Buntut Kebakaran Depo Plumpang, Pertamina Bakal Bentuk Direktorat Khusus Keselamatan

Buntut Kebakaran Depo Plumpang, Pertamina Bakal Bentuk Direktorat Khusus Keselamatan

harianfakta.com – PT Pertamina (Persero) bakal membentuk direktorat khusus untuk menangani Health Safety Security and Environment (HSSE) atau Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), serta Environment, Social and Corporate Governance (ESG).

Pembentukan direktorat baru itu buntut dari insiden kebakaran pipa Depo Pertamina Plumpang yang menyebabkan 25 korban meninggal dunia.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan, saat ini implementasi dan tanggung jawab HSSE berada di bawah masing-masing holding dan subholding. Namun, ke depannya akan dibentuk secara khusus untuk memperkuat penerapan HSSE.

Menurutnya, pembentukan direktorat baru tersebut merupakan mandat dari para pemegang saham, dalam hal ini yakni Kementerian BUMN dan Kementerian ESDM.

“(Pemegang saham) itu kemudian meminta kami untuk membentuk direktorat khusus, satu tambahan direktorat di sana untuk meng-cover mengenai HSSE, risk management, dan ESG,” ungkap Nicke dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi VII DPR RI, Kamis (16/3/2023).

Ia bilang, rencana pembentukan direktorat baru ini akan dibahas lebih lanjut oleh Pertamina dengan para pemegang saham.

Di sisi lain, Pertamina juga berupaya meningkatkan keselamatan di wilayah Depo Plumpang dengan membangun buffer zone atau zona aman selebar 50 meter.

Hal ini mengingat Depo Plumpang akan tetap beroperasi meski sempat terjadi insiden kebakaran. Lantaran, peranan Depo Plumpang sangat penting yakni menyimpan 15 persen stok BBM nasional.


Depo tersebut menyuplai stok BBM di 19 kabupaten/kota, di antaranya ke 790 SPBU, baik umum, nelayan, maupun Pertashop. Selain itu, menyuplai stok LPG ke 22 kabupaten/kota.

Oleh sebab itu, pembangunan buffer zone merupakan hal mendesak untuk kebutuhanan keamanan masyarakat dan operasional Depo Plumpang ke depannya.

“Jadi safety risk and sustainability management yang sekarang kami sedang rancang ini sebagai bentuk pertanggungjawaban, bahwa kami sangat concern dengan masalah ini,” ungkapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Apa nama Danau Vulkanik di Indonesia, yang menjadi salah satu danau terbesar di Dunia?

Dapatkan saldo e-wallet untuk 10 orang yang beruntung dengan mengikuti Kuis Travel berikut ini!

Di Provinsi manakah Sirkuit International Mandalika sebagai salah satu venue dari gelaran MotoGP dan Superbike 2022?

Apakah candi Budha terbesar di dunia yang terdapat di Indonesia dan menjadi warisan budaya dunia?

Dibawah ini, manakah suku yang bukan berasal dari Pulau Kalimantan?

Pulau apakah yang dijuluki ‘The Last of Paradise’ di Indonesia?

E-mail

Isi data dirimu untuk keperluan pendataan dan pengiriman hadiah ya

No. Handphone

Nama Lengkap

Provinsi Domisili

Kota/Kabupaten Domisili

Tahun Lahir

Apakah Anda sudah terlindungi dengan Asuransi?

Jenis perlindungan apa yang Anda butuhkan?

Terima kasih atas partisipasinya!

Silahkan login dengan KG Media ID untuk melanjutkan survey

error: Content is protected !!
Exit mobile version