berguna sebagai penerangan di saat mobil hendak melakukan manuver di bawah lampu yang minim pencahayaan.

Sedangkan pada Pajero Sport 2021 memiliki desain eksterior berupa lekuk body yang gagah dan berkarismatik. Bagian belakang dilengkapi dengan power tail gate dan kick sensor. Selain itu juga ada desain rear combination lamp dengan gaya futuristik.

Yang terbaru dari desain eksterior Mitsubishi Pajero Sport adalah rear spoiler dan shark fin antenna yang memberikan kesan premium dan luxury.

Jangan sampai biaya untuk merawat atau memperbaiki mobilmu justru menguras tabungan. Manfaatkan asuransi mobil syariah agar kamu terjamin dari mahalnya tagihan perbaikan di bengkel. Asuransi mobil syariah memberimu jaminan ganti rugi dengan tetap mengedepankan pengelolaan keuangan sesuai ketentuan syariat.

Spesifikasi mobil

Dari segi spesifikasi mesin, Pajero Sport vs Fortuner VRZ, mana yang memiliki performa mesin terbaik? Berikut ini detail spesifikasi mesin Toyota Fortuner vs Mitsubishi Pajero Sport.

PerbandinganMitsubishi PajeroToyota Fortuner
Jenis Bahan BakarDieselDiesel
Kapasitas Mesin2.400 cc2.755 cc
Tenaga181 hp203,9 hp
Torsi430 nm499 nm
Transmisi8 kecepatan4 kecepatan

Kelebihan utama dari Mitsubishi Pajero Sport adalah adanya teknologi Super Select 4WD II dan mode off-road sehingga lebih cocok digunakan untuk off-road. Kendati demikian, Toyota Fortuner tidak kalah hebatnya.

Toyota Fortuner telah menggunakan sistem penggerak four wheel drive atau 4WD yang dilengkapi juga dengan fitur easy 4 x 4 switch dan downhill assist control atau DAC.

Fitur Pajero vs Fortuner

Terakhir, kamu juga perlu mengetahui perbandingan fitur keamanan antara Mitsubishi Pajero Sport vs Toyota Fortuner. Mengapa demikian? Karena fitur keamanan tersebut memiliki peran penting dalam memberikan keamanan dan kenyamanan saat berkendara.

Pada mobil Toyota Fortuner, telah dilengkapi dengan 7 SRS airbag yang terdiri dari dua airbag di bagian depan mobil yang dikhususkan untuk supir dan penumpang di sebelahnya, air bag lutut pengemudi, airbag samping, dan airbag tirai. 

Perbedaan Pajero Sport Vs Toyota Fortuner, Mana yang Lebih Bagus?

Sementara itu, seluruh varian Toyota Fortuner memiliki hill start assist atau HSA, emergency brake signal (EBS) traction control, vehicle stability control hingga trailer sway control.

Mobil SUV yang satu ini juga memiliki teknologi otomotif canggih seperti blind spot detection, lane departure warning, moving object detection dan headway monitoring warning. Selain itu,, ada juga teknologi T-Intouch yang bisa terkoneksi dari aplikasi m Toyota di ponsel kamu. 

Di dalam aplikasi tersebut ada banyak fitur yang bisa kamu manfaatkan, di antaranya adalah find my car, geofencing, e-Car maintenance, trip driving update, road assistance hingga inquiry & support center.

Tak kalah dengan Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero Sport juga memiliki konektivitas dengan ponsel pengemudinya dengan memasang aplikasi Mitsubishi Remote Control. 

Kamu bisa memanfaatkan beberapa fitur seperti mencari posisi kendaraan saat parkir, vehicle information, mengoperasikan power tailgate dan masih banyak lagi.

Fitur-fitur keselamatan pada Pajero Sport di antaranya Forward Collision Mitigation (FCM), Ultrasonic Miss-acceleration Mitigation System (UMS), Blind Spot Warning – Lane Change Assist (BSW-LCA), Electric Parking Brake (EPB), Brake Auto Hold (BAH), dan Rear Cross Traffic Alert (RCTA).

Selain itu ada juga fitur keamanan standar seperti 7 SRS airbag, anti lock braking system, electronic brake distribution, brake assist, active stability & traction control.

Lindungi finansial dengan asuransi mobil

Apapun pilihan mobilnya antara Mitsubishi Pajero Sport vs Toyota Fortuner, keduanya memiliki biaya perawatan dan perbaikan yang tidak sedikit. Sebelum tabungan kamu ludes untuk biaya perbaikan, sebaiknya segera miliki asuransi mobil. 

Pasalnya, tak ada yang mengetahui risiko apa yang terjadi di kemudian hari. Sekalipun kamu sangat berhati-hati dalam berkendara, kamu masih memiliki risiko kerugian atas kerusakan mobil akibat kecelakaan.

Dengan memiliki asuransi mobil, finansial kamu akan aman. Beli polis asuransi mobil di Lifepal dan dapatkan diskon hingga 25% serta cashback sampai 10%.

Cek besaran premi asuransi mobil dengan kalkulator premi asuransi mobil berikut ini. 

Tips dari Lifepal! Jika kamu adalah peminat mobil Pajero dan Fortuner, tapi kamu belum yakin mau memilih yang mana, maka sebaiknya kamu cari tahu dulu spesifikasi dan keunggulan masing-masing.

Tidak hanya pada sisi keunggulan tiap mobil, kamu pun wajib mempertimbahkan sisi pengeluarannya. Termasuk di dalamnya harga mobil, biaya servis mobil, dan pajak tahunannya.

Khusus mengenai pajak, tentu akan berbeda antara pajak mobil Pajero dan pajak mobil Fortuner. Nah poin ini wajib diperhatikan agar lebih mudah menentukan anggaran pengeluaranmu nanti.

Brand_A_10_IBD
Brand_A_10_IBM

Kedua mobil ini sebenarnya memiliki spesifikasi yang hampir sama. Namun, jika kamu menginginkan kapasitas mesin mobil yang besar, kamu bisa memilih mobil Fortuner. Harga dari keduanya juga tidak jauh berbeda. 

FAQ seputar pajero vs fortuner

Antara Pajero vs Fortuner, keduanya memiliki keunggulannya masing-masing sehingga untuk menjawab pertanyaan di atas tergantung dari selera dan kebutuhan konsumen.

Harga Toyota Fortuner 2022 mulai dari Rp520 jutaan hingga Rp680 jutaan sedangkan Mitsubishi Pajero Sport mulai dari Rp520 jutaan hingga Rp700 jutaan.

Toyota Fortuner 2.8 4×4 GR Sport yang baru saja dirilis memiliki desain bumper dan grille yang lebih gagah dan telah dilengkapi dengan lampu utama dan lampu kabut LED. Dikatakan lebih gagah dibandingkan varian lainnya karena garnish pada varian Fortuner yang satu ini memiliki krom yang gelap di bagian grille yang dipadukan dengan bumper spoiler bagian depan.

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *