Qantas Mendarat dengan Selamat di Sydney, Hanya 1 Mesin Berfungsi

Qantas Mendarat dengan Selamat di Sydney, Hanya 1 Mesin Berfungsi

harianfakta.com – Sebuah penerbangan maskapai Qantas dari Auckland, Selandia Baru , sempat memberikan sinyal darurat saat terbang mendekati Sydney, Australia . Beruntung, pesawat berhasil mendarat dengan selamat.

Seperti dilansir The Guardian, Rabu (18/1/2023), pesawat jenis Boeing 737-800 dengan nomor penerbangan 144 itu berhasil mendarat dengan selamat di bandara Sydney pada Rabu (18/1) sore, sekitar pukul 15.30 waktu setempat.

Tayangan televisi Australia, ABC, seperti dilansir AFP, menunjukkan pesawat berhasil menyentuh landasan dan berhenti dengan selamat.

Pesawat yang terbang dari Auckland sekitar pukul 14.30 waktu setempat itu, dilaporkan memberikan sinyal darurat setelah mengalami kegagalan mesin di udara. Data radar penerbangan menunjukkan pesawat itu kehilangan ketinggian dan kecepatan saat mengudara.

Dalam pernyataan terpisah, juru bicara Qantas menyebut penerbangan itu ‘mengalami masalah dengan salah satu mesinnya sekitar satu jam dari tujuannya’.

Laporan juga menyebut bahwa pesawat yang membawa 100 penumpang itu akhirnya mampu melakukan pendaratan dengan hanya satu mesin yang berfungsi. Pesawat jenis Boeing 737-800 diketahui memiliki mesin ganda.

Juru bicara layanan ambulans di bandara Sydney sempat menyiapkan ‘respons darurat’ sebelum pesawat itu mendarat. Petugas pemadam kebakaran, kepolisian dan paramedis disiagakan di lokasi sebagai langkah pencegahan.

error: Content is protected !!