Travel  

10 Tempat di Amerika untuk Melihat Indahnya Matahari Terbit

10 Tempat di Amerika untuk Melihat Indahnya Matahari Terbit

harianfakta.com – Matahari terbit merupakan fenomena alam yang banyak diburu orang karena keindahannya pancaran sinarnya. Sebagian orang rela bangun lebih pagi untuk dapat melihat keindahan alam ini dikala sebagian orang masih terlelap tidur. Orang-orang berburu tempat-tempat terbaik ini untuk mengabadikan momen indah dan sunyinya pagi hari.

Amerika Serikat adalah satu negara yang memiliki beberapa tempat terbaik untuk melihat matahari terbit atau sunrise yang banyak diburu orang. Sebagian besar tempat terbaik yang mereka miliki berada di kawasan taman nasionalnya. Berikut ini adalah beberapa tempat yang menjadi incaran dari para pemburu matahari.

1. Taman Nasional Acadia (Maine)

    Lokasi: 25 Visitor Center Road, Hulls Cove Visitor Center, Bar Harbor, ME 04609, Amerika Serikat

    Jam Operasional: 24 jam

    HTM: $15 – $30

Tempat pertama untuk melihat matahari terbit adalah di Taman Nasional Acadia yang terdapat di negara bagian Maine. Lebih tepatnya tempat terbaik untuk melihat matahari terbit adalah di Gunung Cadillac yang terdapat di kawasan taman nasional ini. Gunung Cadillac dikatakan merupakan tempat sinar matahari terbit pertama kali terlihat di Amerika Serikat.

Jika kamu ingin melihat matahari terbit di puncak gunung ini, tentunya kamu harus melakukan hiking untuk mencapai puncaknya. Tempatnya cukup populer sehingga tempatnya cukup ramai jika kamu datang di saat waktu puncak. Kamu dapat merasakan kehangatan matahari yang terbit di gunung ini pada waktu yang tepat yaitu pukul 06.30 di bulan Oktober.

2. Taman Nasional Yosemite (California)

    Lokasi: 25 Visitor Center Road, Hulls Cove Visitor Center, Bar Harbor, ME 04609, Amerika Serikat

    Jam Operasional: 24 jam

    HTM: $15 – $30

Tempat untuk melihat indahnya sinar mentari pagi di Amerika Serikat adalah di Taman Nasional Yosemite. Tempat terbaik untuk melihat matahari terbit di kawasan taman nasional ini terdapat di Taft point. Sinar mentari pagi terlihat sangat menakjubkan di saat menyentuh bebatuan granit dan juga hutan di dasar lembah. Sinar mataharinya terlihat lembut berwarna kuning madu.

Selain di Taft Point, ada tempat lain yang dapat kamu kunjungi di Taman Nasional Yosemite, tempat untuk melihat matahari terbit. Satu tempat terbaik lainnya adalah melihat matahari terbit di Tunnel View. Jika di Taft foint kamu bisa melihat lembah disinari mentari pagi dari atas lembah, maka di Tunnel view kamu melihat indahnya lembah disinari mentari pagi dari bawah Lembah Yosemite.

3. Taman Nasional Arches (Utah)

    Lokasi: Moab, Utah, Amerika Serikat

    Jam Operasional: 24 jam

    HTM: $15 – $30

Tempat terbaik di Taman Nasional Arches untuk melihat matahari terbit ada beberapa. Sebagian mudah untuk dijangkau dan sebagian lagi butuh tenaga ekstra karena kamu harus melakukan hiking yang agak jauh. Tempat yang paling mudah dijangkau adalah The Window. Tempat ini mudah dijangkau dan juga merupakan spot yang cukup terkenal untuk melihat matahari terbit.

Jika kamu pemburu sunrise profesional, mungkin kamu akan mendatangi spot terbaik yang terdapat di Taman Nasional Aches ini. Ada beberapa tempat yang bagus untuk diambil fotonya pada saat matahari terbit, yaitu La Sal Mountain, the Courthouse Tower, Landscape Arch, serta spot di area the Devil Garden acches.

