Survei Tokoh Politik, Kepala BIN Dianggap Paling Berpengaruh

Survei Tokoh Politik, Kepala BIN Dianggap Paling Berpengaruh

Jakarta: Hasil survei Lembaga Pemilih Indonesia (LPI) dengan Indonesian Publik Institute (IPI), dan Indonesian Club (IC) menunjukkan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan merupakan tokoh paling berpengaruh. Budi Gunawan meraih skor tertinggi di antara para menteri dan kepala lembaga negara. 
 
Survei dilakukan sejak 30 Agustus sampai 12 September 2022 terhadap kelas menengah intelektual, yang terdiri dari para dosen/pakar, peneliti, anggota LSM/NGO dan aktivis/seniman di 34 provinsi. Survei ini bermaksud mengukur pandangan kelas menengah intelektual terhadap kinerja 45 pimpinan lembaga negara dan para menteri dalam Kabinet Indonesia Maju selama semester I-2022.
 
“Dari 45 nama tersebut, ada 10 menteri atau kepala lembaga negara yang masuk kategori tokoh paling berpengaruh dan di nomor satu adalah Kepala BIN Pak Budi Gunawan dengan skor nilai 2,39 dari skala 0 sampai 4,” ujar Pendiri Lembaga Pemilih Indonesia Boni Hargens dalam keterangan, Sabtu, 17 September 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Lima hal yang diukur dalam survei ini adalah popularitas, pengaruh, kontroversial, keunikan, relevansi dan kontribusi pemikiran. Teknik sampling yang digunakan adalah purpose sampling di mana subyek yang dituju sebagai sampel memiliki kriteria khusus seperti profesi dan bidang keilmuan dengan jumlah sampel sebayak 800 responden dengan margin of error sebesar 3,5 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.
 
Selain Budi Gunawan, tokoh berpengaruh lainnya adalah Panglima TNI Andhika Perkasa, Kapolri Listyo Sigit Prabowo, Menkopolkam Mahfud MD, Menteri BUMN Erick Tohir. Lalu ada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Perhubungan Budi Karya, dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. 
 
Boni menegaskan bahwa 10 tokoh ini adalah mereka yang dinilai kalangan menengah intelektual Indonesia sebagai orang-orang terbaik. Mereka menjadi tulang punggung Presiden Joko Widodo dalam pelaksanaan pembangunan selama semester awal Tahun Kerja 2022. 
 
“Saya kira publik melihat sendiri bagaimana para tokoh ini bekerja dan berdedikasi selama ini. Wajar jika hasil survei ini memberikan afirmasi yang sepadan terhadap mereka,” ujar  dia.
 
Lebih lanjut, Boni mengatakan bahwa Kepala BIN Budi Gunawan adalah sosok yang cerdas, bekerja dalam senyap, dan sangat professional dalam melaksanakan tugasnya. Selain sebagai kepala BIN, Budi Gunawan juga dikenal sebagai orang dekat Presiden Joko Widodo.
 
“Survei ini tidak berkaitan apapun dengan agenda pragmatis pemilu. LPI dari awal berdirinya tahun 2008 tidak bermain pada isu pragmatis, tetapi lebih mengarah pada agenda kenegaraan merawat keindonesiaan kita,” tegas Boni.
 
Dalam pemaparannya, Peneliti LPI Febri Wahyuni mengungkapkan, alasan Budi Gunawan merupakan tokoh yang paling berpengaruh tampak pada indikator pengaruh yang berbasis pada kepiawaian seorang pemimpin dalam dua sub indikator, yaitu dalam hal perumusan kebijakan, agenda program. Sekaligus mengimplementasikannya dan pengaruh pemimpin tersebut dalam menahkodai institusinya. 
 
“Terhadap dua unsur tersebut, responden menilai sosok Budi Gunawan mempunyai pengaruh positif terhadap sejumlah rumusan program dan agenda BIN terutama dalam hal penanggulangan wabah covid-19 sekaligus mengawal fase transisi dari pandemi ke endemik,” tutur Wahyuni.
 

 
Responden, kata dia, juga menilai reputasi Budi Gunawan dalam memimpin institusi BIN juga tampak dari terobosan kebijakan serta ketangkasan lintas kompartementasi di internal institusi dalam merespon beragam dimensi ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan atau ATHG.
 
“Ketangkasan Pak Budi Gunawan juga sekaligus memberikan deteksi, analisa, proyeksi dan strategi untuk menempuh kebijakan yang akan diambil oleh Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) selaku end user-nya,” ungkap Wahyuni.
 
Adapun dalam survei tersebut, 10 menteri/kepala lembaga negara paling berpengaruh di antaranya:
 
1. Kepala BIN Jenderal Polisi (Purn) Budi Gunawan dengan skor 2,39
2. Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa dengan skor 2,38
3. Kapolri Jenderal (Pol) Listyo Sigit Prabowo dengan skor 2,38 
4. Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD dengan skor 2,38
5. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dengan skor 2,38
6. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dengan skor 2,35
7. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dengan skor 2,35
8. Menteri Keuangan Sri Mulyani dengan skor 2,34 
9. Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian dengan skor 2,33 
10. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dengan skor 2,32
 

(END)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.

error: Content is protected !!
Exit mobile version