Siap-siap, UMKM Bakal Jadi Motor Pertumbuhan Ekonomi Baru

Siap-siap, UMKM Bakal Jadi Motor Pertumbuhan Ekonomi Baru

Jakarta: Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus mendorong pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan menjadikan UMKM sebagai sumber pertumbuhan ekonomi baru di daerah yang diharapkan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menunjang pemulihan ekonomi nasional.
 
Hal tersebut disampaikan oleh Anggota Dewan Komisioner (ADK) OJK Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen (EPK) Friderica Widyasari Dewi dalam sambutannya pada penutupan acara Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) Sumatra Barat di Pantai Puruih, Padang, Jumat, 16 September 2022.
 

“OJK terus bersinergi dengan seluruh pemangku kepentingan melakukan berbagai program pengembangan UMKM seperti memberikan akses pembiayaan, pelatihan, dan pendampingan bagi para pelaku UMKM seperti yang dilakukan di acara Gernas BBI ini,” kata Friderica, dikutip dari Antara, Jumat, 16 September 2022.
 
Friderica menilai pelaku UMKM Sumatera Barat yang telah mengikuti rangkaian pelatihan dan pendampingan melalui program Gernas BBI dapat menjadi mitra Pemerintah Provinsi dan Kota dalam merealisasikan aksi afirmasi belanja produk dalam negeri sehingga dapat menjadi sumber ekonomi baru.





Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu, OJK juga akan terus meningkatkan literasi dan inklusi keuangan kepada masyarakat dan pelaku UMKM sehingga bisa meningkatkan pemahamannya dalam memanfaatkan produk dan jasa keuangan.
 
Pada kesempatan yang sama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menyampaikan dibutuhkan sinergi dan kolaborasi yang kuat dari berbagai pihak untuk terus semakin memberdayakan UMKM seperti kegiatan Gernas BBI yang dilaksanakan di beberapa daerah di Indonesia termasuk di Sumbar.
 
“Kita menargetkan 1,7 persen tambahan pertumbuhan ekonomi dan dua juta lapangan kerja baru dari Gernas BBI. Melalui kegiatan ini kita juga mendorong agar produk UMKM dapat menjadi tuan rumah di negara sendiri,” kata Sandiaga.
 
Pelaksanaan Gernas BBI di Sumbar selama periode kampanye sejak April hingga Juni 2022 mencatat berbagai pencapaian, diantaranya diikuti oleh 332 UMKM Binaan, dan 45 UMKM yang telah diseleksi untuk mengikuti showcase, pelatihan, pendampingan dan penjualan melalui e-commerce hingga akhirnya terpilih lima UMKM champions. Realisasi transaksi penjualan barang UMKM baik melalui penjualan offline dan online sebesar Rp15,72 miliar.
 
Selain itu, OJK dan para mitra strategis berhasil mendorong 660 UMKM Sumbar untuk dapat onboarding melalui platform e-commerce. Serta memfasilitasi sertifikasi halal kepada 100 UMKM yang berasal dari Sumbar, pembentukan UMKM Halal Center Bukittinggi bekerja sama dengan Global Halal Hub, BSI, dan Dekranasda Bukittinggi yang nantinya dapat direplikasi di kota lainnya.
 

(SAW)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.

error: Content is protected !!
Exit mobile version