Merasakan Keindahan Objek Pariwisata Indonesia Melalui Teknologi Metaverse

Merasakan Keindahan Objek Pariwisata Indonesia Melalui Teknologi Metaverse

Merasakan Keindahan Objek Pariwisata Indonesia Melalui Teknologi Metaverse

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI dan Magnus Digital Indonesia, konsultan ad-tech marketing bagian dari Volare Advertising Network, mengembangkan WonderVerse Indonesia. Ini merupakan teknologi Metaverse untuk mempromosikan pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia secara interaktif dan digital.

Teknologi Metaverse telah menjadi tren pada hampir semua lini di dunia. Banyak produsen berlomba-lomba memasarkan produknya secara virtual melalui teknologi ini, karena beradaptasi dengan dunia digital menjadi suatu keharusan demi bertransformasi ke era ekonomi yang baru. Momentum inilah yang dimanfaatkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI melalui kerjas amanya dengan Magnus Digital Indonesia, untuk mengembangkan WonderVerse Indonesia.

Sebagai kementerian yang bertugas memajukan potensi pariwisata serta ekonomi kreatif Indonesia, Kemenparekraf memiliki visi untuk menjadi yang terdepan dalam perlombaan ini. Salah satunya dengan menerapkan strategi 3G: Gercep (Gerak Cepat), Geber (Gerak Bersama), dan Gaspol (Garap Semua Potensi Lapangan Usaha) yang digagas oleh Menteri Pariwisata dan Kreatif Ekonomi Sandiaga Salahuddin Uno.

Magnus Digital Indonesia sendiri merupakan agensi iklan dan pemasaran berbasis teknologi yang telah bekerja sama dengan berbagai macam klien swasta maupun instansi pemerintahan. Perannya tidak lain adalah sebagai pengembang, pemasar, dan penanggung jawab platform baru ini.

Dengan adanya Metaverse, diharapkan Kemenparekraf dan Magnus Digital Indonesia, dapat menjadi yang pertama dalam mempromosikan keindahan dan keunikan Indonesia ke penjuru dunia.

Adapun tujuan dari projek ini, selain mempromosikan pariwisata Indonesia ke tingkat nasional dan mancanegara, juga untuk mendorong industri ekonomi kreatif, khususnya pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif agar bisa mempromosikan produknya secara digital di WonderVerse Indonesia.

“Kita sedang dalam suatu transisi dimana digitalisasi mendorong transformasi dan platform-platform baru yang dapat mengangkat promosi pariwisata dan juga bagaimana ekonomi kreatif ini bisa kita tingkatkan dengan perkembangan teknologi. Dunia Metaverse yang terbaru ini, merupakan sebuah terobosan yang baru mulai dirasakan dan terakselerasi justru karena pandemi dimana kita bisa berkegiatan secara interaktif,” ujar Menteri Sandiaga.

WonderVerse Indonesia memberikan kemudahan untuk diakses di mana saja melalui perangkat desktop, dengan pengembangan ke depannya menggunakan perangkat VR (virtual reality).

Hal ini semakin membuka peluang bagi industri pariwisata dan ekonomi kreatif untuk bisa menjangkau generasi muda kapan pun dan di mana pun mereka berada. Untuk bisa mendapatkan pengalaman terbaik dalam bermain, ada spesifikasi minimum yang harus dipenuhi untuk perangkat elektronik yang digunakan atau pun koneksi internet dengan kecepatan minimum 25 Mbps.

WonderVerse Indonesia terbagi menjadi 4 bagian atau disebut dengan ‘land’ yang merupakan representasi Indonesia sebagai negara kepulauan. Dalam “land” ini terdapat berbagai keanekaragaman yang bisa dinikmati, antara lain:

1.The Lobby – Di sini pengunjung bisa berinteraksi dengan hewan endemik, galeri karya digital dari seniman Indonesia, serta layar lebar yang disediakan untuk mengetahui keseruan apa saja yang akan datang.

2.WonderFun Land – Segala entertainment khas Indonesia, mulai dari games dengan tema  permainan tradisional, hiburan tradisional seperti pertunjukan wayang, tari-tarian, hingga live streaming concert, music dan film karya anak bangsa.

3.WonderGoods Land – Pengunjung bisa melihat dan berbelanja barang-barang khas Indonesia yang dipasarkan oleh para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif.

4.WonderReal Land – Pengunjung bisa melakukan eksplorasi berbagai destinasi wisata di Indonesia di dalam dunia Metaverse dan dapat membeli tiket penerbangan, hotel, dan akomodasi selama liburan untuk mengunjungi Indonesia sesuai destinasi yang diinginkan.

Untuk ke depan,  tidak menutup kemungkinan untuk menambah ‘land’  baru dengan tujuan agar kanal ini semakin menarik dan interaktif.

“Seiring berkembangnya dunia digital dan teknologi Indonesia, kami mempunyai harapan dengan adanya WonderVerse Indonesia yang dikembangkan oleh Magnus Digital Indonesia, dapat menjadi wadah bagi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk memperkenalkan keindahan budaya Indonesia di mata dunia dan menjadi sarana informasi bagi dunia tentang pariwisata Indonesia, serta memberikan manfaat yang besar untuk Indonesia dari sisi digital, travel, maupun ekonomi kreatif,” jelas Hendra Liman, Chief Executive Officer Magnus Digital Indonesia.

Dengan hadirnya WonderVerse Indonesia, dunia pariwisata dan ekonomi kreatif berharap bisa bangkit kembali, setelah terdampak oleh pandemi selama dua tahun. Selain itu, proyek ini dapat membuka peluang dalam menciptakan lapangan pekerjaan baru bagi para khususnya pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif untuk bisa mendapatkan ruang dalam mempromosikan produknya agar turut serta membangun perekonomian Indonesia.

Kerja sama antara Kemenparekraf dengan Magnus Digital Indonesia merupakan langkah awal untuk mendukung dan memajukan dunia pariwisata Indonesia serta para khususnya pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif sebagai salah satu pilar penting perekonomian Indonesia ke depan.

Swa.co.id


Artikel ini bersumber dari swa.co.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *