Travel  

15 Tempat Wisata di Buton Terbaru & Paling Hits

15 Tempat Wisata di Buton Terbaru & Paling Hits

harianfakta.com – Kabupaten Buton terletak di sebuah pulau terbesar yang terpisah dari pulau induk kepulauan Sulawesi. Dimana pusat aktivitasnya berada di Pasar Wajo, sebuah kota yang terletak di bagian tenggara dan berada di pesisir teluk yang indah. Meski ukurannya tidak terlalu besar, namun ada banyak tempat wisata populer di Buton yang menjadi kebanggaan warga lokal.

Destinasi wisata disini bahkan berhasil menarik perhatian wisatawan dari luar daerah, terutama dari beberapa wilayah di pulau Sulawesi. Selain itu, kabupaten Buton juga menjadi pintu masuk untuk menuju tempat nan indah di kepulauan Wakatobi. Tidak heran jika wisatawan yang singgah sebentar di Buton pun jatuh cinta karena ternyata banyak objek wisata yang tidak kalah menarik.

1. Pantai Swis

Jika Anda berada di kota Pasar Wajo, jangan lewatkan kesempatan untuk datang ke Pantai Swis yang berada di pusat kota. Pantai Swis memiliki panorama yang sangat indah karena lokasinya yang tersembunyi di balik batu karang besar. Bahkan untuk bisa bermain air di tepi pantai, kita harus menuruni anak tangga dari sebuah tebing setinggi 15 meter.

Perjalanan menuruni anak tangga cukup menantang, hingga akhirnya kita bisa bermain di area pantai kecil yang diapit sebuah batu besar. Di atas batu besar terdapat gardu pandang berupa gubuk kecil, yang menjadi spot terbaik untuk melihat sunset di sore hari.

2. Mata Air Pocuncui

Masih berada di sekitar Pasar Wajo, terdapat sebuah sumber mata air yang masih asri dan terawat. Mata Air Pocuncui merupakan sumber mata air yang sangat jernih dengan formasi bebatuan karang. Lokasinya berdekatan dengan pantai, namun mata air ini tidak asin layaknya air laut.

Dulunya, Mata Air Pocuncui digunakan sebagai tempat untuk mandi warga lokal. Namun karena kini setiap rumah warga sudah memiliki akses MCK yang baik, Mata Air Pocuncui dialihfungsikan sebagai tempat wisata.

3. Wisata Kali Biru

Wisata Kali Biru juga merupakan sebuah telaga alami yang kemudian direnovasi dan dibuat seperti sebuah danau dan menjadi destinasi wisata di Buton yang populer. Wisata Kali Biru juga memiliki air yang sangat bersih dan jernih, memungkinkan wisatawan untuk melihat dasar telaga yang terbuat dari bebatuan karang yang sudah mati.

Di sini, wisatawan bisa bermain air atau sekedar melihat pemandangan indah di sekitarnya. Terdapat sepeda air yang bisa digunakan untuk menjelajah setiap sudut telaga sembari menyaksikan kemurnian air yang masih terjaga. Wisata Kali Biru juga menjadi spot favorit warga lokal untuk bersantai di sore hari.

4. Pantai Marbel

Pantai Marbel memiliki pasir putih yang indah meski bibir pantainya sangat kecil. Beberapa kawasan pantai juga masih tertutup batu karang dan vegetasi liar, membuat Pantai Marbel masih terlihat alami dan apa adanya. Meski demikian, air yang bersih dan jernih berhasil memikat perhatian wisatawan sehingga banyak dari mereka yang singgah dan bermain air di tepi pantai.

Daya tarik lain dari Pantai Marbel adalah gugusan pohon kelapa yang menjulang tinggi, tepat di bibir pantai. Suasana di Pantai Marbel pun terasa sejuk, terutama di sore hari saat matahari sudah kehilangan energi panasnya.

5. Pantai Lakadao

Satu lagi tempat wisata berupa pantai indah yang tersembunyi di balik batu karang, Pantai Lakadao berada di sebelah selatan pulau dan langsung menghadap ke Laut Banda dan Laut Flores. Lokasinya sangat terpencil karena berada di sisi tebing kapur yang besar dan menjulang tinggi. Bibir pantainya landai dan sempit, namun cukup leluasa untuk digunakan wisatawan bermain air.

Daya tarik dari Pantai Lakadao adalah bebatuan karang besar yang bisa dinaiki, memungkinkan kita bisa melihat pemandangan indah dari atas batu karang. Selain itu, air yang sangat jernih juga membuat wisatawan bisa menikmati keindahan alam di bawah laut. Sunset di Pantai Lakadao juga merupakan salah satu yang terbaik di kabupaten Buton, Provinsi Sulawesi Tenggara.

6. Hutan Tambusango

Jika Anda suka tantangan, datanglah ke Hutan Tambusango dimana kita bisa melihat flora dan fauna yang hidup bebas di kawasan Hutan Tambusango. Beberapa satwa endemik yang hanya ada di Buton seperti Kuskus, Anoa, Tarsius, dan burung Julang berhasil menarik perhatian wisatawan asing. Tidak heran jika Hutan Tambusango juga menjadi laboratorium alam yang sering digunakan sebagai objek penelitian oleh peneliti asing.

