Travel  

15 Tempat Wisata di Kepulauan Sangihe Terbaru & Paling Hits

15 Tempat Wisata di Kepulauan Sangihe Terbaru & Paling Hits

harianfakta.com – Kabupaten Sangihe sempat muncul di berita nasional dalam beberapa tahun terakhir. Kabupaten yang berupa pulau kecil di Sulawesi Utara ini dikabarkan sedang bergejolak akibat konflik agraria. Kekayaan alam di pulau Sangihe memang luar biasa, apalagi soal keindahan alamnya yang membuat wisatawan penasaran untuk datang. Pada kesempatan kali ini, kami akan mengulas tentang tempat wisata di Kepulauan Sangihe alih-alih mengulik perkara pertambangan yang ada di sana.

Berbicara tentang tempat menarik di kepulauan ini, wisatawan akan dimanjakan dengan aneka pilihan wisata pantai dan segala keajaiban yang terjadi di bawah laut. Penasaran seperti apa keseruan liburan ke objek wisata hits di Kepulauan Sangihe?

1. Puncak Pusunge

Meski ukuran kepulauan Sangihe tidak terlalu besar, namu kondisi geografisnya sangat bervariasi karena terdiri dari lautan, perbukitan, dan juga gunung yang indah. Salah satu kawasan bukit yang populer adalah Puncak Pusunge. Jaraknya hanya 20 menit perjalanan dari kota Tahuna dan akses jalan yang sangat baik untuk berbagai jenis kendaraan.

Wisatawan pun hanya perlu mendaki bukit dengan jalan kaki sebentar untuk sampai di Puncak Pusunge. Dari atas kota, kita bisa melihat pelabuhan Tahuna yang sangat indah dari ketinggian. Selain itu, kawasan perbukitan juga menyediakan udara yang sangat sejuk di pagi hari.

2. Boulevard Tahuna

Masih berada di sekitar Tahuna, kita bisa mengunjungi Boulevard Tahuna yang merupakan sebuah jalanan lebar di tepi teluk Tahuna. Jalan raya yang terdapat persis di bibir laut ini menawarkan pemandangan yang luar biasa. Pada hari libur banyak wisatawan yang berhenti sejenak untuk menikmati keindahan alam di sela-sela perjalanan mereka.

Di pinggir jalan juga ada banyak tempat makan sehingga sembari menikmati keindahan, wisatawan bisa berhenti sembari mencicipi aneka kuliner yang ditawarkan. Daya tarik lain dari Boulevard Tahuna adalah kesempatan untuk melihat sunset yang indah dari pinggir jalan.

3. Maselihe

Tidak seperti destinasi di Kepulauan Sangihe yang lain, Maselihe sebenarnya adalah sebuah jalan yang membelah beberapa sungai dan melewati hutan tropis yang sangat lebat. Jalan berliku ini juga melewati beberapa bibir pantai seperti Pantai Metih Kolongan Akembawi dan juga Batu Tamo yang terkenal akan keindahan tebing tepi pantainya.

Selain itu, terdapat Jembatan Maselihe yang menjadi ikon dari kawasan ini. Jalan Maselihe juga menjadi gerbang utama untuk menuju objek wisata di Kepulauan Sangihe yang lain, yakni Air Terjun Pempanikiang.

4. Air Terjun Pempanikiang

Banyak yang tidak menyangka jika hutan lindung yang diselimuti pepohonan lebat ternyata menyimpan sebuah kejutan yang luar biasa. Tidak jauh dari kawasan Maselihe, wisatawan bisa singgah sejenak ke Air Terjun Pempanikiang. Perjalanan menuju ke Air Terjun Pempanikiang memberikan tantangan karena wisatawan harus berjalan menyusuri jalan setapak dan anak sungai.

Sesampainya di kawasan air terjun, kita bisa melihat pesona tebing karang yang terlihat seperti sebuah papan seluncur. Air telaga di bawahnya juga terlihat jernih dan segar. Rasa lelah akan hilang setelah kita mencoba mengusap kepala dengan air segar yang ada di telaga.

5. Air Terjun Sura Kakewang

Berada di kawasan kaki gunung Awu yang berbukit, Air Terjun Sura Kakewang memiliki aliran air yang sangat deras. Telaga yang berada di lantai air terjun juga cukup luas, membuat wisatawan bisa berenang dan merasakan kesegaran air pegunungan. Untuk menuju ke Air Terjun Sura Kakewang wisatawan butuh tenaga ekstra karena perjalanan jauh dengan kendaraan harus dilakukan dengan naik turun bukit.

Meski jalanan menuju ke Air Terjun Sura Kakewang sudah sangat baik, namun kita harus tetap berhati-hati berkendara di jalan yang menikung. Sesampainya di kawasan lokawisata, kita harus menempuh perjalanan sepanjang 2 kilometer dengan jalan kaki membelah hutan tropis.

6. Pantai Embuhanga

Terletak di Tabukan Utara, Pantai Embuhanga menjadi salah satu destinasi bahari di Kepulauan Sangihe yang paling populer. Garis pantai yang sangat luas dengan pepohonan kelapa yang berada di sekitarnya membuat Pantai Embuhanga terlihat seperti surga. Apalagi wilayah kepulauan ini juga dikenal memiliki air laut yang sangat jernih. Hanya berada di bibir pantai saja wisatawan sudah bisa bermain air dengan puas.

7. Pantai Pananuareng

Masih berada di kawasan Tabukan Utara dan berada di sebelah utara Pantai Embuhanga, Pantai Pananuareng siap menyambut wisatawan yang ingin menikmati keindahan pantai dengan sunset yang indah. Pantai-pantai di bagian utara pulau Sangihe memang dikenal dengan panorama yang indah dengan pasir putih dan ombak yang sangat tenang. Di tepi Pantai Pananuareng terdapat bangku-bangku kayu yang bisa dijadikan tempat istirahat setelah menempuh perjalanan jauh dari pusat kota Tahuna.

8. Gunung Api Bawah Laut Mahangetang

Untuk menikmati keindahan bawah laut di Gunung Api Bawah Laut Mahangetang, wisatawan harus menggunakan speed boat dan menuju ke Pulau Mahangetang yang berada di sebelah selatan pulau utama. Gunung Api Bawah Laut Mahangetang merupakan salah satu fenomena alam yang sangat langka dan hanya ada di Kepulauan Sangihe, Provinsi Sulawesi Utara. Pasalnya, gunung api biasanya berada di daratan.

Namun Gunung Api Bawah Laut Mahangetang memiliki puncak yang hanya 6 meter dari permukaan air. Perjalanan laut yang melelahkan akan segera sirna ketika wisatawan mulai menyelam dan melihat keindahan Gunung Api Bawah Laut Mahangetang. Aktivitas gunung api ini tidak berbahaya sehingga wisatawan bebas berenang dan menyelam di sekitar puncak gunung.

9. Gunung Api Bawah Laut Kawio

Selain Gunung Api Bawah Laut Mahangetang, wisatawan bisa menyaksikan kemegahan gunung laut tertinggi di dunia! Ya, Gunung Api Bawah Laut Kawio memiliki ketinggian 3.200 meter dari dasar laut. Puncaknya sendiri berada di kedalaman 1.900 meter dari permukaan air sehingga wisatawan harus bisa menyelam untuk melihat fenomena alam yang sangat langka.

Wisatawan juga harus menyewa speed boat karena jarak yang cukup jauh dari Pulau Mahangetang. Di sekitar gunung api terdapat gugusan terumbu karang yang sangat asri yang menjadi rumah bagi aneka jenis ikan laut. Selain itu, kesempatan untuk melihat gunung api tertinggi di bawah laut ini hanya bisa Anda coba di Kepulauan Sangihe.

10. Pulau Mendaku

Destinasi wisata di Kepulauan Sangihe selanjutnya adalah Pulau Mendaku yang lokasinya tidak jauh dari pulau utama. Ukuran pulau ini memang tidak terlalu besar, namun terumbu karang indah di sekitar pantai tidak terlalu dalam terlihat jelas dari permukaan. Untuk bisa menuju ke Pulau Mendaku wisatawan bisa memulai perjalanan dari Kampung Lapango. Ada banyak nelayan yang menyewakan perahu untuk menuju ke Pulau Mendaku.

11. Bukide Batu

Di sebelah utara pulau utama, terdapat beberapa kepulauan kecil yang masuk dalam kecamatan Nusa Tabukan. Di sana, terdapat tempat wisata yang dikenal karena pemandangan batu karang besar di tengah laut, Bukide Batu namanya. Batu karang berukuran besar menjulang tinggi dari dasar laut. Bukide Batu juga menawarkan beberapa spot snorkeling untuk melihat terumbu karang yang masih sangat alami.

12. Bowong Banua

Diantara pulau utama dan pulau Batunderang, terdapat sebuah jembatan yang menghubungkan kedua pulau besar tersebut. Di sebelahnya terdapat sebuah tebing indah yang bernama Bowong Banua. Dari atas tebing wisatawan bisa melihat pemandangan yang indah.

Perpaduan antara lautan biru dan kawasan bukit hijau yang luas menciptakan panorama alam seperti di Raja Ampat. Bowong Banua juga menjadi spot terbaik untuk melihat matahari terbenam.

13. Puncak Lose

Puncak Lose terletak tepat di tengah pulau dan berjarak sekitar 30 menit perjalanan dari pusat kota Tahuna. Puncak Lose tidak terlalu tinggi sehingga wisatawan tidak kelelahan untuk bisa mencapai bagian ujung bukit. Ini adalah spot wisata yang sangat unik karena dari Puncak Lose kita bisa melihat keindahan teluk Tahuna di sebelah barat dan sekumpulan pulau-pulau kecil yang menjadi bagian dari Nusa Tabukan. Gardu pandang di Puncak Lose juga memiliki unik karena berbentuk tulisan I Love You.

14. Coral Garden Pulau Kahakitang

Pulau Kahakitang dianggap sebagai kepingan surga yang menjadi bagian dari tempat wisata di Kepulauan Sangihe. Bagaimana tidak? Di sini terdapat Coral Garden, spot snorkeling dengan beragam terumbu karang warna-warni.

Coral Garden bahkan sudah dikenal hingga mancanegara karena kehidupan biota laut yang beragam. Bayangkan saja, hanya di kedalaman 5 meter wisatawan sudah bisa melihat aneka jenis ikan yang hidup damai di bebatuan karang.

15. Gunung Awu

Sebagai penutup dari deretan tempat menarik di Kepulauan Sangihe, Gunug Awu menjadi daratan tertinggi di pulau ini. Meski tingginya hanya 1.320 mdpl saja, dibutuhkan trekking 4 hingga 5 jam untuk mencapai puncak Gunung Awu.

Dari atas puncak, kita bisa melihat aktivitas kawah gunung yang masih mengeluarkan asap belerang. Perjalanan menuju puncak pun menawarkan keindahan karena jalan setapak yang melewati hutan tropis dan padang rumput yang hijau.

Meski berada di ujung Indonesia, masih banyak tempat wisata di Kepulauan Sangihe yang belum terjamah tangan manusia. Keindahan alam yang mempesona berhasil membuat wisatawan takjub dan ingin selalu datang kembali ke Sangihe.

error: Content is protected !!