Logika Bisnis Model BCG

Logika Bisnis Model BCG

Logika Bisnis Model BCG

harianfakta.com – Berdasarkan laman Investopedia, matriks BCG merupakan matriks yang dirancang oleh Boston Consulting Group pada tahun 1970-an.
Ini adalah matriks yang membantu dalam pengambilan keputusan dan investasi. Ini membagi pasar berdasarkan tingkat pertumbuhan relatif dan pangsa pasar dan menghasilkan 4 komponen kuadran yaitu cash cow, stars, question marks dan dogs.

Produk dapat ditempatkan di setiap kuadran dan strategi untuk produk tersebut diputuskan dengan tepat.
Analisis ini akan membantu Anda memutuskan elemen mana dari portofolio bisnis Anda yang benar-benar menguntungkan, mana yang tidak berguna, apa yang harus difokuskan, dan mana yang akan memberi Anda keunggulan kompetitif dibandingkan yang lain.

Untuk organisasi besar seperti Unilever, Nestle, dll yang memiliki banyak kategori dan banyak lini produk, analisis matriks BCG menjadi sangat penting.
Pada tingkat holistik, mereka harus membuat keputusan tentang produk mana yang akan dilanjutkan dan produk mana yang akan dihentikan. Produk mana yang dapat membawa manfaat baru dengan investasi yang menguntungkan dan produk mana yang akan mencapai puncak pangsa pasar.

Mari kita bahas karakteristik dan strategi setiap kuadran secara detail untuk BCG Matrix.

1. Cash Cows

Landasan bisnis multiproduk, Cash Cows adalah produk yang memiliki pangsa pasar tinggi di pasar yang tumbuh rendah. Karena pasar tidak tumbuh, sapi perah tersebut memperoleh keuntungan maksimum dengan menghasilkan pendapatan maksimum karena pangsa pasarnya yang tinggi untuk BCG Matrix.

Jadi untuk perusahaan mana pun, Cash Cows adalah yang membutuhkan investasi paling sedikit tetapi pada saat yang sama memberikan pengembalian yang lebih tinggi. Pengembalian yang lebih tinggi ini meningkatkan profitabilitas perusahaan secara keseluruhan karena kelebihan pendapatan ini dapat digunakan dalam bisnis lain seperti Stars, Question marks atau Dogs.

Strategi untuk Cash Cows

Cash Cows adalah yang paling stabil untuk bisnis apa pun dan karenanya strateginya umumnya mencakup retensi pangsa pasar. Karena pasar tidak berkembang, akuisisi berkurang dan retensi pelanggan tinggi. Dengan demikian, program kepuasan pelanggan, program loyalitas, dan metode promosi lainnya membentuk inti dari rencana pemasaran produk Cash Cows / SBU (strategic business unit).

2. Stars

Stars adalah produk dengan tingkat pertumbuhan pasar tinggi tetapi pangsa pasar rendah. Jadi, ada banyak persaingan di segmen ini.

Jika Anda melihat 4 perusahaan telekomunikasi teratas di Indonesia, pangsa pasarnya bagus, tetapi tingkat pertumbuhannya juga bagus. Jadi, karena kedua faktor ini tinggi, perusahaan telekomunikasi selalu dalam mode kompetitif dan mereka harus menginvestasikan uang dan mengeluarkan uang dari waktu ke waktu.

Tidak seperti cash cow, Stars tidak bisa berpuas diri saat mereka berada di atas karena mereka dapat segera diambil alih oleh perusahaan lain yang memanfaatkan tingkat pertumbuhan pasar. Namun, jika strateginya berhasil, Stars bisa menjadi Cash cow dalam jangka panjang.

Strategi untuk Stars

Semua jenis strategi pemasaran, promosi penjualan, dan periklanan digunakan untuk Stars. Hal ini karena dalam cash cow, strategi tersebut sudah digunakan dan menghasilkan pembentukan cash cow.

Demikian pula di Stars, karena persaingan yang tinggi dan pangsa pasar yang meningkat, konsentrasi dan investasi perlu tinggi dalam kegiatan pemasaran sehingga dapat meningkatkan dan mempertahankan pangsa pasar.

3. Question marks

Question marks adalah produk yang mungkin memiliki pangsa pasar yang tinggi dan pertumbuhan pasar yang tinggi, tetapi pasar produk tersebut dipertanyakan — apakah akan tumbuh lebih lanjut atau menurun.

Contoh tanda tanya adalah komputer desktop di tengah s emakin banyak smartphone dan laptop yang diproduksi. Desktop masih merupakan produk dengan pangsa pasar yang bagus dan kemungkinan berkembang. Namun,kita tidak tahu sampai kapan pertumbuhan itu akan berlanjut. Inovasi lain di masa mendatang dapat sepenuhnya mematikan komputer Desktop.

Sering kali, sebuah perusahaan mungkin menghasilkan produk inovatif yang segera mendapatkan tingkat pertumbuhan yang baik. Namun, pangsa pasar produk semacam itu tidak diketahui.

Produk mungkin kehilangan minat pelanggan dan mungkin tidak dapat dibeli lagi dalam hal ini tidak akan mendapatkan pangsa pasar, tingkat pertumbuhan akan turun dan pada akhirnya akan menjadi Dog.

Di sisi lain, produk tersebut dapat meningkatkan minat pelanggan dan semakin banyak orang mungkin membeli produk tersebut sehingga membuat produk tersebut menjadi produk dengan pangsa pasar yang tinggi. Dari sini produk dapat berkembang menjadi Cash cow karena memiliki persaingan yang lebih rendah dan pangsa pasar yang tinggi.

Ketidakpastian ini memberi kuadran nama “Question marks”. Masalah utama yang terkait dengan memiliki tanda tanya adalah jumlah investasi yang mungkin dibutuhkan dan apakah investasi tersebut akan memberikan pengembalian pada akhirnya atau apakah akan sia-sia.

Strategi untuk Question marks

Karena merupakan produk baru dengan tingkat pertumbuhan tinggi, tingkat pertumbuhan perlu dikapitalisasi sedemikian rupa sehingga tanda tanya berubah menjadi produk dengan pangsa pasar yang tinggi.

Strategi akuisisi pelanggan baru adalah strategi terbaik untuk mengubah Question marks menjadi Stars atau Cash Cow. Selanjutnya, riset pasar waktu ke waktu juga membantu dalam menentukan psikologi konsumen untuk produk serta kemungkinan masa depan produk dan keputusan sulit mungkin harus diambil jika produk mengalami profitabilitas negatif.

4. Dogs

Produk diklasifikasikan sebagai dogs jika memiliki pangsa pasar yang rendah dan tingkat pertumbuhan yang rendah. Jadi, produk-produk ini tidak menghasilkan uang tunai dalam jumlah besar atau membutuhkan investasi yang lebih tinggi.

Namun, produk tersebut dianggap sebagai produk profitabilitas negatif terutama karena uang yang sudah diinvestasikan dalam produk tersebut dapat digunakan di tempat lain.

Jadi di sini bisnis harus mengambil keputusan apakah mereka harus mendivestasikan produk ini atau mereka dapat memperbaikinya dan dengan demikian membuatnya dapat dijual kembali yang selanjutnya akan meningkatkan pangsa pasar produk tersebut.

Strategi untuk Dogs

Bergantung pada jumlah uang tunai yang telah diinvestasikan di kuadran ini, perusahaan dapat mendivestasikan produk sama sekali atau mengubah produk melalui rebranding / inovasi / penambahan fitur, dll.

Namun, menggerakkan Dogs menuju stars atau cash cow sangat sulit. Itu hanya dapat dipindahkan ke wilayah Question marks di mana lagi masa depan produk tidak diketahui. Jadi dalam kasus produk Dog, strategi divestasi digunakan.

Kelebihan dan Kekurangan BCG Matrix

Dirangkum dari laman Linkedin, Keuntungan dari BCG Matrix adalah sebagai berikut:

    Ini memberikan cara tingkat tinggi untuk melihat peluang untuk setiap produk dalam portofolio Anda.

    Ini memungkinkan Anda untuk berpikir tentang bagaimana mengalokasikan sumber daya Anda yang terbatas ke portofolio sehingga keuntungan dimaksimalkan dalam jangka panjang.

    Ini menunjukkan jika portofolio Anda seimbang. Misalnya, jika Anda memiliki terlalu sedikit produk dalam portofolio Anda, maka Anda bisa berada dalam posisi berbahaya karena menyimpan semua telur Anda dalam satu keranjang.

    Alat ini sangat mudah digunakan dan dimengerti.

Sedangkan kekurangan dari BCG Matrix menurut laman Shortpedia adalah sebagai berikut:

    Tingkat pertumbuhan pasar bukanlah ukuran akurat dari daya tarik pasar terhadap bisnis.

    Pangsa pasar sebenarnya tidak memprediksi berapa banyak uang yang dihasilkan suatu produk. Misalnya, Dog dapat memperoleh keuntungan, dan stars dapat memiliki pangsa pasar yang tinggi dan pertumbuhan yang tinggi tetapi beroperasi di industri dengan margin yang sangat rendah dan oleh karena itu tidak pernah menguntungkan secara khusus.

    Itu tidak memperhitungkan faktor eksternal, yang dikenal sebagai faktor lingkungan. Faktor-faktor tersebut mencakup hal-hal seperti munculnya teknologi baru atau potensi perubahan dalam undang-undang perpajakan. Untuk menganalisis faktor eksternal Anda dapat menggunakan Analisis PEST.

    Ini hanyalah gambaran dari situasi saat ini. Itu tidak terlihat untuk melihat apa yang kemungkinan akan terjadi pada pasar di masa depan. Matriks McKinsey adalah alat yang lebih baik untuk digunakan untuk menganalisis portofolio Anda jika Anda ingin memahami apa yang mungkin terjadi di masa depan.

Kesimpulan

Dengan demikian BCG Matrix atau matriks Boston adalah cara terbaik untuk analisis portofolio bisnis. Strategi yang direkomendasikan setelah analisis BCG Matrix membantu perusahaan memutuskan tindakan yang tepat dan membantu mereka menerapkan hal yang sama.

Informasi dalam matriks kemudian dapat digunakan untuk membuat campuran portofolio yang tepat (atau portofolio yang seimbang).

Hal lain yang perlu diperhatikan dalam mengelola portofolio baik itu produk atau keuangan adalah dengan melakukan pencatatan pada sistem yang benar. Anda bisa menggunakan software akuntansi berbasis cloud yang bisa Anda gunakan kapan saja dan dimana saja sehingga memudahkan Anda dalam pemantauan transaksi dan pengelolaan laporan finansial bisnis.

    Suprihadi SPd 4 Maret 2023 20:1510 menit lalu
    Paparan yang bermanfaat.

Paparan yang bermanfaat.

error: Content is protected !!
Exit mobile version