Ikut Merayakan Kemerdekaan, Anak-Anak SLB Ikuti Lomba Agustusan Bersama Polisi

Ikut Merayakan Kemerdekaan, Anak-Anak SLB Ikuti Lomba Agustusan Bersama Polisi

SURYA.CO.ID, PASURUAN – Puluhan anak di Sekolah Luar Biasa (SLB) Bhineka, Desa Glanggang, Kecamatan Beji, Kabupaten Pasuruan terlihat sangat bahagia, Jumat (19/8/2022) pagi. Mereka terlihat bersemangat karena bisa merayakan peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-77 bersama Satlantas Polres Pasuruan.

Ada beberapa lomba yang dilaksanakan bersama. Seperti makan kerupuk, balap kelereng, balap bendera dan hiburan bernyanyi bersama. Para siswa SLB terlihat antusias mengikuti setiap perlombaan yang dilaksanakan, keterbatasan tak menyurutkan semangat nasionalisme mereka.

Bahkan anak-anak SLB ini rela jatuh bangun untuk menjadi pemenang dalam setiap perlombaan. Mereka seolah ingin menjadi yang paling kuat dan hebat. Anggota Satlantas Polres Pasuruan terlihat juga sangat sabar mendampingi anak-anak yang kadang kesulitan mengikuti bagian perlombaan.

Ada yang menangis dan ada juga yang berteriak bahagia karena menjadi pemenang lomba. Mereka yang jadi pemenang berhak mendapatkan hadiah. Di penghujung kegiatan, semua anak diajak menyanyikan lagu-lagu kebangsaan dan daerah di Indonesia.

Sekadar informasi, ini salah satu program prioritas Polres Pasuruan yakni Polisi Sahabat Anak (Polsanak). Polisi Pasuruan berkomitmen akan terus menjadi sahabat anak. Polsanak kali ini memang digelar di SLB sebagai salah satu wujud konkret Polres Pasuruan dalam memberikan pelayanan dan pengayoman yang inklusif.

Kapolres Pasuruan, AKBP Bayu Pratama Gubunagi mengatakan, ini adalah upaya polisi bersama anak-anak berkebutuhan khusus memeriahkan kemerdekaan. “Memeriahkan kemerdekaan adalah hak segala bangsa. Anak-anak inklusi juga berhak memeriahkan kemerdekaan dengan lomba seperti anak pada umumnya,” kata Bayu.

Di sisi lain, kata kapolres, kegiatan ini juga dalam rangka memberikan motivasi dan mensupport anak inklusi menjalani pendidikan untuk masa depan yang cerah dan baik. “Mudah-mudahan mereka bisa menjadi generasi penerus bangsa. Jangan kecil hati, karena banyak anak berkebutuhan khusus yang bisa beprestasi,” ujar Bayu.

Menurut kapolres, Indonesia baru saja juara umum Asian Para Games. Ini membuktikan bahwa para penyandang keterbatasan juga bisa berprestasi dengan caranya masing-masing. “Kalian bisa, kalian tidak kalah dengan orang orang yang normal. Kami akan berusaha maksimal memberi ruang bagi mereka yang berkebutuhan khusus,” tegas Bayu.

Disampaikan, Polsanak adalah kegiatan rutin untuk mewujudkan generasi muda yang sehat, mandiri dan berkarakter kebangsaan yang kuat.

Umar, Kepala SLB Bhineka menyampaikan terima kasih kepada Polres Pasuruan yang memberikan ruang dan waktu untuk bermain bersama dengan anak-anak. “Dengan kegiatan kecil seperti ini bisa membantu anak-anak berkebutuhan khusus bahagia dan percaya diri,” pungkasnya. ****


Artikel ini bersumber dari surabaya.tribunnews.com.

error: Content is protected !!
Exit mobile version