Sukses Wakili Indonesia di Latma Rimpac 2022, Satgas Pasukan Marinir Disambut Langsung Dankormar

Sukses Wakili Indonesia di Latma Rimpac 2022, Satgas Pasukan Marinir Disambut Langsung Dankormar

SURYA.co.id – Setelah sukses mewakili Indonesia dalam Latihan Bersama (Latma) Rim Of The Pacific atau Rimpac 2022, para pasukan marinir disambut langsung oleh Dankormar.

Dilansir Surya Militer dari instagram @marinir_tni_al,  Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto menerima dan menyambut kedatangan Satgas Latihan Bersama Multilateral Rim Of The Pacific (Latma Multilateral Rimpac) TA. 2022 di Taman Wanarata Mako Kormar, Jalan Prajurit KKO Usman dan Harun No 40, Kwitang, Jakarta Pusat, Rabu (10/08/2022).

Dankormar tampak menyalami beberapa prajurit yang baru saja mewakili Indonesia di Latma Rimpac 2022.

Ia juga memberikan pengarahan terhadap para prajurit marinir.

Diketahui, Satgas Latma Multilateral Rimpac TA 2022, mengirimkan 35 personel prajurit di bawah pimpinan Komandan Satgas (Dansatgas) Mayor Marinir Achmad Toripin yang sehari-hari manjabat Pabandyatik Sops Pasmar 3 Sorong, untuk mengikuti latihan selama 37 hari di Hawaii, Amerika Serikat, sejak Juni 2022 yang diikuti 26 Negara, 38 kapal Perang, 4 kapal selam, 170 Pesawat tempur, dan 25.000 Personel dari berbagai negara.

Sebelumnya, Satuan Tugas Latihan Bersama Multilateral Rim of The Pacific (Satgas Latma Rimpac) 2022 Marinir TNI Angkatan Laut Melaksanakan Puncak Latihan Yaitu Free Play di Marine Corps Base Hawaii, Amerika Serikat (AS). Senin (01/08/2022).

Terhitung sejak 20 juli 2022 hingga 31 juli melaksanakan R2P2 (Rapid Response Planning Process) dengan menggunakan kapal USS ESSEX prajurit korps marinir yang tergabung dalam Satgas Latma Rimpac 2022 Marinir TNI Angkatan Laut Melaksanakan Puncak Latihan yaitu Free Play dengan perintah operasi untuk merebut dan menduduki Objek Sasaran.

Free Play sendiri merupakan tahapan rangkaian puncak latihan dari berbagai tahapan latihan yang telah di laksanakan selama pelaksanaan Latma Rimpac 2022 yang dalam tahap ini Korps Marinir Tergabung bersama USMC, ROK MARINES (Marinir Korea) dan Chile untuk mensterilkan Landing Zone DOVE.

Dalam latihan ini sendiri skema penyerangan korp marinir menggunakan Heli MV 22 Osprey dari Kapal USS ESSEX prajurit korps marinir yang tergabung dalam Free Play melaksanakan DV Day Check bersama di hangar USS ESSEX guna mempersiapkan perlengkapan dan pengecheckan shorte penerbangan yang akan ditempuh sekitar 2 jam menuju Landing Zone DOVE.

Setelah melakukan perjalanan udara menggunakan heli prajurit korps marinir mendarat dan langsung menempati sektor pengamanan yang sudah dibagi berurutan mulai dari USMC, ROK MARINES (Marinir Korea) dan Chile untuk mengamankan area luar dari landing zone DOVE yaitu sektor A.


Artikel ini bersumber dari surabaya.tribunnews.com.

error: Content is protected !!
Exit mobile version