Mengabdi untuk Mengatur Lalu Lintas, Polisi Cepek Dapat Penghargaan dari Satlantas Polres Gresik

Mengabdi untuk Mengatur Lalu Lintas, Polisi Cepek Dapat Penghargaan dari Satlantas Polres Gresik

SURYA.CO.ID, GRESIK – Ketertiban dan keamanan lalu lintas di jalan raya menjadi tugas polisi lalu lintas, tetapi peran masyarakat yang secara spontan ikut membantu juga patut diapresiasi. Mereka adalah sukarelawan pengatur lalu lintas (supeltas) atau kadang disebut ‘polisi cepek’ meski sebenarnya tidak pernah meminta sumbangan dari pengendara.

Atas jasa-jasa para relawan itulah, Satlantas Polres Gresik memberi hadiah khusus saat gelaran jalan sehat dan pesta hadiah Hari Lalu Lintas Bhayangkara ke-67, Minggu (18/9/2022).

Satlantas memberikan hadiah kepada masyarakat pengatur lalu lintas di tempat rawan kecelakaan. Seperti di simpang empat Legundi, Driyorejo dan perlintasan rel kereta api di Duduksampean.

“Penghargaan itu kita berikan karena mereka telah mengabdikan diri sebagai pengatur lalu lintas selama puluhan tahun,” kata Kasatlantas Polres Gresik, AKP Agung Fitriansyah.

Sedangkan kegiatan jalan sehat dan pesta hadiah itu untuk menghibur dan memulihkan ekonomi masyarakat, Minggu (18/9/2022). Sebab banyak hadiah disiapkan dan diiringi pentas seni yang melibatkan para siswa untuk memberikan sosialisasi tertib berlalu lintas di jalan raya.

Peringatan Hari Lalu Lintas Bhayangkara ke-67 dihadiri Kapolres Gresik, AKBP Mochamad Nur Azis; Dandim 0817 Gresik, Letkol Inf Ahmad Saleh Rahanar dan Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani (Gus Yani).

Jalan sehat dimulai di Alun-alun Gresik dan Pendopo Kabupaten. Ratusan masyarakat memenuhi halaman Pendopo Kabupaten Gresik untuk mengikuti jalan sehat dan meraih banyak hadiah.

Agung mengatakan, dalam merayakan Hari Lalu Lintas Bhayangkara ke-67 dilakukan jalan sehat bersama masyarakat berkeliling Kota Gresik. Hal ini untuk mengajak masyarakat hidup sehat, tertib berlalu lintas dan memulihkan ekonomi.

Sedangkan berbagai hadiah yang disiapkan di antaranya, hadiah sepeda listrik, sepeda pancal, mesin cuci, kulkas dan televisi. “Masih banyak hadiah lain yang dibagikan cuma-cuma kepada masyarakat,” kata Agung.

Selama kegiatan juga dihadirkan mobil Samsat keliling yang melayani pembayaran pajak kendaraan warga Gresik. Selain itu, ada pentas baris berbaris dari SD Muhammadiyah GKB binaan Polres Gresik.

Salah satu warga Gresik yang mengukuti jalan sehat mengatakan, kegiatan ini sangat bagus untuk mengajak masyarakat hidup sehat dengan oleh raga berjalan serta mendapat hadiah.

“Masyarakat sehat, senang dan mendapat hadiah. Semoga polisi lebih dekat dengan rakyat,” kata Gilang, yang memperoleh hadiah undian jalan sehat. *****


Artikel ini bersumber dari surabaya.tribunnews.com.