9 Gejala dan Tanda OCD pada Anak, Orang Tua Wajib Tahu!

9 Gejala dan Tanda OCD pada Anak, Orang Tua Wajib Tahu!

harianfakta.com – Obsessive compulsive disorder (OCD) adalah salah satu jenis gangguan kecemasan yang bisa meyerang kalangan dewasa dan anak- anak.

Seorang anak penderita OCD memiliki pikiran obsesif yang tidak diinginkan dan sulit mereka kontrol. Pikiran obsesif itu bisa berkaitan dengan ketakutan, seperti menyentuh benda kotor. Anak akhirnya menggunakan ritual kompulsif untuk mengendalikan ketakutan, seperti mencuci tangan secara berlebihan.

Seiring waktu, pikiran obsesif dan ritual kompulsif bisa menjadi sangat sering sehingga dapat mengganggu kehidupan sehari-hari dan perkembangan anak.

Penyebab OCD secara pasti belum diketahui, tetapi sejumlah penelitian menunjukkan hal ini berkaitan dengan masalah otak. Orang dengan OCD tidak memiliki cukup zat kimia yang disebut serotonin di otak mereka.

OCD cenderung diturunkan dalam keluarga atau faktor biologis. Tapi gangguan mental ini juga bisa terjadi tanpa riwayat keluarga OCD. Dalam beberapa kasus, infeksi streptokokus dapat memicu OCD atau memperburuknya.

Setiap anak mungkin memiliki gejala yang berbeda. Berikut ini adalah gejala yang paling umum:

Perilaku kompulsif adalah ritual berulang yang digunakan untuk meredakan kecemasan di atas. Bentuknya bisa berupa:

error: Content is protected !!