Solusi Jitu Biar Tak Mudah Kena Jebakan Skimming Kartu ATM, Apa Saja Itu?

Merdeka.com – Belakangan ini skimming kartu ATM kian marak terjadi. Tindakan kejahatan ini terjadi dengan mencuri informasi kartu baik debit maupun kredit dengan menyalin informasi yang terdapat pada strip magnetik kartu.

Buat yang belum tahu, strip magnetik kartu ini berbentuk garis lebar hitam dan terletak di bagian belakang kartu. Di dalamnya tersimpan beragam informasi penting tentang kartu tersebut.

Akibat yang sering terjadi dari skimming kartu ATM ini adalah munculnya transaksi mencurigakan, hingga saldo bisa tiba-tiba berkurang tanpa adanya transaksi. Lantas, bagaimana solusi yang tepat biar terhindar dari cemas akibat skimming kartu ATM yang marak terjadi ini?

Periksa dan Perhatikan Lokasi Mesin ATM

dana baru

┬ęShutterstock.com

Skimming biasanya dilakukan menggunakan alat khusus yang disebut sebagai skimmer. Alat tersebut ditempelkan pada slot kartu di mesin ATM. Periksa dan perhatikan betul sebelum memasukkan kartu ke mesin ATM. Sebab, sekilas bentuk skimmer ini terlihat sama dengan bentuk mulut slot kartu ATM.

Apabila terdapat skimmer di mesin tersebut, maka data informasi yang tersimpan pada kartu akan terekam. Perlu juga diwaspadai, karena pelaku biasanya juga meletakkan kamera tersembunyi, agar bisa merekam nasabah saat memasukkan PIN di mesin ATM.

Dari situ pelaku akan langsung menduplikat kartu ATM dan menggunakan data yang telah didapatkan dari skimmer ke kartu lain yang kosong. Pelaku bisa menggunakan kartu duplikat ini untuk bertransaksi sungguhan di mesin ATM dengan bermodalkan kode PIN yang didapatkan lewat kamera tersembunyi tadi.

Rangkaian proses itulah yang kemudian menyebabkan saldo sang korban skimming jadi terkuras tanpa sadar. Oleh karena itu, biasakan untuk tidak terburu-buru bertransaksi di mesin ATM. Sekali lagi periksa terlebih dulu, sebelum memasukkan kartu.

Demi Keamanan Ganti PIN Secara Berkala

dana baru

┬ęShutterstock.com

Meski tampak sepele, tetapi beberapa orang kadang masih tak membiasakan diri untuk menutupi tangan saat memasukkan PIN. Padahal, hal tersebut rawan terekam kamera tersembunyi yang bisa dimanfaatkan pelaku untuk melakukan skimming. Makanya, pastikan untuk selalu menutupi tangan saat memasukkan PIN baik itu di mesin ATM maupun ketika menggunakan mesin EDC di berbagai tempat.

Supaya semakin aman lagi dari skimming, jangan lupa juga untuk mengganti PIN secara berkala. Gunakan kombinasi angka yang susah ditebak oleh pelaku, tetapi tetap mudah diingat sendiri. Dengan begitu, risiko skimming kartu ATM bisa diminimalkan atau bahkan dihindari.

Budayakan Transaksi Cardless

dana baru

┬ęShutterstock.com

Biar lebih aman dari skimming kartu ATM, budayakanlah melakukan transaksi cardless. Fasilitas ini memberikan kemudahan bagi nasabah untuk mengambil uang maupun melakukan transaksi lainnya di mesin ATM, tanpa harus memasukkan kartu ATM terlebih dulu.

Di samping itu, transaksi cardless ini juga bisa dilakukan menggunakan aplikasi dompet digital yang aman seperti DANA. Dengan menggunakan DANA, transaksi bisa menjadi lebih aman karena akan dilindungi oleh DANA Protection yang memiliki sistem keamanan yang canggih dan dinamis.

dana baru

Selain itu, DANA juga memberikan Garansi 100% Uang Kembali, sesuai dengan syarat & ketentuan yang berlaku, saat pengguna bertransaksi. Dengan adanya Garansi 100% Uang Kembali ini, pengguna tidak perlu lagi takut uangnya hilang kalau terjadi kendala atau masalah saat mereka bertransaksi di DANA. Hasilnya, transaksi pun bisa dilakukan di mana saja dengan aman, nyaman dan tentunya Bebas Cemas & #BebasDrama.

Yuk, download aplikasi DANA sekarang juga!

[tmi]


Artikel ini bersumber dari www.merdeka.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *