Penyedia Solusi Bahan Bangunan Terbesar di Regional, SIG Diperkuat 70.000 Toko Ritel Se Indonesia

Penyedia Solusi Bahan Bangunan Terbesar di Regional, SIG Diperkuat 70.000 Toko Ritel Se Indonesia

SURYA.CO.ID, GRESIK – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) terus berupaya meningkatkan kapabilitas untuk terus tumbuh di tengah kondisi pasar yang hiper kompetitif dan kondisi pandemi yang masih membayangi. Perseroan saat ini fokus mengembangkan inovasi untuk menjawab tantangan di bidang building material dan memberikan solusi kepada seluruh stakeholders.

Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko SIG, Andriano Hosny Panangian mengatakan, di tengah kondisi pasar yang ketat, Perseroan terus berupaya menciptakan peluang melalui pengembangan diversifikasi produk dan layanan. Hal ini dalam rangka memperkuat posisi sebagai penyedia solusi bahan bangunan yang berkelanjutan.

”SIG merupakan perusahaan solusi bahan bangunan terdepan di Indonesia. Selain menguasai pangsa pasar semen domestik terbesar, kini SIG memiliki variasi produk turunan semen yang memiliki rentang spesifikasi lengkap serta solusi layanan pendukung, untuk memenuhi persyaratan kondisi bangunan sesuai kebutuhan pelanggan di mana pun berada,” kata Andriano, melalui rilis Humas SIG, Jumat (16/9/2022).

Lebih lanjut Andriano menambahkan, saat ini SIG memiliki lima merek semen yaitu Semen Gresik, Semen Padang, Semen Tonasa, Dynamix serta Semen Andalas. Selain itu, SIG memiliki pabrik semen terintegrasi di delapan lokasi, pabrik pengemasan di 26 lokasi, enam pabrik penggilingan semen, dan tujuh pelabuhan.

”Sedangkan jalur distribusi diperkuat 306 distributor, baik di Indonesia maupun di Vietnam (TLCC), serta 70.000 toko ritel di Indonesia,” imbuhnya.

Andriano menambahkan, SIG menawarkan produk semen kantong multiguna hingga produk semen untuk aplikasi khusus yang lebih ekonomis. Serta berbagai tipe semen curah yang sesuai dengan karakteristik dari tiap jenis proyek, sehingga lebih tepat guna dan efisien.

”Pemasaran produk-produk SIG semakin kuat dengan kehadiran tiga platform digital yaitu SobatBangun, AksesToko serta SIG online store. Ini memudahkan pelanggan mendapatkan pelayanan dalam hal pembangunan,” urai Andriano.

SIG juga menghadirkan solusi beton yang telah dikembangkan, seperti SpeedCrete untuk perbaikan jalan yang memiliki kekuatan dini dan performa tinggi yang dapat kering dalam hitungan jam.

Kemudian, ada ThruCrete, produk beton berdaya serap tinggi untuk meminimalkan genangan air. SIG juga meluncurkan inovasi produk semen hidraulis tipe HE pertama di Indonesia yang telah lulus uji di Lembaga Sertifikasi Produk (LSPro) Balai Besar Bahan dan Barang Teknik (B4T) Kementerian Perindustrian.

”Produk-produk yang diproduksi SIG telah diakui sebagai produk ramah lingkungan, dengan diraihnya Sertifikasi Green Label dari Green Product Council Indonesia (GPCI). Memperoleh sertifikat Ekolabel Swadeklarasi dari KLHK dan menjadi yang pertama di Indonesia, serta penghargaan Industri Hijau level 5 dari Kementerian Perindustrian,” paparnya.

Andriano menegaskan, SIG menghadirkan solusi yang tidak hanya memenuhi harapan stakeholders. Tetapi juga menjadi pendorong dalam tumbuhnya industri building material yang memperhatikan keberlanjutan (sustainability).

“Perseroan melakukan langkah-langkah strategis untuk mempertahankan kinerja positif, yang berkontribusi pada pengendalian beban pokok pendapatan. Termasuk melalui pengamanan suplai batu bara dengan harga DMO, serta menurunkan beban usaha dan beban keuangan,” kata Andriano. *****


Artikel ini bersumber dari surabaya.tribunnews.com.

error: Content is protected !!
Exit mobile version