7. Bukit Teletubbies

Jika Hutan Tambusango terlalu liar, Bukit Teletubbies mungkin menjadi opsi tempat wisata di Buton yang lebih ramah untuk dikunjungi. Meski oleh warga lokal juga disebut sebagai Gunung Teletubbies, kenyataannya bukit indah ini tidak terlalu tinggi dan memiliki setapak yang sering digunakan sebagai jalur hiking.

Dari atas Bukit Teletubbies kita bisa melihat hamparan padang rumput hijau yang bmengelilingi kota Pasar Wajo. Berkat penampilan padang rumputnya yang eksotis, Bukit Teletubbies juga menjadi spot foto pre-wedding bagi masyarakat Buton.

8. Benteng Lipuogena Takimpo

Satu lagi spot wisata tersembunyi yang memaksa wisatawan untuk hiking selama 15 menit berjalan kaki. Benteng Lipuogena Takimpo adalah peninggalan sejarah yang masih terjaga dengan baik. Meski bentuknya sudah tidak utuh lagi, namun tembok batu ini masih kokoh seperti saat pertama kali dibangun.

Di kawasan Benteng Lipuogena Takimpo terdapat beberapa bangunan tua, masid kuno, dan juga makam. Kita juga bisa melihat Parabela, yakni sebuah kursi batu yang digunakan untuk pelantikan ketua adat baru.

9. Kampung Bajo

Selain alam, ada tempat menarik lain yang menawarkan pengalaman berbeda. Kampung Bajo adalah perkampungan orang-orang Bajo yang berada di tepi pantai dengan ciri yang khas, yakni rumah panggung atau rumah apung. Orang Bajo juga masih menggantungkan hidup sebagai nelayan. Mereka akan pergi berlayar di malam hari dan pulang di pagi hari.

Di Kampung Bajo, kita bisa melihat keseharian para nelayan, bahkan melihat proses pengolahan bulu babi. Di sore hari, kita juga bisa melihat sunset yang indah yang menemani nelayan untuk berangkat mencari ikan.

10. Air Terjun Samparona

Objek wisata di Buton sangat bervariasi karena selain bukit dan pantai indah, kita juga bisa melihat keindahan alam lain berupa air terjun. Datang dan saksikan kemegahan Air Terjun Samparona yang berada di desa Lipumangau, Sampolawa. Lokasinya sebenarnya dekat di perbatasan Bau-Bau, namun masih masuk dalam kabupaten Buton.

Perjalanan menembus hutan dan menelusuri anak sungai akan mengantarkan kita kepada sebuah pemandangan indah Air Terjun Samparona setinggi 10 meter. Debit air deras mengucur dari tebing datar dengan telaga yang dangkal di bawahnya.

11. Air Terjun Kandawu Ndawuna

Satu lagi destinasi alam yang berupa air terjun, yang letaknya juga cukup jauh dari pusat kota Pasar Wajo. Air Terjun Kandawu Ndawuna merupakan tipikal air terjun pendek dengan 2 tingkat dan 2 ketinggian berbeda, yakni 3 meter dan 5 meter.

Formasi bebatuan tersebut membuat air yang tumpah dari atas tebing terbagi menjadi 2 air terjun indah dengan suara gemercik air yang sangat khas. Lokasinya juga berada di tengah hutan sehingga akses kendaraan pun terbatas.

12. Air Terjun Lapangan

Masih berada dalam satu aliran anak sungai yang sama, kita bisa berjalan ke arah barat dan melihat keindahan tempat wisata lain bernama Air Terjun Lapangan. Ini merupakan air terjun yang unik karena aliran airnya terpecah oleh sebuah batu berbentuk semi-bulat, membuatnya terlihat seperti perosotan batu besar yang landai.

Di bawahnya terdapat aliran sungai kecil dan telaga yang bisa digunakan untuk berenang. Bahkan kita bisa melompat dari atas batu dan langsung terjun ke dalam telaga yang segar!

13. Danau Langkadea

Danau Langkadea adalah sebuah danau eksotis yang berada di tepi pantai. Danau Langkadea ini memiliki air yang sangat jernih dengan kedalaman 3 hingga 5 meter, membuat wisatawan bisa berenang dengan aman. Lokasinya terpencil sehingga dibutuhkan perjalanan panjang untuk bisa menikmati surga yang tersembunyi ini.

14. Pantai Mutiara

Pantai Mutiara menjadi destinasi wisata favorit keluarga. Pantai Mutiara merupakan tempat wisata yang menawarkan bibir pantai luas dengan pasir putih yang indah. Saat cuaca cerah, kita bisa melihat air laut yang bersatu dengan langit biru yang indah. Pantai Mutiara juga memiliki ombak yang tidak ganas sehingga banyak anak kecil yang bebas bermain di sekitar pantai.

15. Pantai Koguna

Terakhir, Pantai Koguna menyajikan pemandangan pantai yang indah dan kawasan hutan mangrove yang masih asri. Ini adalah pantai yang sangat lengkap karena selain bisa dijadikan sebagai sarana rekreasi, kita juga bisa belajar tentang kehidupan hewan liar yang tinggal di sela-sela akar tanaman bakau. Pantai Koguna juga populer karena di kawasan hutan bakau terdapat banyak sekali udang merah.

Siapa sangka jika dengan wilayah yang tidak begitu besar, tempat wisata di Buton sangat melimpah dan memiliki pesona alam yang sangat indah.

error: Content is protected !!