Begini Dampak Besar Kebakaran Depo Plumpang ke UKM Warga Sekitar

Begini Dampak Besar Kebakaran Depo Plumpang ke UKM Warga Sekitar

Begini Dampak Besar Kebakaran Depo Plumpang ke UKM Warga Sekitar

harianfakta.com – Kebakaran hebat Terminal BBM Plumpang atau dikenal dengan Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara, berdampak pada usaha kecil dan menengah milik warga. Pantauan detikcom di sekitar lokasi, sejumlah usaha warga hangus dilalap si jago merah.

Ketua RW 09 Tanah Merah, Abdus menyebut banyak warganya menjalankan bisnis UMKM. Seperti warung kelontong, isi ulang air galon, konter HP, hingga Warung Tegal atau warteg.

“Kebanyakan warga kami ialah warga yang terdaftar dalam UMKM di jajaran ini (yang terdampak), UMKM ini semua rata-rata, makanya hidup. Rame terus,” katanya saat ditemui di TKP, Sabtu (4/3/2023).

Bangunan warteg misalnya, yang hangus usai insiden kebakaran. Cat tembok bangunan terkelupas menyisakan warna gosong di sekitar tembok.

Atap bangunaan pun roboh dan puingnya berserakan di lantai. Tampak mangkok-mangkok yang sebagian sudah pecah juga berserakan di lantai.

Kondisi serupa dialami konter HP yang berada persis di sebelahnya. Atap bangunan roboh dan temboknya hangus dilalap api.

Sementara itu, usaha penitipan mobil milik yang bersebelahan dengan warteg juga rusak parah. Terlihat 7 mobil hanya tersisa kerangka. Dua mobil lainnya mengalami rusak dengan sebagian spare part yang meleleh.

Warung-warung di sejajar jalan RW 09 banyak yang bernasib sama. Panasnya api melelehkan botol-botol minuman yang masih terpajang di lemari pendingin toko.

Akibat insiden ini, Abdus menjelaskan, sekitar 60 rumah warga RW 9 terdampak ledakan Depo Pertamina Plumpang. 9 Kendaraan roda 4 tak terselamatkan, dan motor roda 2 belum terhitung jumlahnya.

Ia belum mengetahui jumlah pasti kerugian ini. “Rumah terbakar 60-an lebih rumah. Yang jelas ada 9 kendaraan roda 4, kalau roda 2 belum tahu karena banyak sekali sih,” terangnya.

error: Content is protected !!
Exit mobile version