Mengenal Manfaat Bawang Bombai untuk Menurunkan Kolesterol

Mengenal Manfaat Bawang Bombai untuk Menurunkan Kolesterol

harianfakta.com – Kolesterol tinggi yang tidak diobati bisa menjadi semakin parah dan memicu penyakit yang berbahaya, seperti penyakit jantung dan stroke.

Kabar baiknya, cara menurunkan kolesterol secara alami adalah dengan melakukan perubahan kebiasaan dan asupan makanan.

Mencampurkan bawang ke dalam menu harian, khususnya bawang bombai, juga dinilai bisa secara efektif menurunkan kolesterol tinggi . Berikut adalah manfaat bawang bombai untuk menurunkan kolesterol yang perlu diketahui.

Manfaat bawang bombai untuk menurunkan kolesterol

Sudah ada banyak penelitian yang membuktikan efektivitas bawang bombai untuk menurunkan kolesterol.

Salah satu penelitian yang dimuat di dalam Jurnal Lipids in Health pada 2017 menunjukkan, bawang bombai memiliki kandungan kuersetin yang berguna untuk menurunkan kolesterol.

Kuersetin yang terkandung di dalam bawang bombai juga berfungsi untuk mencegah inflamasi dan pengerasan arteri sehingga orang-orang yang memiliki kolesterol tinggi bisa menurunkan risiko penyakit yang lebih parah.

Penelitian lain juga dimuat pada British Journal of Nutrition pada tahun 2009. Penelitian ini melibatkan partisipan yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas yang memiliki risiko penyakit kardiovaskular yang cukup tinggi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bawang bombai memiliki kandungan flavonoid yang bekerja untuk menurunkan level kolesterol jahat atau LDL di dalam tubuh.

Cara mengonsumsi bawang bombai untuk menurunkan kolesterol

Meskipun bawang bombai memiliki kandungan yang baik untuk menurunkan kolesterol, tidak akan sepenuhnya bekerja ketika cara mengonsumsinya salah.

Dilansir dari Healthline, cara terbaik untuk mendapatkan manfaat bawang bombai untuk menurunkan kolesterol adalah dengan tanpa dimasak atau konsumsi ekstrak bawang bombai.

Memasak bawang bombai, seperti membuatnya menjadi onion ring, bisa merusak kandungan yang dimilikinya.

Namun, memasak bawang bombai dengan merebusnya masih bisa mempertahankan kandungan kuersetin di dalamnya.

Mengupas bawang bombai juga perlu dilakukan secara hati-hati agar tidak terlalu banyak membuang bagian luarnya karena memiliki lebih banyak kandungan kuersetin yang berguna untuk menurunkan kolesterol tinggi .

Ingat, manfaat bawang bombai untuk menurunkan kolesterol tersebut tidak akan bisa didapatkan jika cara pengolahannya tidak tepat. Konsumsinya juga harus rutin agar bisa secara efektif menurunkan kolesterol.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

error: Content is protected !!