PLN siap pasok listrik berbasis EBT dukung ajang F1 Powerboat

PLN siap pasok listrik berbasis EBT dukung ajang F1 Powerboat

harianfakta.com – PT PLN (Persero) siap memasok listrik andal berbasis energi baru terbarukan (EBT) untuk mendukung ajang F1 Powerboat (F1H2O) di Balige, Kabupaten Toba, Sumatera Utara pada 24-26 Februari 2023.

Adapun PLN menyiapkan dua Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) menjadi pasokan utama kelistrikan sebagai wujud komitmen mendukung energi bersih.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo dikutip dari keterangan resmi di Jakarta, Selasa, menjelaskan selama ajang tersebut berlangsung, PLN akan mengoperasikan PLTMH Hutaraja kapasitas 2×2,5 megawatt (MW) dan PLTMH Aek Silang 2 dengan kapasitas 2×5 MW.

“Dua pembangkit baru ini sekaligus menambah bauran EBT di Sumatera Utara yang mencapai 43,47 persen,” kata Darmawan.

Selain dipasok energi bersih, untuk bisa menerapkan skema zero down time(ZDT) dalam ajang F1 Powerboat, PLN memperkuat dengan jaringan “back up” 20 kilo Volt (kV). PLN akan memodifikasi jaringan sehingga akan mempermudah pengaturan distribusi listrik dan menjaga kualitas tegangan yang akan dikirim ke Balige.

“PLN telah siapkan pasokan kelistrikan dari pembangkit listrik EBT untuk perhelatan ini. Hal ini membuktikan bahwa PLN siap mendukung pertandingan nasional dan internasional dengan pasokan listrik yang andal dan ramah lingkungan,” ujarnya.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Sumatera Utara Tonny Bellamy menjelaskan pembangunan jaringan utama dan jaringan pendukung telah selesai dilakukan.

“Dalam waktu dekat PLN akan melakukan simulasi pengamanan kelistrikan sebelum pelaksanaan ajang internasional. Harapannya, pengamanan tersebut dapat berjalan dengan baik sehingga apabila terjadi gangguan yang tidak diinginkan dapat diatasi dengan cepat,” kata Tonny.

Tahun 2023 merupakan tahun pertama pelaksanaan F1 Powerboat dengan tujuan mempromosikan pariwisata Indonesia ke Internasional. Pelaksanaan F1 Powerboat itu juga akan diikuti oleh para pelaku usaha mikro kecil (UMK).

Tercatat 26 pelaku UMK berpartisipasi untuk menjajakan produk buatan dalam negeri di lokasi acara. Berbagai produk lokal akan meramaikan perhelatan internasional tersebut.

“Perhelatan ini diperkirakan akan menarik wisatawan lokal maupun internasional. Untuk itu, PLN mendukung dan memastikan pasokan kelistrikan selama acara tersebut berjalan dengan baik dan memberikan pengalaman tidak terlupakan buat 25 ribu wisatawan yang akan datang,” ujar Tonny.

Sebelumnya, Staf Khusus III Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Arya Sinulingga mengatakan ajang F1 Powerboat merupakan bagian dari komitmen pemerintah terkait dengan program pengembangan lima destinasi pariwisata superprioritas (DPSP), salah satunya di Danau Toba.

“Danau Toba ini kan Bali baru juga, kira-kira kegiatan apa dan ternyata Luhut Binsar Pandjaitan/Menko Marves)punya ide besar mencari sesuai Danau Toba, ternyata F1 Powerboat ini juga keren banget dan beliau memintaMenteri BUMN untuk masuk menangani kegiatan besar ini dan yang mendapat peran besar di sana adalah InJourney untuk melakukannya,” ucap Arya di Gedung Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (8/2).

error: Content is protected !!
Exit mobile version