Kemenhub Pastikan Lalu Lintas Penerbangan Tak Terganggu Erupsi Gunung Semeru

Kemenhub Pastikan Lalu Lintas Penerbangan Tak Terganggu Erupsi Gunung Semeru

harianfakta.com – JAKARTA, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan lalu lintas penerbangan tak terganggu erupsi Gunung Semeru.

Juru Bicara Kemenhub, Adita Irawati, mengatakan sejauh ini, aktivitas penerbangan masih berjalan seperti biasa, dan tidak ada gangguan pada lalu lintas penerbangan khususnya di wilayah Jawa Timur.

“Hingga saat ini penerbangan masih berjalan seperti biasa. Tidak ada dampak dari letusan Semeru,” kata Adita kepada MPI, Minggu (4/12/2022).

Seperti diketahui, aktivitas vulkanik Gunung Semeru, di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, mengalami peningkatan, sejak Minggu (4/12/2022) dini hari. Kondisi tersebut membuat status Gunung Semeru dinaikkan, dari siaga level III, menjadi awas level IV.

Hari ini telah terjadi beberapa kali letusan dari kawah Gunung Semeru. Letusan juga disusul dengan guguran awan panas, dan lava pijar. Guguran awan panas, meluncur ke kawasan Curah Kobokan, dengan jarak luncur mencapai 7 km.

Masyarakat diminta tidak melakukan aktivitas apapun di sektor tenggara, di sepanjang Besuk Kobokan, sejauh 13 km dari puncak.

Di luar jarak tersebut, masyarakat tidak melakukan aktivitas pada jarak 500 meter dari tepi sungai di sepanjang Besuk Kobokan, karena berpotensi terlanda perluasan awan panas dan aliran lahar hingga jarak 17 km dari puncak.

Mengantisipasi terjadinya lontaran batu pijar dari kawah, masyarakat juga dilarang keras melakukan aktivitas dalam radius 5 km dari kawah.

Editor : Jeanny Aipassa

error: Content is protected !!
Exit mobile version