Erick Thohir Minta Pertamina Bentuk Tim Risiko Bisnis Buntut Kebakaran Depo Plumpang

Erick Thohir Minta Pertamina Bentuk Tim Risiko Bisnis Buntut Kebakaran Depo Plumpang

harianfakta.com – JAKARTA, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyingung soal pencopotan direksi PT Pertamina terkait kebakaran di depo BBM Plumpang. Namun menurutnya, pencopotan direksi Pertamina bukan menjadi solusi utama, terpenting adalah perbaikan sistem, dengan membentuk tim risiko bisnis.

“Saya sudah pernah copot direksi pertamina kan, kalau saya copot lagi, ya saya copot lagi, tetapi penyelesaiannya itu tidak saling menyalahkan,” kata dia saat ditemui di RSPP Pertamina, Jakarta Selatan, Sabtu (4/3/2022).

Menurutnya, Pertamina harus melakukan perbaikan secara menyeluruh terkait dengan sistem bisnis resiko. Erick pun meminta manajemen BUMN migas itu segera membentuk tim risiko bisnis perusahaan. Tidak cuma di sektor keuangan, namun juga di bidang operasi.

“Ini dilakukan secara menyeluruh karena ini aset vital nasional,” ujarnya.

Selain Pertamina, dia juga meminta Holding BUMN Pertambangan atau MIND ID, dan PT PLN (Persero) melakukan hal yang sama.

“Saya meminta dan tadi pagi saya sudah telepon untuk seluruh (BUMN), seperti MIND (ID), Pertamina, PLN harus membentuk tim risiko bisnis,” ucap Erick.

Erick juga meminta Pertamina mengusut tuntas insiden kebakaran, yang menelan korban jiwa. Perseroan segera berkoordinasi dengan kepolisian dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk melakukan tindakan tanggap darurat di sekitar lokasi kejadian.

Dia menuturkan, aksi yang cepat dapat meminimalisir dampak peristiwa tersebut, terutama bagi masyarakat sekitar.

“Segera monitor area di sekitar lokasi, segera ambil tindakan evakuasi warga yang berada di dekat lokasi tersebut. Utamakan keselamatan masyarakat dan para pekerja di sana,” tuturnya.

Editor : Jujuk Ernawati

Follow Berita iNews di Google News

error: Content is protected !!
Exit mobile version