Cara Memulai Usaha Hantaran Pernikahan dengan Modal Terbatas

Cara Memulai Usaha Hantaran Pernikahan dengan Modal Terbatas

harianfakta.com

KOMPAS.com – Selain mas kawin, hantaran juga menjadi tradisi masyarakat Indonesia yang diberikan calon pengantin pria kepada calon pengantin wanita.

Hantaran bisa diartikan sebagai hadiah atau tanda pengikat hati antara dua keluarga.

Karena momen pernikahan selalu ada, maka hantaran bisa menjadi ide bisnis yang menguntungkan loh.

Selain mudah dilakukan, kamu juga tidak memerlukan modal yang sangat besar untuk memulainya. Terpenting adalah bagaimana kamu membuat kreasi hantaran pernikahan .

Agar tak salah langkah, berikut ini cara memulai usaha hantaran pernikahan dengan modal terbatas, seperti dirangkum dari beberapa sumber.

1. Memanfaatkan barang tidak terpakai

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah memanfaatkan barang tidak tepakai atau barang bekas untuk menghias hantaran pernikahan.

Hal ini tidak membutuhkan modal besar, tetapi membutuhkan kreativitas supaya tampilan pada hantaran terlihat menarik dan cantik. Misalnya menggunakan sisa-sisa pita, daun-daun kering, kardus ataupun plastik bekas.

2. Menjalin kerja sama dengan pengrajin

Cara selanjutnya menjalin hubungan kerja sama dengan pengrajin. Hal ini penting, karena untuk mengemas hantaran, biasanya akan dibutuhkan kotak berbahan dasar rotan atau dus.

Dengan menjalin kerja sama, kamu bisa mendapatkan harga lebih murah. Selain itu, tak menutup kemungkinan juga untuk bertukar ide dengan pengrajin.

3. Lakukan promosi

Promosi bisa mulai dilakukan pada orang-orang terdekat, seperti keluarga, saudara, sahabat, dan teman. Ini akan membantu kamu lebiih rileks saat mengerjakannya, karena mereka adalah orang yang kamu kenal, sehingga proses diskusi bisa lebih santai dan tidak kaku.

Selanjutnya promosi bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu secara offline dan online. Secara offline bisa melalui promosi dari mulut ke mulut, brosur, dan spanduk, sementara secara online melalui media sosial yang bisa menjangkau pelanggan yang lebih luas.

4. Berinovasi

Usaha hantaran pernikahan termasuk ke dalam bidang industri. Bidang industri tentu memerlukan kreativitas dan inovasi saat melakukan usaha.

Inovasi ini penting untuk memperbaiki atau mengembangkan ide-ide yang dituangkan saat membuat hantaran pernikahan, supaya bisa bertahan di tengah persaingan. Selain itu, model dan desain hantaran juga mengikuti perkembangan zaman.

Promosikan UMKM Anda dengan beriklan di jaringan Kompas Gramedia lewat . Konsultasikan strategi iklan bisnis Anda bersama tim sales sekarang.

Apa nama Danau Vulkanik di Indonesia, yang menjadi salah satu danau terbesar di Dunia?

Dapatkan saldo e-wallet untuk 10 orang yang beruntung dengan mengikuti Kuis Travel berikut ini!

Di Provinsi manakah Sirkuit International Mandalika sebagai salah satu venue dari gelaran MotoGP dan Superbike 2022?

Apakah candi Budha terbesar di dunia yang terdapat di Indonesia dan menjadi warisan budaya dunia?

Dibawah ini, manakah suku yang bukan berasal dari Pulau Kalimantan?

Pulau apakah yang dijuluki ‘The Last of Paradise’ di Indonesia?

E-mail

Isi data dirimu untuk keperluan pendataan dan pengiriman hadiah ya

No. Handphone

Nama Lengkap

Provinsi Domisili

Kota/Kabupaten Domisili

Tahun Lahir

Apakah Anda sudah terlindungi dengan Asuransi?

Jenis perlindungan apa yang Anda butuhkan?

Terima kasih atas partisipasinya!

Silahkan login dengan KG Media ID untuk melanjutkan survey

error: Content is protected !!
Exit mobile version