20 Bandara Terbaik di Dunia, 4 Teratas Ada di Asia

20 Bandara Terbaik di Dunia, 4 Teratas Ada di Asia

harianfakta.com – LONDON, Perusahaan riset transportasi udara Skytrax mengumumkan daftar bandara terbaik di dunia 2023. Bandara Changi Singapura berhasil merebut posisi teratas dalam daftar tahunan bandara terbaik dunia versi Skytrax.

Skytrax yang berbasis di Inggris, menyusun daftar tersebut dengan melakukan survei terhadap wisatawan di seluruh dunia dan meminta mereka menilai seluruh pengalamannya di bandara yang pernah didatangi, mulai dari check-in hingga keberangkatan dan sebagainya.

Bandara Changi yang tahun ini kembali berada di peringkat pertama, sebelumnya selama delapan tahun beruntun sejak 2013-2020 menempati puncak daftar Skytrax. Namun pada dua tahun terakhir, yakni 2021 dan 2022 turun beberapa peringkat seiring dengan menurunnya jumlah penumpang selama pandemi Covid-19, digeser Bandara Internasional Hamad di Doha, Qatar dan Bandara Haneda Tokyo, Jepang.

“Bandara Changi Singapura selalu menjadi favorit para pelancong, namun merosot selama Covid-19 ketika operasional dikurangi secara drastis,” kata Peter Miller dari Skytrax, dikutip dari CNN Travel, Minggu (19/3/2023).

Dia mengatakan, Bandara Changi menawarkan sesuatu untuk semua orang, dan itu menjadi pendorong utama popularitasnya yang berkelanjutan. Beberapa daya tarik Changi, meliputi air terjun dalam ruangan setinggi 40 meter, taman kupu-kupu, bioskop IMAX, hingga ada lebih dari 280 gerai ritel dan makan.

“Singapura Changi pada dasarnya adalah bandara transit, dan dari umpan balik pelanggan, bandara ini berkinerja baik karena menawarkan berbagai macam fasilitas dan fasilitas untuk semua jenis pelanggan, seperti keluarga, pelancong bisnis, dan rekreasi semuanya dilayani dengan baik,” tutur Miller.

Sementara Bandara Internasional Hamad, yang tahun ini menempati posisi kedua dalam daftar Skytrax, juga menawarkan fasilitas yang dirancang untuk pelancong transit, seperti tur kota bagi mereka yang menghabiskan lebih dari delapan jam menunggu penerbangan lanjutan. Sedangkan di posisi ketiga hingga kelima, yakni Bandara Internasional Tokyo, yang dikenal sebagai Haneda (Jepang), Bandara Internasional Incheon (Korea Selatan), dan Bandara Charles de Gaulle Paris (Prancis).

Editor : Jujuk Ernawati

Follow Berita iNews di Google News

error: Content is protected !!
Exit mobile version