4. Taman Nasional Grand Canyon (Arizona)

    Lokasi: 20 South Entrance Road, Grand Canyon, AZ 86023, Amerika Serikat

    Jam Operasional: 24 jam

    HTM: $20 – $35

Grand Canyon dikatakan sebagai satu tempat terbaik untuk melihat matahari terbit. Ada beberapa tempat yang disebut sebagai tempat terbaik melihat sunrise di Grand Canyon, yaitu Mather Point, Grand Canyon South Rim, Hopi, dan Maricopa. Satu spot yang paling populer untuk melihat mentari terbit adalah spot Mather Point.

Grand Canyon adalah satu tempat favorit pemburu sunrise sehingga tempatnya cukup ramai. Jika ingin mendapatkan tempat terbaik ada baiknya merencanakannya terlebih dahulu karena Grand Canyon merupakan destinasi wisata yang sangat populer untuk turis lokal maupun mancanegara. Berkemah dapat dijadikan pilihan agar kamu mendapatkan spot yang terbaik.

5. Taman Nasional Haleakala (Hawaii)

    Lokasi: 30,000 Haleakala Hwy, Kula, HI 96790, Hawaii, Amerika Serikat

    Jam Operasional: 24 jam

    HTM: $15 – $30

Taman Nasional Haleakala adalah taman nasional yang terdapat di negara bagian Hawaii. Haleakala merupakan tempat yang sangat populer untuk melihat sunrise, tetapi karena lahan parkir yang terbatas sehingga kamu diwajibkan untuk melakukan reservasi terlebih dahulu. Reservasi untuk setiap kendaraan yang masuk dapat dilakukan 60 hari sebelumnya.

Ada empat tempat untuk melihat matahari terbit di Taman Nasional Haleakala. Tempat tertinggi untuk melihat matahari terbit ada di Point Pu’u Ula atau disebut Red Hill Summit dengan ketinggian 10.023 kaki, lalu Halaeakala Visitor Center dengan ketinggian 9,470 kaki. Dua lagi letaknya lebih rendah yaitu 9,932 kaki di Kalahaku Overlook, dan 8,840 kakai di Leleiwi Overlook.

6. Taman Nasional Saguaro (Arizona)

    Lokasi: 3693 S. Old Spanish Trail, Tucson, Arizona 85730, Amerika Serikat

    Jam Operasional: 05.00 – 20.00

    HTM: $15 – $25

Pemandangan matahari terbit di Taman Nasional Saquaro dengan tanaman kaktus sebagai latarnya memberikan kesan yang luar biasa. Pemandangan dari tanaman Saguaro di saat matahari terbit memberikan suasana yang lebih nyaman karena cuacanya tidak panas sehingga cukup bersahabat untuk dijelajahi.

Taman Nasional Saguaro terkenal akan tanaman kaktusnya yang mencolok dengan lanskap sekitarnya yang berupa gurun. Jika ingin melihat matahari terbit disarankan untuk datang lebih pagi untuk dapat melihat sinar mentari pagi yang memukau. Selain itu juga kamu harus berhati-hati, terkadang terdapat ular rattle yang sedang tertidur.

7. Taman Nasional Badlands (South Dakota)

    Lokasi: 25216 Ben Reifel Road, Interior, SD 57750, Amerika Serikat

    Jam Operasional: 05.00 – 20.00

    HTM: $15 – $150

Taman Nasional Badlands dengan formasi batuannya yang terjal mungkin tak seterkenal Grand Canyon di Arizona. Tetapi melihat matahari terbit di tempat ini juga tak kalah hebatnya dari Grand Canyon. Nama Badlands sendiri disematkan pada tempat ini oleh masyarakat Asli Amerika dari suku Lakota.

error: Content is protected !!