News  

Kapan Waktu Sholat Dzuhur Perempuan di Hari Jumat? Bolehkah Langsung Sholat Setelah Adzan?

Kapan Waktu Sholat Dzuhur Perempuan di Hari Jumat? Bolehkah Langsung Sholat Setelah Adzan?

Suara.com – Seperti yang telah diketahui selama ini, sholat jumat menjadi kewajiban bagi muslim laki-laki. Sementara, pada umumnya perempuan akan melakukan ibadah sholat dzuhur di rumah pada hari Jumat. Namun, tidak sedikit yang masih bertanya-tanya kapan waktu sholat dzuhur perempuan di hari Jumat? Berikut penjelasannya.

Memang menuai pertanyaan tentang waktu yang benar untuk melaksanakan sholat dzuhur, apakah setelah para laki-laki selesai sholat Jumat atau ketika adzan dzuhur sudah berkumandang? 

Waktu Sholat Dzuhur Perempuan Hari Jumat

Mengenai hal ini, dapat dilihat dari sebuah hadits riwayat Muslim yang menjelaskan bahwa waktu sholat dzuhur dimulai saat matahari tergelincir ke barat.

Baca Juga:
Amalan Hari Jumat, Makna Budaya Kerja Menurut Islam Bukan Seremoni Saja, Umat Muslim Harus Pahami Ini

“Waktu dzuhur dimulai saat matahari tergelincir ke barat (waktu zawal) hingga bayangan seseorang sama dengan tingginya dan selama belum masuk waktu ashar”, (HR Muslim). 

Kemudian, pada riwayat lainnya, Imam Muslim juga menegaskan, “Nabi Muhammad SAW pernah shalat dzuhur ketika matahari telah tergelincir ke barat (waktu zawal)”.

Sebagaimana telah dijelaskan pada dua riwayat di atas, masuknya waktu dzuhur adalah saat matahari tergelincir ke arah barat dan Rasulullah SAW pun mendirikan sholat dzuhur tepat di waktu awalnya.

Oleh karena itu, masuknya waktu dzuhur bagi perempuan di hari Jumat adalah sama, yaitu pada saat adzan dikumandangkan atau tergelincirnya matahari ke arah barat.

Sholat Dzuhur Perempuan di Hari Jumat Menurut Buya Yahya

Baca Juga:
Keutamaan Mandi Wajib Hari Jumat, Berikut Niat dan Tata Caranya

Sementara itu, penjelasan terkait kapan waktu sholat dzuhur perempuan di hari Jumat juga sempat disampaikan oleh Buya Yahya dalam video dari kanal YouTube Al Bahjah TV pada 19 Mei 2019 silam. Ada seorang perempuan yang bertanya mengenai kapan waktu yang tepat bagi perempuan untuk melaksanakan ibadah sholat dzuhur di hari Jumat.

Buya Yahya kemudian menjawab, bahwa orang yang tidak diwajibkan untuk sholat Jumat ada dua, yaitu udzur abadi dan udzur yang bisa hilang. Udzur yang tidak akan hilang, contohnya adalah perempuan yang akan selamanya jadi perempuan, tidak akan berubah jadi laki-laki. 

Perempuan, sampai kapanpun dia tidak wajib sholat Jumat. Lantaran keharusan untuk melakukan sholat Jumat tidak dilekatkan kepada perempuan, maka dari itu mereka dapat beribadah sholat dzuhur setelah waktunya tiba.

Demikianlah penjelasan mengenai kapan waktu sholat dzuhur perempuan hari Jumat yang perlu diperhatikan. 

Kontributor : Rishna Maulina Pratama


Artikel ini bersumber dari www.suara.com.