Miliarder AS Ray Dalio Ungkap Runtuhnya Silicon Valley Bank seperti ‘Burung Kenari di Tambang Batu Bara’, Apa Maksudnya?

Miliarder AS Ray Dalio Ungkap Runtuhnya Silicon Valley Bank seperti ‘Burung Kenari di Tambang Batu Bara’, Apa Maksudnya?

harianfakta.com – Veteran investasi miliarder Ray Dalio mengatakan kegagalan Silicon Valley Bank seperti momen “burung kenari di tambang batu bara” yang akan memicu dampak tajam di seluruh dunia keuangan.

Untuk diketahui, dahulu penambang batu bara biasa membawa burung kenari ke tambang batu bara bersama mereka. Kenari lebih sensitif terhadap gas berbahaya daripada manusia. Jika kenari mati, para penambang tahu ada gas berbahaya dan akan meninggalkan tambang.

Dalam buletinnya hari Selasa, pendiri Bridgewater Associates itu menyebut gejolak bank ini sebagai peristiwa yang sangat klasik di bagian ledakan gelembung yang sangat klasik dari siklus utang jangka pendek.

Sebagaimana diketahui, regulator menutup Silicon Valley Bank pada hari Jumat dengan Signature Bank ditutup dua hari kemudian.

Melansir Market Insider di Jakarta, Rabu (15/3/23) Dalio menjelaskan bahwa siklus itu berlangsung kira-kira tujuh tahun lamanya. Pada fase saat ini, inflasi dan pertumbuhan kredit yang dibatasi mengkatalisasi kontraksi utang, menurut Dalio, dan itu menyebabkan penularan sampai Federal Reserve kembali ke kebijakan uang mudah.

“Berdasarkan pemahaman saya tentang dinamika ini dan apa yang sekarang terjadi (yang berbaris), kegagalan bank ini adalah dinamika tanda awal ‘canary in the coal mine’ yang akan memiliki efek tidak langsung di dunia usaha dan jauh di luarnya,” tulis Dalio.

Dia mengatakan sejarah mengilustrasikan bahwa biasanya kasus bagi pemberi pinjaman dan bank muncul dari periode suku bunga rendah yang diperpanjang dan kredit yang mudah memegang aset leverage lama, dan kemudian aset tersebut kehilangan nilainya.

Mengingat bahwa Fed telah menaikkan suku bunga lebih dari 1.700% selama setahun terakhir, dan dapat terus melakukannya. Sehingga akan terjadi lebih banyak domino yang siap turun, menurut pandangan Dalio.

Berdasarkan tren sebelumnya, pendiri hedge fund mengatakan kemungkinan lebih banyak perusahaan akan dipaksa untuk menjual aset dengan harga rendah untuk kerugian besar, dan itu akan menyebabkan penurunan volume pinjaman lebih lanjut.

“Ke depan, kemungkinan tidak akan lama lagi masalah akan muncul, yang pada akhirnya akan membuat Fed dan regulator bank bertindak dengan cara protektif,” ungkap Dalio. “Jadi saya pikir kita sedang mendekati titik balik dari fase pengetatan yang kuat ke fase kontraksi siklus kredit/hutang jangka pendek.”

Menanggapi jatuhnya SVB, lembaga pemeringkat Moody’s pada hari Selasa menurunkan prospek sistem perbankan AS dengan memburuknya kondisi yang dihadapi sektor tersebut dengan cepat.

“Stimulus fiskal terkait pandemi bersama dengan lebih dari satu dekade suku bunga sangat rendah dan pelonggaran kuantitatif menghasilkan kelebihan penciptaan simpanan yang signifikan di sektor perbankan AS,” kata ahli strategi Moody’s.

“Hal ini telah menimbulkan tantangan manajemen aset-kewajiban, dengan beberapa bank telah menginvestasikan kelebihan simpanan dalam sekuritas pendapatan tetap jangka panjang yang telah kehilangan nilainya selama kenaikan suku bunga AS yang cepat.”

error: Content is protected !!
Exit mobile version