Luhut Bongkar Kisah di Balik Adanya Kopiko Saat Sambangi Elon Musk di AS

Luhut Bongkar Kisah di Balik Adanya Kopiko Saat Sambangi Elon Musk di AS

Luhut Bongkar Kisah di Balik Adanya Kopiko Saat Sambangi Elon Musk di AS

harianfakta.com – Permen buatan Indonesia, Kopiko, sempat jadi sorotan tahun lalu. Hal ini terjadi saat Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan membawa permen tersebut ketika bertemu dengan Bos Tesla Elon Musk di Amerika Serikat pada April 2022 yang lalu.

Kini Luhut buka-bukaan kisah di balik adanya Kopiko di pertemuannya dengan Elon Musk. Hal ini diungkapkan olehnya dalam bincang-bincang podcast bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Awalnya, Sandiaga menanyakan mengapa Luhut memberikan Kopiko saat bertemu dengan Elon Musk. Katanya, hal tersebut sampai viral dibicarakan di media sosial.

“Bapak sempat bikin viral di jagat maya ini waktu bapak kasih Kopiko ini ke Elon Musk, terpikirnya apa waktu saat itu pak,” tanya Sandiaga ke Luhut dalam Podcast Wonderful Indonesia di saluran resmi YouTube Kemenparekraf, dikutip Minggu (26/2/2023).

Luhut mengaku awalnya tak berniat membawa Kopiko dalam pertemuan dengan Elon Musk, namun ada orang yang mengatakan kepadanya permen tersebut sudah pernah dibawa ke ruang angkasa dan Elon Musk pasti suka.

Dari situ lah Luhut akhirnya mau membawa dan menawarkan Kopiko ke pertemuannya dengan Elon Musk. Menurutnya tak ada salahnya membawa Kopiko yang memang merupakan produk buatan dalam negeri.

“Saya nggak tahu siapa juga bilang ‘pak nanti kalau anu sama si Elon Musk tawarin Kopiko gitu.’ Baru di situ ngomongnya itu, saya pikir karena buatan Indonesia, ya udah,” cerita Luhut.

Haei pertemuannya dengan Elon Musk pun tiba, dalam pertemuan itu Luhut yang menawarkan langsung Kopiko ke Elon Musk. Bahkan, Luhut juga yang menyebutkan Kopiko sudah pernah dibawa ke luar angkasa ke Elon Musk.

“Elon look at this Kopiko, Indonesian made. Ini udah ke anu, ke apa, space, angkasa luar di stasiun internasional itu,” kata Luhut seraya menirukan pembicaraannya dengan Elon Musk kala itu.

Elon Musk pun mencoba Kopiko. Bos Tesla itu langsung suka dengan rasa Kopiko, kata Luhut. Nah dari situ lah permen itu langsung viral.

“Let me try, gitu katanya. Dia gigit-gigit saja, ‘oh its good, good’ katanya. Jadi viral itu langsung,” lanjut Luhut.

Terpikir Beli Saham KopikoLuhut juga mengatakan bukan cuma permennya saja yang viral, saham perusahaan yang memproduksi Kopiko juga langsung meroket setelah kejadian pertemuan dengan Elon Musk itu.

Terbawa suasana, Luhut sampai berkelakar seharusnya saat itu dia beli juga saham Mayora yang merupakan perusahaan yang memproduksi Kopiko agar kecipratan untung.

“Jadi naik sahamnya itu Kopiko. Kalau tau gitu, saya beli juga sahamnya itu,” candanya.

Dalam catatan, saham Mayora Indah yang berkode saham MYOR memang langsung meroket setelah pertemuan Luhut dengan Elon Musk. Apalagi setelah adanya foto Luhut dan Elon Musk berpose memegang Kopiko.

Tercatat kala itu saham MYOR terbang hingga 4,91% atau sekitar 80 poin sehari setelah pertemuan Luhut dan Elon Musk. MYOR kala itu harga sahamnya sampai menyentuh Rp 1.710 per lembar.

error: Content is protected !!
Exit mobile version