Xi Jinping Bertemu Vladimir Putin Putin, Poros Kekuatan Besar Telah Lahir

Xi Jinping Bertemu Vladimir Putin Putin, Poros Kekuatan Besar Telah Lahir

Presiden China Xi Jinping mengatakan kepada timpalannya dari Rusia Vladimir Putin bahwa Beijing bersedia bekerja dengan Moskow sebagai kekuatan besar. (Foto: Reuters)

GenPI.co – Presiden China Xi Jinping mengatakan kepada timpalannya dari Rusia Vladimir Putin pada Kamis (15/9) bahwa Beijing bersedia bekerja dengan Moskow sebagai kekuatan besar.

Hal itu dikatakan Xi Jinping  selama pertemuan puncak para pemimpin Organisasi Kerjasama Shanghai (SCO) di Samarkand, Uzbekistan.

“China bersedia melakukan upaya dengan Rusia untuk mengambil peran kekuatan besar, dan memainkan peran pemandu untuk menyuntikkan stabilitas dan energi positif ke dunia yang diguncang oleh gejolak sosial,” kata Xi kepada Putin.

BACA JUGA:  Orang yang Meninggal Terima Subsidi Pemerintah, Jumlahnya Rp 7 Juta Lebih

SCO terdiri dari China, Rusia, India, Pakistan dan empat negara Asia Tengah yakni  Kazakhstan, Kirgistan, Uzbekistan dan Tajikistan.

“Baru-baru ini, kami telah mengatasi dampak pandemi Covid-19, berbicara berkali-kali melalui telepon, dan menjaga komunikasi strategis yang efektif,” kata Xi kepada Putin.

BACA JUGA:  Presiden Ukraina Alami Kecelakaan, Mobilnya Ditabrak! Begini Nasibnya

Xi mengatakan dirinya  sangat bersedia menggunakan pertemuan Organisasi Kerjasama Shanghai ini untuk bertukar pandangan dengan Putin.

“Bicara tentang isu-isu internasional dan regional yang menjadi perhatian bersama,” kata Xi.

BACA JUGA:  Kepala WHO Beri Kabar Baik, Seluruh Dunia Bernapas Lega

Xi tiba di Uzbekistan pada hari Rabu dan telah mengadakan pembicaraan dengan Presiden Shavkat Mirziyoyev.

Silakan baca konten menarik lainnya dari GenPI.co di Google News

Artikel ini bersumber dari www.genpi.co.