Rincian Tarif Tol Desari Ruas Antasari-Brigif-Sawangan

Rincian Tarif Tol Desari Ruas Antasari-Brigif-Sawangan

Rincian Tarif Tol Desari Ruas Antasari-Brigif-Sawangan

harianfakta.com – Ruas Tol Depok-Antasari Seksi Antasari-Brigif-Sawangan resmi beralih menggunakan sistem terbuka. Kondisi ini membuat adanya pembaruan tarif tol bagi para pengendara yang melalui jalan tersebut.

Perubahan sistem ini resmi dilakukan per Sabtu (18/3/2023), berdasarkan pada Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor: 326/KPTS/M/2023 tanggal 3 Maret 2023.

Sebelumnya, ruas tol ini menerapkan sistem tertutup atau tarif sesuai jarak tempuh pada Seksi Brigif-Krukut-Sawangan. Sementara Seksi Antasari-Brigif menggunakan sistem terbuka alias satu tarif tol. Dengan pembaruan ini, sistem terbuka diperlebar hingga keseluruhan Seksi Antasari-Brigif-Krukut-Sawangan.

Dengan adanya perubahan sistem pengumpulan tol menjadi sistem terbuka, maka pengguna jalan hanya akan melakukan tapping alias transaksi sebanyak satu kali. Transaksi dilakukan di gerbang keluar untuk tujuan Jakarta menuju Depok atau di gerbang masuk untuk tujuan Depok menuju Jakarta.

Direktur PT Citra Waspphutowa Dionisius Widijanto mengatakan, dengan sistem pengoperasian terbuka pada ruas Jalan Tol Desari Seksi Antasari-Brigif-Sawangan ini, perseroan berupaya untuk meningkatkan pelayanan di bidang layanan transaksi, pemeliharaan dan mutu konstruksi.

“Di bidang layanan transaksi berupa pembayaran tol cukup satu kali yang diharapkan dapat mereduksi panjang antrian sebelum gerbang tol,” kata Dion dalam keterangan tertulis, dikutip Sabtu (18/3/2023).

Lebih lanjut ia menyampaikan, pada bidang pemeliharaan dan mutu konstruksi telah diselesaikan pembangunan infrastruktur empat GT baru beserta perangkat transaksinya, kualitas, dan estetika jalan tol yang meliputi pengecatan guardrail (pagar pengaman jalan tol) dan Median Concrete Barrier.

“Kami menghimbau kepada pengguna jalan untuk selalu mematuhi rambu-rambu dan arahan petugas, serta memastikan kendaraan dalam keadaan prima dan kecukupan saldo kartu E-toll/pembayaran elektronik,” pungkasnya.

Besaran Tarifnya Setelah Pembaruan

1. Arah Depok menuju Jakarta

Tarif tol akan dikenakan sama rata pada GT Sawangan 4, GT Rawajati Krukut 4 (Desari), GT Brigif 4, dan GT Andara 4. Tarif tersebut antara lain:- Golongan I: Rp 13.500- Golongan II dan III: Rp 20.000- Golongan IV dan V: Rp 27.000.

Tarif tol yang akan dikenakan pada GT Krukut 5 (terintegrasi dengan Jalan Tol Cinere-Jagorawi) yaitu:- Golongan I: Rp 22.500- Golongan II dan III: Rp 33.500- Golongan IV dan V: Rp 44.500

2. Arah Jakarta menuju Depok

Tarif tol akan dikenakan sama rata pada GT Sawangan 1, GT Krukut 1, GT Brigif 1 dan GT Andara 1. Tarif tersebut antara lain:- Golongan I: Rp 13.500- Golongan II dan III: Rp 20.000- Golongan IV dan V: Rp 27.000

Tarif tol yang akan dikenakan pada GT Krukut 3 (terintegrasi dengan Jalan Tol Cinere- Jagorawi) yaitu:- Golongan I: Rp 22.500- Golongan II dan III: Rp 33.500- Golongan IV dan V: Rp 44.500

error: Content is protected !!
Exit mobile version