5 Perusahaan Raksasa Dunia yang Berawal dari Garasi, Nomor 1 Raja Bidang Hiburan

5 Perusahaan Raksasa Dunia yang Berawal dari Garasi, Nomor 1 Raja Bidang Hiburan

harianfakta.com – JAKARTA, Ada 5 perusahaan raksasa dunia yang berawal dari garasi rumah. Keterbatasan dana membuat 5 perusahaan terkenal di dunia ini memilih membuka kantor pertama mereka di garasi kecil.

Meskipun kini dikenal sebagai 5 perusahaan raksasa dunia, sejarah bisnis yang dirintis dari garasi rumah justru menjadi kebanggaan bagi pendiri dan perusahaan.

Hal itu, sekaligus menjadi kisah sukses yang menginspirasi banyak orang untuk tak gengsi memulai bisnis dari rumah, bahkan dari garasi kecil.

berikut 5 perusahaan raksasa dunia yang berawal dari garasi sebagaimana dikutip dari berbagai sumber, Jumat (2/12/222):

1. Disney

Walt Disney memulai usaha animasi pertamanya dengan saudaranya, Roy Oliver Disney, di garasi rumah paman mereka di Los Angeles, Amerika Serikat (AS), pada 1920. Nama perusahaan yang didirikan adalah Disney Brothers Cartoon.

Selama berkantor di garasi tersebut, Walt Disney mengerjakan ilustrasi terkenal seperti Oswald the Lucky Rabbit, Alice Comedies, dan Mickey Mouse.

Dengan modal ilustrasi tersebut, Disney Brothers Cartoon Studio segera memperluas ruang garasi kecil dan pindah ke kantor kecil di dekatnya.

Pada 1929, studio tersebut bergabung dengan nama Walt Disney Productions yang menandatangani kontrak dengan Columbia Pictures untuk membuat tiga kartun di Technicolor.

Putri Salju dan Tujuh Kurcaci mengikutinya pada tahun 1934. Itu adalah fitur animasi pertama dalam bahasa Inggris dan Technicolor dengan biaya produksinya mencapai 1,4 juta dolar AS. Itu lebih dari 20 juta dolar AS saat ini.

Pada kuartal IV 2021, pendapatan Walt Disney Production yang dikenal sebagai raja bidang hiburan itu, tercatat mencapai 21,8 miliar dolar AS dengan penyumbang terbesar adalah layanan streming video Disney Plus yang memiliki lebih dari 129 juta pelanggan.

2. Google

Larry Page dan Sergey Brin, para pendiri Google, menjadikan garasi rumah Susan Wojcicki yang berlokasi di Menlo Park, California, AS, sebagai kantor pertama mereka.

Dimulai sebagai proyek kuliah di Stanford, Larry Page dan Sergei Brin menjadikan mesin pencarian buatan mereka sebagai bisnis.

Pada 4 September 1998, Google resmi berdiri dengan kantor pertama di garasi rumah Susan Wojcicki, yang notabene adalah marketing manager pertama Google. Susan menyewakan garasi rumahnya kepada Larry Page dan Sergei Brin karena membutuhkan tambahan uang untuk kelahiran anaknya.

Berawal dari kantor di garasi, Larry Page dan Sergei Brin mencoba mengembangkan bisnis mereka dengan menjual perusahaan ke Excite dengan harga 1 juta dolar AS, namun ditolak Excite, yang kemudian disesali.

Kini Alphabet Inc yang merupakan holding company dari Google telah menjadi perusahaan raksasa dunia dengan pendapatan sebesar 257,6 miliar dolar AS pada 2021.

3. Apple

Garasi kecil dari rumah sederhana keluarga Steve Jobs di kawasan The Los Altos, California, menjadi kantor pertama Apple, perusahaan raksasa dunia di bidang teknologi untuk produk komputer dan handphone berkelas.

Dari garasi kecil itulah, sebanyak 50 komputer Apple I yang merupakan generasi pertama, dirakit oleh pendiri sekaligus karyawan Apple, yaitu Steve Jobs, Steve Wozniak, dan Ron Wayne.

Apple resmi berdiri pada tahun 1976 ketika Steve Wozniak merancang Apple I dengan harga 500 dolar AS per unit untuk memenuhi permintaan pengecer lokal agar mereka membuat 50 komputer, Steve Jobs dan Wozniak mendapatkan semua komponen dan merakit 50 komputrer di garasi rumah tersebut dalam 30 hari.

Garasi ini bertahan menjadi kantor pertama Apple sebelum akhirnya berpindah pada sebuah ruko sewaan di Cupertino, California.

Saat ini, dengan kantor megah di Cupertino yang disebut Infinite Loop, Apple adalah pemimpin dunia dalam teknologi dan tahun lalu memiliki pendapatan senilai 265,6 miliar dolar AS.

4. Microsoft

Bill Gates dan Paul Allen pertama kali memulai perusahaan komputer mereka, Microsoft, di sebuah garasi kecil di Albuquerque, New Mexico pada tahun 1975.

Pada tahun 1987 Microsoft sukses besar, menjadikan Bill Gates yang berusia 31 tahun sebagai miliarder termuda di dunia saat itu. Gates dan Allen memulai perusahaan mereka dengan membuat perangkat lunak untuk model komputer pertama mereka, Altair 8800.

Setelah melisensikan beberapa perangkat lunak yang dibuat kepada raksasa teknologi IBM, Microsoft akhirnya dapat menampilkan komputer pribadi pertamanya ke dunia pada tahun 1981.

Kini Microsoft tumbuh dan terus menjadi komponen penting dari komputer, perangkat lunak, dan smartphone dengan nilai pendapoatan mencapai 168,08 miliar dolar AS pada tahun 2021.

5. Amazon

Pendiri Amazon Jeff Bezos memulai kerajaan e-commerce di garasi rumahnya, di Seattle pada tahun 1994. Apa yang dimulai sebagai toko buku online sederhana segera berkembang ke barang-barang lain, membuat Amazon dijuluki “toko segalanya.”

Jeff Bezos mengklaim dia memilih nama Amazon untuk tokonya karena sungai terbesar di dunia ini selaras dengan mimpinya untuk menjadikan tokonya sebagai toko buku terbesar di dunia.

Kini Amazon menjelma menjadi perusahaan e-commerce dunia dengan pendapatan senilai 469,8 miliar dolar AS, dan menempatkan pendirinya, Jeff Bezos, sebagai salah satu miliarder dunia dengan kekayaan bersih sekitar 115 miliar dolar AS.

Demikian 5 perusahaan raksasa dunia yang berawal dari Garasi. Perjalanan ke-5 perusahaan tersebut menginspirasi siapapun untuk tak ragu memulai bisnis meski dari kantor yang kecil.

Editor : Jeanny Aipassa

error: Content is protected !!
Exit mobile version