Proyek KCJB Dihentikan Sementara, Kapan Dilanjutkan Lagi? Ini Kata Luhut

Proyek KCJB Dihentikan Sementara, Kapan Dilanjutkan Lagi? Ini Kata Luhut

harianfakta.com – JAKARTA, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menghentikan sementara proyek pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) pascakecelakaan kereta teknis pada Minggu (18/12/2022). Itu lantaran Kemenhub dan Komite Nasional Kecelakaan Transportasi (KNKT) melakukan investigasi atas insiden tersebut.

Mengenai pemberhentian sementara pengerjaan proyek KCJB, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan, tidak akan berpengaruh terhadap target pengoperasian megaproyek itu pada Juni 2023 mendatang.

“Lagi diinvestigasi sebentar, itu paling berapa hari dan enggak ada pengaruhnya,” kata dia usai memberikan sambutan dalam acara Peluncuran Aksi Pencegahan Korupsi Tahun 2023-2024 di Jakarta, Selasa (20/12/2022).

Dia menjelaskan, pembangunan proyek KCJB akan dilanjutkan setalah proses investigasi selesai dilakukan Kemenhub dan KNKT.

“Minggu ini paling berlanjut (proyek pembangunan KCJB),” ucapnya.

Sementara itu, Luhut mengungkapkan bahwa kecelakaan tersebut disebabkan human error (kesalahan manusia) dari pekerja di lapangan.

“(Penyebab) human error, itu hanya kecelakaan teknis, jadi mereka mengambil dan mengantar barang dan itu sudah sore hari. Saya pikir dari laporan sementara, karena ada penurunan di lokasi, kecepatannyanya berkurang dan ada masalah mungkin dalam remnya,” tutur Luhut.

Editor : Jujuk Ernawati

error: Content is protected !!
Exit mobile version