Pecut Inklusi Keuangan, OJK Kembali Gelar Kompetisi KOINKU

Pecut Inklusi Keuangan, OJK Kembali Gelar Kompetisi KOINKU

Jakarta: Otoritas Jasa Keuangan (OJK) kembali menyelenggarakan Kompetisi Inklusi Keuangan (KOINKU) yang kesembilan di 2022. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka mendapatkan model inklusi keuangan yang dapat diimplementasikan bagi masyarakat umum dan/atau sektor jasa keuangan.
 
Hal tersebut menjadi langkah OJK dalam mendorong inklusi keuangan Indonesia. Maklum berdasarkan hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) yang dilaksanakan OJK pada 2019, baru tercatat sebesar 76,19 persen yang telah menggunakan produk dan/atau layanan jasa keuangan formal di berbagai industri keuangan.
 
“Angka tersebut masih perlu didorong, untuk mencapai target sesuai arahan Presiden RI pada Rapat Terbatas Strategi Nasional Keuangan Inklusif, sebesar 90 persen pada 2024,” jelas OJK dikutip dari siaran pers, Senin, 29 Agustus 2022.





Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Di sisi lain, pemahaman masyarakat terhadap produk dan/atau layanan jasa keuangan formal sebesar 38,03 persen. “Sehingga masih diperlukan strategi untuk mendorong tingkat literasi dan inklusi keuangan di Indonesia,” tegas OJK.
 
Berdasarkan hal tersebut dan upaya untuk mewujudkan inklusi keuangan sebagai bagian dari kebijakan nasional dalam rangka mencapai pertumbuhan ekonomi yang lebih merata, OJK berinisiatif untuk kembali menyelenggarakan KOINKU.
 

 
Kompetisi yang telah diselenggarakan sejak 2014 ini menjadi salah satu strategi OJK, dalam meningkatkan pemahaman dan awareness masyarakat terhadap inklusi keuangan, dan dalam rangka mencari ide-ide kreatif serta inovatif terkait model inklusi keuangan.
 
“Hasil kompetisi ini diharapkan dapat diaplikasikan dan selanjutnya direplikasi, guna memperluas akses keuangan sehingga pada akhirnya dapat mewujudkan masyarakat yang sejahtera,” papar OJK.
 
Penyelenggaraan KOINKU tahun ini telah diumumkan sejak Juni 2022, dengan batas akhir pengumpulan proposal pada September 2022. Seleksi peserta KOINKU dimulai Oktober 2022 dan dilanjutkan dengan kegiatan coaching clinic bagi peserta, untuk dapat menyempurnakan proposal model inklusi keuangannya, sebelum kegiatan penjurian.
 
Adapun total hadiah KOINKU 2022 adalah sebesar Rp80 juta yang akan diberikan kepada lima pemenang.
 

(HUS)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *