Upaya Sarinah dukung perkembangan ekosistem para pelaku seni

Upaya Sarinah dukung perkembangan ekosistem para pelaku seni

harianfakta.com – Direktur Utama PT Sarinah, Fetty Kwartati mendukung upaya pemajuan budaya yang dilakukan para pelaku seni salah satunya dengan menggelar kembali pameran seni kontemporer artina untuk kedua kalinya.

“Sejak diluncurkan hingga saat ini, kehadiran artina di Sarinah mendapatkan respons yang sangat positif dari para seniman, pelaku industri kreatif, terlebih lagi masyarakat. Kami sangat mengapresiasi artina ini masih bisa berlanjut karena untuk menjalankan aktivitas seperti ini tidaklah mudah,” jelas Fetty dalam sambutannya saat pembukaan pameran di Sarinah, Jakarta, Jumat (3/3).

Menurut Fetty, pihaknya tetap berkomitmen memberikan wadah atau panggung bagi karya-karya terbaik putra putri bangsa Indonesia sekaligus membuat ekosistem seni dan para pelakunya tetap berkesinambungan. Setiap tiga bulan, Sarinah rutin menggelar acara sejenis dengan membawa tema dan pendekatan baru.

Selain itu, menurutnya Sarinah dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) lainnya juga siap mendukung upaya pemajuan budaya dengan berbagai cara.

“Sarinah tidak bisa bekerja sendiri untuk memajukan karya anak bangsa. Karena itu banyak BUMN lain ikut berpartisipasi mendukung program seperti ini. Misalnya airport yang kini bertransformasi menjadi ‘Beyond Airport’ dengan turut menampilkan karya-karya seni lokal. Para seniman tentu bisa menjalin kerja sama dengan BUMN seperti itu, ” jelasnya.

Transformasi Sarinah sebagai panggung karya Indonesia, kata Fetty, tidak hanya menjadikan tempat tersebut sebagai destinasi belanja, namun juga menjadi destinasi wisata. Hadirnya pameran seni kontemporer artina turut memberikan ruang bagi berbagai bentuk praktik dan pemaknaan seni kontemporer lintas disiplin, termasuk seni pertunjukan.

Pameran artina‚ÄĘSarinah #2: matrajiva berlangsung mulai 4 Maret hingga 31 Mei 2023 dari pukul 10.00 WIB-22.00 WIB. Selama periode pameran, publik juga dapat mengikuti sejumlah program seperti kuratorial tur, gelar wicara seniman, dan lokakarya. Tiket masuk gelaran ini dapat diperoleh melalui loket.com atau pembelian secara langsung di lokasi pameran.

error: Content is protected !!