Sebanyak 37.761 KPM di Jakarta Selatan Terima BLT BBM

Sebanyak 37.761 KPM di Jakarta Selatan Terima BLT BBM

Jakarta: Pemerintah terus mempercepat penyaluran Bantuan Langsung Tunai Bahan Bakar Minyak (BLT BBM). Di Jakarta Selatan, hingga saat ini penyaluran BLT BBM sudah diberikan kepada sebanyak 37.761 keluarga penerima manfaat (KPM).
 
“BLT BBM dari Kemensos ini disalurkan melalui kantor Pos Indonesia dan kita ikut membantu di lapangan,” kata Kepala Suku Dinas Sosial Kota Administrasi Jakarta Selatan, Bernard Tambunan saat dihubungi, Jakarta, Sabtu, 17 September 2022.
 
Menurut data Dinas Sosial DKI Jakarta, pada wilayah Jakarta Selatan sejumlah 64 kelurahan telah menerima BLT BBM per 14 September 2022. Adapun Jumlah BLT BBM yang telah direalisasi sebanyak 37.761 KPM, sedangkan 4.763 masih dalam tahap proses berikutnya. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt.) Lurah Kalibata, Isno menambahkan ribuan warganya telah menerima BLT berupa uang tunai senilai Rp500 ribu. Penyaluran BLT BBM ini disalurkan melalui PT Pos Indonesia (Persero).
 
“Ada 1.179 orang yang menerima BLT berupa uang tunai Rp500 ribu yang diberikan oleh petugas PT. Pos,” kata Isno.
 
Isno menyebutkan syarat untuk pengambilan bantuan tersebut warga diharuskan membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP). Sedangkan mereka yang berhalangan hadir, bisa diwakilkan dengan membawa KTP dan Kartu Keluarga (KK).
 

 
Sementara untuk para lanjut usia (lansia) dan ibu yang membawa anak balita menjadi prioritas utama dalam pembagian BLT. Pihaknya juga mengupayakan mengatur mekanisme pembagian BLT agar warga tidak mengantre lama sehingga bisa menghemat waktu.
 
“Kami siapkan tenaga pembantu, kolaborasi dengan RW dan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) seperti tenda, sistem suara, kursi, dan air minum seperti teh hangat,” tambahnya.
 
Penyaluran BLT ini dilakukan oleh petugas PT Pos yang datang ke kelurahan dan warga lainnya yang berhalangan mengambil bisa datang ke Kantor Pos Fatmawati. Isno bersyukur respon para warga penerima manfaat begitu baik sehingga kegiatan pada hari itu lancar terlaksana.
 
“BLT membantu meringankan beban hidup warga terutama bagi para lansia,” katanya.
 

(END)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.