Pupuk Kaltim rekrut 41 anak dari Papua Barat

Pupuk Kaltim rekrut 41 anak dari Papua Barat

harianfakta.com – Dinas Pendidikan Provinsi Papua Barat mengatakan sebanyak 41 anak dari Papua Barat telah direkrut BUMN PT Pupuk Kalimantan Timur atau Pupuk Kaltim.

Kepala Bidang SMK Dinas Pendidikan Papua Barat Arius Mofu di Manokwari, Sabtu, mengatakan puluhan anak yang direkrut itu telah menyelesaikan pendidikan vokasi Diploma I Bidang Kelistrikan dan Pengelasan pada Pupuk Kaltim.

“Ada 50 anak yang lolos pendidikan, setelah tamat ada 41 anak langsung direkrut,” ujar Mofu.

Ia menjelaskan bahwa Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Barat telah bekerja sama dengan Pupuk Kaltim dalam menyiapkan tenaga kerja asli Papua yang berkualitas dan andal.

Puluhan anak yang mengikuti pendidikan Diploma I di Pupuk Kaltim merupakan tamatan dari sejumlah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Papua Barat.

“Anak-anak ini tamatan SMK, yang mana mereka sudah mendapatkan pendidikan vokasi,” tuturnya.

Ia menuturkan Pupuk Kaltim resmi ditunjuk pemerintah pusat untuk merealisasikan proyek pembangunan kawasan industri pupuk di Kabupaten Fakfak, Papua Barat.

Oleh sebab itu pemerintah daerah (pemda) harus menyiapkan tenaga kerja lokal berkualitas melalui pendidikan vokasi agar dapat diakomodasi pada sektor industri.

“Teluk Bintuni sudah jadi Kawasan Industri Terpadu, kalau mau bersaing ya harus siapkan SDM yang punya skill(ketrampilan),” ujarnya.

Menurut dia, daya saing tenaga kerja lokal akan meningkat apabila pemda memperbanyak pendidikan vokasi tingkat SMK 70 persen dan kognitif 30 persen.

Selain menambah jumlah SMK, lanjutnya, pemerintah juga perlu menyiapkan sarana prasarana demi mendukung pelaksanaan pendidikan vokasi

“Kalau mau Papua maju perbanyak SMK, tentu pemerintah jor-joran siapkan sarana prasarana,” tuturnya.

error: Content is protected !!
Exit mobile version