Travel  

Menparekraf Yakin Hotel dan Restoran Makin Laku Meski Jelang Tahun Politik

Menparekraf Yakin Hotel dan Restoran Makin Laku Meski Jelang Tahun Politik

harianfakta.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno meminta pelaku bisnis hotel dan restoran tidak khawatir dengan adanya potensi guncangan ekonomi pada tahun politik .

Sebab, menurut dia, hotel dan restoran akan semakin ramai di tahun politik yang sudah dimulai tahun ini.

“Jangan khawatir terhadap tahun politik, justru tahun politik ini makin banyak pergerakan masyarakat dan makin laku hotel dan restoran untuk kegiatan-kegiatan,” kata Sandiaga dalam Rakernas PHRI 2023 di Yogyakarta yang disiarkan secara virtual, Kamis (9/2/2023).

Sandiaga juga mengungkap bahwa tingkat tingkat hunian di hotel saat ini terus mengalami peningkatan.

Ia menyebut data terbaru Badan Pusat Statistik (BPS) yakni pada November 2022, di mana jumlah keterisian kamar hotel sudah mencapai 54,41 persen.

Sementara untuk sektor penyedia akomodasi makan dan minum mencapai 17,83 persen.

“Dan ternyata dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia penyediaan akomodasi dan makan minum salah satu yang menjadi leading sector dengan peningkatan year on year 17,83 persen,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Sandiaga, masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022 juga menjadi momen kebangkitan pariwisata Indonesia setelah pandemi Covid-19.

Kata dia, pada libur Nataru angka kedatangan lebih dari 650.000 wisatawan mancanegara .

“Sehingga target pergerakan baik wisatawan mancanegara di libur nataru maupun wisatawan nusantara yang mencapai 44,1 juta,” ucap Sandiaga.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

error: Content is protected !!