Pelabuhan Merak Tak Layani Pemudik Motor, Dialihkan ke Pelabuhan Ini

Pelabuhan Merak Tak Layani Pemudik Motor, Dialihkan ke Pelabuhan Ini

harianfakta.com – JAKARTA, Direktur Utama PT ASDP Indonesia Fery (Persero) Ira Puspadewi mengatakan, masyarakat yang menggunakan sepeda motor sudah tidak bisa lagi melakukan penyeberangan di Pelabuhan Merak di masa angkutan Lebaran 2023. Bagi pemudik dengan motor bisa melakukan penyeberangan dari Pelabuhan Ciwandan.

“Jadi sepeda motor tidak lagi dilayani di pelabuhan Merak,” katanya, beberapa waktu lalu.

Dia menjelaskan, hal tersebut dilakukan guna mengantisipasi kepadatan di Pelabuhan Merak. Ira juga mengingatkan bahwa tiket kapal penyeberangan di 52 dermaga tidak diperjualbelikan di pelabuhan tapi bisa dipesan secara online, menggunakan aplikasi Ferizy yang tersedia di Playstore (android) dan Appstore (iOS).

Dia mengatakan bahwa tiket angkutan penyeberangan kapal sudah dapat dipesan sejak H-60 Lebaran. Dia juga menegaskan masyarakat yang akan melakukan penyeberangan harus memiliki tiket setidaknya 24 jam sebelum keberangkatan.

“Jadi hari ini sudah bisa reservasi tiket dan pengguna jasa tentunya harus memperhatikan bahwa agar supaya kelancaran penyebrangan ini. Tidak ada penjualan tiket di pelabuhan, jadi datang jangan berharap bahwa ada tiket nanti di pelabuhan,” ujarnya.

Sementara itu, untuk mengantisipasi kepadatan saat puncak arus mudik Lebaran 2023, ASDP menyiapkan buffer zone atau lokasi tunggu kendaraan sebelum para penumpang menaiki kapal. ASDP akan bekerja sama dengan Badan Pengelola Transportasi Darat (BPTD).

Pada saat puncak arus mudik lebaran BPTD akan mengatur pengoperasian kapal dengan menjadwalkan kapal-kapal yang memiliki daya angkut penumpang yang lebih besar ketika dalan kondisi lebih padat dari biasanya.

“Tentunya kami akan bekerja sama dengan BPTD untuk mengatur operasi dimana pada saat puncak (arus mudik Lebaran) maka BPTD akan mengoperasikan kapal-kapal yang kapasitasnya besar,” ujar Corporate Secretary ASDP Shelvy Arifin.

Nah, bagi yang ingin membeli tiket melalui Ferizy, berikut caranya:

1. Download aplikasi Ferizy di Smartphone atau melalu website ferizy.com
2. Pilih jadwal keberangkatan
3. Isi data diri dengan lengkap
4. Lakukan pembayaran
5. Elektronik Tiket akan dikirimkan ke email
6. Tunjukkan Elektronik Tiket pada petugas di pelabuhan dan akan ditukar dengan boarding pass.

Editor : Jujuk Ernawati

Follow Berita iNews di Google News

error: Content is protected !!
Exit mobile version