RI Tawarkan Pesawat N212i dari PTDI ke Menhan Jamaika

RI Tawarkan Pesawat N212i dari PTDI ke Menhan Jamaika

harianfakta.com – JAKARTA, Investor.id – Dubes RI untuk Jamaika Nana Yuliana bertemu dengan Menteri Keamanan Nasional Jamaika Hon. DR. Horace Chang di tengah-tengah acara Diplomatic Week 2023 di Kingston, Jamaika yang diadakan dari tanggal 27 Februari sampai 4 Maret 2023. Dubes Nana menawarkan produk strategis PT Dirgantara Indonesia pesawat N212i, pesawat yang dapat mengangkut penumpang sebanyak 28 orang dan dapat dimanfaatkan untuk mengangkut kargo, evakuasi pasien maupun surveillance maritim.

“Pesawat N212i ini cocok sekali dengan kondisi geografis Jamaika yang dikelilingi perairan” ujar Nana kepada Menhan Chang. Pesawat tipe ini akan membantu memperkuat armada Angkatan udara Jamaika untuk patroli maritim yang secara geografis Jamaika merupakan wilayah kelompok pulau-pulau besar di lautan Karibia dengan panjang pantai 1.022 Km.

“Jenis pesawat N212i telah terjual sebanyak 120 unit terutama untuk Kawasan Asia”, lanjut Nana. Untuk Kawasan Amerika Latin sejauh ini belum ada negara yang membeli. Pasar untuk jenis ini masih terbuka luas karena wilayah Amerika Latin dan Karibia lebih banyak terdiri dari negara kepulauan.

Selain itu, Dubes Nana juga menyampaikan pentingnya kerja sama Kepolisian kedua negara, yang saat ini tengah merampungkan draft MOU Kepolisian. Geostrategis Jamaika telah dimanfaatkan oleh organisasi kejahatan internasional sebagai trans-shipment kargo illegal, termasuk narkoba dari Amerika Selatan utamanya.

Indonesia dan Jamaika telah menjalin hubungan diplomatik sejak tahun 1981. Hubungan yang erat antara keduanya ditandai dengan berbagai kerja sama di bidang politik melalui Konsultasi Bilateral yang telah dilaksanakan sebanyak 2 kali dan saling dukung dalam forum internasional PBB. Jamaika juga tertarik untuk mempelajari batik dari Indonesia dan berharap Indonesia dapat mengirim pelatih bulu tangkis untuk memperkuat tim mereka. Indonesia telah mengirim pelatih atletik tahun 2022 untuk memperkuat tim atletik Indonesia terutama untuk lari sprinter.

Menhan Chang sampaikan ia akan berkunjung ke Indonesia tahun ini untuk memperkuat Kerjasama di bidang pertahanan. Selain masalah penyeludupan obat yang menjadi tantangan Jamaika, negara yang berpenduduk sekitar 3 juta ini juga banyak menghadapi persoalan kekerasan dan pembunuhan.

Acara diplomatic week diadakan setiap tahun oleh Kemlu Jamaika pada bulan Pebruari sebagai upaya outreach mereka ke kalangan diplomatik. Acara tersebut diisi dengan berbagai paparan dari berbagai kementerian dan dibuka oleh PM Jamaika Andre Holness, demikian siaran pers yang diterima Sabtu (4/3/2023).

error: Content is protected !!
Exit mobile version