GoSend Hadirkan Ruang Belajar bagi UMKM

GoSend Hadirkan Ruang Belajar bagi UMKM

harianfakta.com – JAKARTA – GoSend, layanan logistik on-demand terdepan di Indonesia bagian dari Gojek dan Grup GoTo (PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk), meresmikan Ruang Belajar GoSend di Jakarta, Rabu (15/3/2023). Ruang Belajar GoSend merupakan program peningkatan kapasitas yang perdana diselenggarakan untuk para penggiat UMKM yang tergabung di Komunitas Best Seller GoSend.

Resmi dibuka oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Ruang Belajar GoSend edisi pertama dirancang untuk membantu pelaku UMKM, khususnya social seller dalam mempelajari tren penjualan dan perilaku konsumen pada bulan Ramadan dan momen Lebaran. Mereka juga diajari bagaimana menangkap peluang penjualan melalui strategi pemasaran digital dan pembuatan konten kreatif.

Presiden Unit Bisnis On Demand Service GoTo Catherine Hindra Sutjahyo mengatakan, sebagai layanan on demand, Gojek berkomitmen untuk dapat mendukung berbagai sektor UMKM agar dapat bertumbuh.

“Hari ini (Rabu, 15/3/2023), bersamaan dengan momentum menyambut Ramadan, Gojek membekali para UMKM, yaitu mitra social seller dengan program pelatihan perdana melalui Ruang Belajar GoSend,” ujar Chaterine, dalam sambutan pembukaan Ruang Belajar GoSend perdana.

Tidak hanya itu, lanjut dia, pihaknya juga memperkenalkan ragam solusi baru untuk mengakomodasi lonjakan permintaan guna mempermudah kegiatan bisnis mitra seller selama bulan Ramadan dan momen jelang Lebaran 2023.

Pada kesempatan itu, Content Creator Raditya Dika turut hadir sebagai pemateri. Tak hanya itu, Gojek secara resmi juga memperkenalkan solusi logistik terbaru GoCorp Send dan fitur Jadwalin Pengiriman GoBox.

Hadirnya serangkaian program dukungan bagi para seller, Ruang Belajar GoSend sebagai program unggulan komunitas dan solusi bisnis GoCorp Send, serta Jadwalin Pengiriman GoBox merupakan bagian dari fokus bisnis Gojek dalam mendukung pertumbuhan berkelanjutan pada 2023.

Ramadan dan Lebaran menjadi momen penting bagi para penjual di Indonesia seiring tingkat konsumsi masyarakat yang meningkat. Survei The Trade Desk dan YouGov menunjukkan bahwa sebanyak 88% masyarakat Indonesia berencana untuk berbelanja online pada Ramadan tahun ini untuk memenuhi kebutuhan ibadah mereka.

Kegiatan Ruang Belajar GoSend pun diharapkan dapat meningkatkan kapasitas dan pemahaman anggota mengenai tren belanja online. Pelatihan ini akan dilakukan setiap kuartal, dan pada acara perdananya, Ruang Belajar GoSend dihadiri oleh ratusan anggota Komunitas Best Seller GoSend secara hybrid.

Momen Ramadan

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Sandiaga Uno mengungkapkan, bulan Ramadan menjadi salah satu momen yang ditunggu-tunggu bagi pelaku UMKM di Tanah Air untuk naik kelas dan meningkatkan penjualannya.

Riset Mandiri institute pun menunjukkan bahwa puncak belanja pada Ramadan 2022 lebih tinggi 31% dibandingkan puncak belanja Ramadan tahun sebelumnya. Sandiaga pun optimistis, puncak belanja Ramadan pada tahun ini lebih meningkat dari tahun sebelumnya. Apalagi, kebijakan PPKM sudah dicabut dan mobilitas masyarakat untuk Idul Fitri 1444 Hijriah menjadi lebih mudah.

“Ruang Belajar GoSend menjadi kegiatan yang tepat bagi para pelaku UMKM untuk menggali strategi bisnis yang dilakukan ketika menyambut bulan Ramadan. Kita bisa menyesuaikan produk, konten, medsos, sampai dengan jasa online delivery service yang dapat membantu peningkatan penjualan,” pungkas Sandiaga.

error: Content is protected !!
Exit mobile version