SP PLN Kawal Capaian Rasio Elektrifikasi 100% pada 2024

SP PLN Kawal Capaian Rasio Elektrifikasi 100% pada 2024

harianfakta.com – JAKARTA – Serikat Pekerja PT PLN (Persero) akan mengawal seluruh program kerja manajemen PLN, salah satunya adalah mencapai rasio elektrifikassi 100% pada 2024.

“Insya Allah dengan direksi PLN kita dapat menyatukan Nusantara melalui listrik,” kata Muhammad Abrar Ali, Ketua Umum SP PLN dalam sambutannya pada acara Musyawarah Nasional (Munas) Serikat Pekerja PT PLN (Persero) pada Rabu (15/3) di Jakarta.

Menurut Abrar, banyak tantangan yang dihadapi PLN saat ini dan ke depannya. Apalagi di tengah over supply listrik, ia berharap kontrak IPP bisa dinegosiasikan ulang agar persoalan over supply ini bisa diselesaikan dulu.

“Jangan ditambah dulu agar tidak menjadi beban PLN dan beban negara dalam hal subsidi dan kompensasinya,” tandasnya.

Di sisi lain, PLN juga menghadapi berbagai ancaman. Diantaranya, keinginan sejumlah pihak yang akan membuka jaringan bagi siapa pun (Power Wheeling) seperti jalan tol. “Padahal bila frekuensi dan tegangannya tidak akan bisa masuk, maka yang ada malah akan menimbulkan kerusakan,” papar Muhammad Abrar Ali yang pernah bertugas sebagai operator sehingga bisa merasakan bagaimana rumit dan susahnya mengatur jaringan.

Tantangan lainnya adalah bagaimana PLN dapat menurunkan emisi gas buang. Jamak diketahui, bahwa Indonesia adalah lumbung energi namun kewalahan mengaturnya. Karena itu, SP PLN akan membantu Presiden Joko Widodo mengawal persoalan ini.

Tantangan lainnya, Abrar adalah memaksimalkan penggunaan gas bumi, sebagai energi ramah lingkungan, untuk mengurangi penggunaan energi batu bara.

Sementara kehadiran Direktur Utama (Dirut) PT PLN (Persero) disambut antusias oleh ribuan peserta Musyawarah Nasional Serikat Pekerja PT PLN. Mengaku sebagai bagian dan integral SP PLN, Darmawan mengapresiasi terselenggaranya Munas tersebut dn mengaku pihaknya bersama SP PLN sama-sama ingin melistriki seluruh wilayah Indonesia. Oleh sebab itu, pihaknya mempelajari desa-desa dan pulau-pulau mana yang belum ada aliran listriknya.

“Saya turun sendiri, saya coaching sendiri bagaimana menggunakan teknologi digital, menyambung transmisinya, menyambung underwater cablenya, hingga pembangkit apa yang harus dibangun. Dan Alhamdulillah, dalam pertemuan dengan para General Manager PLN di seluruh Indonesia, telah fasih menyampaikan kondisi kelistrikan daerah-daerah terpencil di Indonesia sehingga pada tahun 2024 ratio elektrifikasi bisa mencapai seratus persen,” tutur Darmawan.

Menurutnya, kalau melihat pertempuran besar di dunia ini selalu dimenangkan oleh mereka yang tidak memiliki teknologi paling canggih tetapi dimenangkan oleh kekuatan batiniah yang tidak takut apa pun tantangannya. “PLN tidak pernah menyerah dalam kondisi sesulit apa pun. Dan itulah kekuatan yang dimiliki oleh PLN,” kata Darnawan.

error: Content is protected !!
Exit mobile version