Cara Memilih Target Pasar, Salah Sedikit Bisa Bikin Bisnismu Gak Laku, Lho!

Cara Memilih Target Pasar, Salah Sedikit Bisa Bikin Bisnismu Gak Laku, Lho!

harianfakta.com – Jualan harus memenuhi kebutuhan konsumen. Namun, konsumen mana yang dimaksud? Jangan-jangan kamu salah memilih target pasar nih!

Oleh karena itu, yuk simak 5 cara mempertajam pemilihan target pasar!

1. Seberapa besar pasar yang ditargetkan?

Cara mudah mengetahui seberapa besar pasar yang ditargetkan adalah dengan mengobservasi di sekitar lingkungan jualan kita. Apakah target pasarnya sesuai?

2. Kamu punya kapabilitas atau tidak?

Kita juga harus mengevaluasi diri sendiri untuk melihat apakah punya kapabilitas untuk menggarap target pasar sendiri.

Misalnya, dengan latar belakang diri pribadi, adakah hal yang bisa kita optimalkan? Misalnya, kamu terbiasa hidup sehat, maka akan lebih mudah memahami pelanggan yang juga ingin hidup sehat. Tetapi, jika kamu terbiasa hidup berantakan, maka target pasar seperti itu akan sulit dipahami.

3. Seberapa tinggi persaingan di pasar tersebut?

Jika kamu memasuki bisnis Red Ocean, di mana bisnis yang sudah menjamur, berarti bisnis kamu harus memiliki suatu hal yang menonjol. Tetapi, jika kamu memasuki bisnis Blue Ocean, di mana bisnis tersebut tergolong baru, kamu memiliki tugas untuk mengedukasi pasar.

4. Apa ekspektasi pasar?

Kamu harus bisa memahami ekspektasi pasar. Misalnya, jika target pasar kamu mahasiswa, kamu harus tahu apa saja yang mereka butuhkan, seperti harga yang murah, banyak colokan, internet yang kencang hingga menu snack ringan.

5. Penuhi ekspektasi pasar

Jika sudah tahu apa saja ekspektasi pasar, kamu harus bisa memenuhinya 100% agar kebutuhan mereka terpenuhi.

error: Content is protected !!